Shu Guo Yin Xiang ~ The Most Talked About Sechuan Hot Pot

June 26, 2018 JKT DELICACY

Terus terang ya kita udah planning mau ke sini 2 kali tapi batal terus sampai akhirnya mendadak dinner bareng family malem ini 26 Juni 2018. Yuppp, kita membuat review ini di malam yang sama, so bakal singkat, padat dan jujur ya review nya. Namanya Shu Guo Yin Xiang,  Chinese restaurant dengan specialist di Sechuan hot pot. Sumpah kita gak hapal2 namanya soalnya cukup rumit di spelling. Tapi kita udah super excited banget pas mau makan di sini soalnya sempet lihat ada yang posting di IG dan terlihat bikin ngiler abis. Nah lokasinya sendiri ada di dalam areal Taman Sari dimana terdapat perkumpulan restoran hot pot Chinese sejenis. Dari luar terlihat biasa saja dan cenderung tidak terbaca karena tertulis huruf kanji Mandarin yang besar, namun ketika kita masuk ke dalam ternyata waiting list nya cukup panjang. Bersiap2 untuk mengantri 1 jam bahkan lebih ya guys. Nah, langsung aja kita review menu2 nya ya!

Kalau kalian datang dalam jumlah besar sekitar 5 orang atau lebih, kalian akan lebih sulit mendapatkan meja karena rata2 meja di sini untuk 4 orang. Ketika kami sampai jam 7 malam, kondisi nya sangat full dengan 4-5 waiting lists. Mereka juga memiliki private room di lantai 2 namun dengan minimum charge 1.5 juta.
Sebelum memulai ke bagian shabu2 nya, kita kasih lihat dulu nih bagian saus/sambel/bumbu celup nya. Buanyakkkk banget guys, sampe kita sendiri aja bingung mau mulai dari mana, mau campur apa, yang enak yang mana, dan bumbu apa untuk apa. Akhirnya kita hanya mengambil saus wijen, saus kacang dan cabe minyak ala Hongkong.
Ok to the point ya, kalian bisa pilih tipe kuah nya. Bisa pilih yang 1 jenis kuah saja, 2 jenis kuah atau 3 jenis kuah dalam 1 hot pot. Tentu harganya bervariasi ya guys. Kalau yang 2 jenis kuah ini harganya 108ribu, sedangkan yang 3 jenis kuah 128ribu. Yang kita pilih kuah Kaldu ayam dan kuah sechuan. 
Untuk daftar menu yang kita pesan:
- US Angus Prime Beef (138k)
- US Beef Short Rib (118k)
- AUS Pork Sirloin A3 (98k)
- Australian Lamb (98k)
- Beef Tribe / Babat (48k)
- Kulit Tofu Goreng (28k)
- La Mian / Mie (28k)
- Lettuce/ Pak Choi/ White Cabbage (each 25k)
- Fresh Shrimp Meatballs (58k)
- Fresh Pork Meatballs (48k)
- Prawn & Pork Dumpling (58k)
- Shimeji Mushroom (28k)
Setelah mencoba kuahnya, kuah kaldu ayam nya masih kurang nendang rasanya. Sedangkan kuah sechuan nya sangat pedas dengan minyak merah yang mengambang di atasnya. Ya itu bukan kesalahan, tapi memang di China sendiri mereka suka makan dengan minyak sebanyak itu. Tapi kita minta minyak nya dikurangi agar tidak meminum terlalu banyak minyak. 
Mungkin ada temen yang bilang itu kan kuah nya bukan untuk diminum tapi untuk merebus daging saja. Well bisa iya bisa tidak, kalau buat kita sih memang tidak literally buat diminum, namun kita mengambil sendikit bagian kuah sechuan ini untuk dicampur dengan kuah kaldu ayam nya agar rasanya lebih medok dan pedes. Terus untuk kuah sechuan nya sendiri masih kurang berasa Sechuan Pepper nya, itu loh biji kecil yang kalau kegigit bisa bikin lidah kebas. Jadi personally kita tidak begitu wah dengan kedua kuah ini. Mungkin kalian bisa ganti kuah kaldu ayam nya dengan pork bone soup (kalau tidak salah ada).
