Chong Qing Liu Yi Shou - Best Mala Hot Pot in Town

August 30, 2018 JKT DELICACY

To the point aja ya, baru pertama kali cobain Chong Qing Liu Yi Shou Hot Pot di Neo Soho dan bisa dibilang ini adalah THE BEST MALA HOT POT in town. Ini adalah cabang kedua mereka, karena cabang utamanya ada di Pantai Mutiara. Tenang, gw cukup subjective dalam penilaian dan gw sudah pernah cobain competitor nya seperti Little Sheep atau Shu Guo Yin Xiang. Dan menurut gw Chong Qing ini sangat Sechuan banget, terutama untuk kuah pedas Mala nya. Kita makan berlima (dewasa) dan kita habisin 1.250.000 untuk porsi yang pas (tidak kekurangan dan tidak kelebihan). Tanpa panjang lebar, langsung lihat beberapa photo kita ya.
Posisi nya ada di lantai 2 Neo Soho Mall, ruangan nya besar banget dan ambience cukup relax ya. Tidak hectic seperti Chinese Hot Pot di tempat lainnya karena membuat suasanya cukup elegant. 
As always, ada station untuk dipping sauce. Variasi bumbu nya banyak banget, tapi kalau gw sendiri selalu suka sama peanut sauce, terus dicampur bawang putih cincang, dan beberapa saus lainnya. Kalau cabe potong gak gw saranin sih apabila kalian memesan kuah spicy mala nya. Soalnya menurut gw ini kuah mala terpedas yang gw pernah cobain di Jakarta.
Mangkok soup nya kecil banget seukuran cangkir teh chinese, jadi cukup kerepotan untuk masukin daging agak banyak sekaligus.
Langsung aja ya ke Hot Pot nya. Jadi kita pesen nya 2 soup: Sup Pedas (98k) dan Sup Kancip Fatimah (58k). Basically Sup Fatimah ini adalah sup collagen yang katanya bagus untuk wanita. Mereka juga ada satu lagi sup collagen untuk pria, tapi kita pilihnya yang populer saja yaitu Sup Kancip Fatimah. Kuah collagen ini mungkin tidak sekental collagen di shabu-shabu restaurant lainnya, tapi menurut gw rasanya sudah cukup gurih dan enak kalau dicampur sedikit dengan kuah mala nya supaya ada rasa pedas dan gurih. 
Oh iya mereka ada 2 jenis panci untuk yang 2 soup ini. Ada yang panci nya seperti di bawah ini yaitu bumbu rampah dan mala terpisah di bagian bulat tengah supaya tidak termakan. Ada juga panci standar yang bumbu mala nya dicampur dengan sup pedasnya.
Uniknya di sini yaitu bumbu sup pedasnya berupa padat berbentuk kura2. Jadi nanti ketika dituang kuah panas, bumbunya akan larut dalam kuah. Lucu banget ya baru pertama kali lihat beginian.
Nah untuk dagingnya kita pesan 3 porsi daging domba dan sapi. Menurut kita sih harga dagingnya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pesaingnya seperti Shu Guo Yin Xiang. Nah harga nya bervariasi sih ada yang di bawah 100k dan ada yang di atas 100k. Kita pesen paket 3 porsi daging seharga 368.000 dengan berat sekitar 500 gram, dimana kita bisa pesen 3 jenis daging yang dijual per porsi tadi. Harga paket ini lebih murah dibandingkan dengan kalian pilih ala carte satuan. Dan untuk porsi satuan nya juga hanya 150 gram, sedangkan kita mendapatkan 500 gram untuk paket 3 porsi daging ini. 
Daging yang kita pilih yaitu 1 porsi domba dan 2 porsi sapi. Nah uniknya lagi untuk paket 3 porsi daging ini disajikan dengan papan kayu yang cukup panjang sekitar 1 Meter. Kalau kalian pesen yang per porsi mungkin akan disajikan di piring seperti normal.
Jujur ya menurut gw Bakso Babi Jamur (98k) mereka ini THE BEST banget. Ini even lebih enak daripada makan daging yang di atas, soalnya bakso nya itu daging banget terus bumbu nya juga enak. Bener2 kerasa meaty dan lembut. Mungkin harganya agak pricy untuk 'Bakso' tp menurut gw ini wajib pesen!
Pangsit Babi (58k) menurut gw biasa aja dan kulitnya cenderung ketebelan sih jadi berasa lebih kenyal. Dan waktu rebusnya harus lebih lama juga. Sebenarnya kita juga pesen Wonton Sapi (58k) yaitu wonton yang udah mateng tanpa perlu rebus lagi, dan itu enak sih. Apalagi ada soy sauce nya yang agak asem, seger.
Untuk sayurannya kita pesen 1 porsi Mix Sayur (68k), 1 posi Mix Jamur (68k) dan Akar Teratai (68k). Yup, agak mahal ya untuk menu sayur. Kalau ditotal untuk 3 porsi itu saja sudah hampir 200k padahal itu hanya menu tambahan saja. Kita juga pesen Kulit Tahu (48k) dan Kulit Tahu Bambu (48k). Maaf ya tidak ada detail foto soalnya gw makan juga dadakan dan tidak ada niatan review di awal, jadi semua foto adalah spontan.
Oh ya satu lagi untuk minum mereka cukup murah sih, jadi kita pesen Chinese Tea 1 jug (38k) tapi boleh disharing beberapa orang dan boleh refill juga.
Well Overall, gw bisa bilang ini Sechuan Hot Pot paling enak di Jakarta. Kuah Sup Pedasnya authentic banget, kuah collagen nya juga gurih pas buat rebusan daging dan sayur. Bumbu tambahan di meja khusus nya juga cukup lengkap dan restaurantnya sangat cozy banget. Bahkan untuk nongkrong anak muda juga masuk banget, jadi bukan typical restaurant hot pot yang rame, bising dan sesak. I'll be coming back for more! Thank you for reading.

CHONG QING LIU YI SHOU

Neo Soho Podomoro City lantai 2, Jakarta Barat

Average Spending for two: IDR 400.000 - 500.000

RSVP (WA) : 087879109211

INSTAGRAM: @CHONGQING_LIUYISHOU_NEOSOHO

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com



Chong Qing Liu Yi Shou Hotpot Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Previous Article
Laughing Cow Beer Bar ~ The Best Herbal Soup Shabu-Shabu in Town
Laughing Cow Beer Bar ~ The Best Herbal Soup Shabu-Shabu in Town

Another New Shabu Shabu House in town from the same group of Eight Treasures, introducing Laughing Cow Beer...

Next Article
Sapporo Hokkaido Winter Itinerary ~ Travel Guide!
Sapporo Hokkaido Winter Itinerary ~ Travel Guide!

Trip Sapporo ini sebenarnya di December 2017, waktu itu dadakan bikin plan ke Jepang bareng family lengkap ...