Jangan Asal, 6 Makanan Ini Dilarang di Pesawat, Lho!

August 2, 2018 Chatarina Komala

Rupanya, tidak semua makanan boleh dibawa ke dalam pesawat. Apalagi, selama penerbangan!

Sebagai penumpang moda transportasi, tentunya ada sejumlah peraturan yang harus Anda taati agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Salah satunya, berlaku di penerbangan pesawat. Nah, selain ada sejumlah tata tertib yang harus diikuti, Anda juga tidak diperbolehkan membawa beberapa makanan dan minuman berikut.

 

1. Seafood dan/atau Durian

Ilustrasi: www.meramuda.com

Bagaimanapun, keduanya memiliki bau tajam yang bisa menyebar dengan cepat, sekaligus mengganggu kenyamanan penumpang. Bahkan, keduanya juga dilarang dibawa dalam transportasi darat, seperti kereta api atau bus kota. Nah, selain seafood dan durian, Anda juga wajib menghindari beberapa makanan berbau tajam, seperti makanan cepat saji atau yang mengandung bawang.

 

2. Kue dengan Lapisan Krim

Ilustrasi: www.taste.com.au

Hal ini berlaku untuk kue dengan ukuran besar, terutama jika melebihi 100 gram. Beberapa jenis keju krim seperti keju biru atau brie cheese juga tidak boleh melebihi 3,4 ons.

 

3. Minuman Panas

Ilustrasi: www.bornrealist.com

Selama perjalanan panjang, Anda mungkin butuh minum teh atau kopi panas untuk menghangatkan badan, sekaligus meningkatkan mood. Namun, membawa masuk minuman panas saat di dalam kabin merupakan hal yang dilarang, lho. Kalau ingin tetap meminumnya, sebaiknya belilah kopi atau teh di bandara--jadi ketika masuk kabin, suhunya sudah  tidak terlalu panas.

 

4. Yoghurt

Ilustrasi: www.odt.co.nz 

Jangan menyantap yoghurt di dalam pesawat, apalagi jika kemasannya tertutup dan berbahan plastik atau aluminium. Pasalnya, tekanan tinggi di udara akan menggelembungkan camilan ini, bahkan membuatnya meledak saat dibuka. Namun, jika bersikeras untuk menyantap, Anda bisa membuka kemasannya pelan-pelan, dan jauhkan dari orang terdekat.

 

5. Selai dan Jelly

Ilustrasi: www.dewiwhys.wordpress.com

Untuk menghindari produk yang tumpah, Anda bisa menyimpan produk selai dan jelly--terlebih yang berbobot lebih dari 3,4 ons ke dalam bagasi. Kendati dalam kemasan bersegel, kedua produk ini bisa tumpah dan mengotori sekitarnya karena tekanan udara yang tinggi.

 

6. Alkohol

Ilustrasi: www.andatech.com.au

Bagaimanapun, meminum alkohol sebelum atau saat penerbangan hanya akan membuat tubuh dehidrasi. Bahkan, efeknya bisa meningkat dua kali lipat saat di dalam kabin. Hal ini diakibatkan oleh kelembapan yang rendah, sehingga tubuh membutuhkan hidrasi yang lebih tinggi.

 

 

Previous Article
6 Kafe Dessert Paling Populer di Yogyakarta
6 Kafe Dessert Paling Populer di Yogyakarta

Cocok banget didatangi Anda yang mengaku pecinta dessert!

Next Article
Mengapa Kemasan Makanan Ringan Diisi Udara?
Mengapa Kemasan Makanan Ringan Diisi Udara?

Anda mungkin berprasangka buruk atau setidaknya bertanya-tanya ketika melihat kemasan makanan ringan yang m...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More