Untuk topping celupan nya sih banyak banget guys, tapi pasti kalian bakal memilih daging sapi nya terlebih dahulu. Soalnya itu memang signature nya. Selain itu mereka juga ada lamb, pork, seafood, chicken & duck, dan menu sayuran lainnya. Untuk bertujuh kemarin Kita memesan 2 jenis daging sapi, 1 jenis pork dan 1 jenis lamb. Ditambah lagi dengan 2 porsi bakso (per porsi 7 pcs), kulit tahu, jamur, sayuran fresh, mie, dan wonton. 
Well, kita gak ada complain sih untuk daging2an dan sayur2an nya. No doubt semuanya fresh, kecuali untuk daging nya yang terlihat sedikit beku ketika di serve di meja. Nah kita cukup sulit sih membedakan rasa disetiap dagingnya, karena ketika sudah di rebus dan kita makan dengan kuah pedasnya, maka kita akan lupa dengan rasa dagingnya itu sendiri. Kalau kalian suka bumbu kacang, kalian bisa celup dagingnya ke saus ya guys.
Bakso2an mereka itu fresh guys dibuat dengan daging, bisa terlihat dari adonan nya yang cukup lembut dan meaty. Yang kita pesan ini bakso udang dan babi. Serving nya menggunakan tangga melingkar seperti di bawah ini.
Kita makan bertujuh ya dan jumlah yang kita pesan ini sudah cukup banyak. Bahkan cenderung sedikit kelebihan. Mungkin ada yang bilang perkiraan per pax nya bisa 250-300ribu, tapi menurut kita sih mungkin itu sudah yang makan nya berlebihan. Atau bisa juga mereka memesan menu2 lain seperti seafood. Kita sendiri spent around 1.250.000 untuk bertujuh. Is it worth it? Hmm susah sih kalau dibilang iya, soalnya rasa kuah nya belum sesuai ekspektasi. Tapi kalau dibilang no, yang kita pesan juga cukup banyak sebenarnya. 
Harga topping shabu nya sih masih dalam range harga yang wajar sih menurut kita. Es teh bisa refill, kuah shabu2 juga bisa refill. Kalau mau makan sampai puas sekali mungkin kalian bisa spent around 200k/pax. Oh ya, karena dinner time itu cenderung rame banget, sebenarnya mereka ada VIP room gitu guys. Tapi ada minimum charge 1.5 juta, jadi kalau kalian datang kurang dari 7 orang seperti kita, mungkin angka tersebut tidak tercapai. Unless kalian pesen dagingnya yang mahal2 ya :)
Sorry ya muka kita kucel banget, soalnya kita tidak prepare apa2. Semua terjadi spontan, uhuy! Tapi kurang lebih kalian bisa lihat kan seberapa banyak menu yang kita pesan di meja ini. Banyak banget loh dilihat2 ya dan kita makan cukup kenyang juga. Anyway, thank you for reading :)

SHU GUO YIN XIANG

Jalan Mangga Besar, Komplek Lokasari blok B no 6-8, Taman Sari, Jakarta 11150

Opening Hours: Monday to Sunday ~ 11 AM - 4 AM

Average Spending for two : IDR 400.000

RSVP: 021-62308860

INSTAGRAM: @SHUGUOYINXIANG

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com



Shu Guo Yin Xiang Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Previous Article
Henry's Grill & Bar ~ Dry Aged Steak House in Bali
Henry's Grill & Bar ~ Dry Aged Steak House in Bali

Been back to Jakarta from Bali exactly 4 weeks by the time of this writing. And I finally got the time to w...

Next Article
Yamalu ~ The True Definition of a Hidden Gem
Yamalu ~ The True Definition of a Hidden Gem

Lately lagi jenuh dengan concept coffee shop yang gitu2 aja, bukannya tidak menghargai seniman kopi ya. Tap...