Mengapa Kemasan Makanan Ringan Diisi Udara?

August 1, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.amazon.com

Anda mungkin berprasangka buruk atau setidaknya bertanya-tanya ketika melihat kemasan makanan ringan yang menggembung lantaran diisi udara. Tebersit praduga dalam pikiran--jangan-jangan agar isi camilan terlihat penuh, padahal kosong. Namun, rupanya ada alasan khusus yang mendasari mayoritas kemasan makanan ringan harus diisi udara, lho.

Nah, hal ini berkaitan dengan istilah snack fill yang umum di industri manufaktur. Istilah ini mengacu pada keberadaan “ruang kosong” yang harus ada pada beragam produk, tidak terkecuali makanan. Pada kemasan camilan, ruang kosong ini ditujukan untuk melindungi isi (makanan) yang ada di dalamnya dari risiko kerusakan. Misalnya, kerusakan akibat benturan atau selama proses perjalanan panjang hingga sampai ke tangan Anda. Bayangkan, kalau isinya padat dan tidak diisi udara, pastilah makanan ringan seperti keripik akan hancur dan tidak lagi bertekstur renyah saat dimakan. Alhasil, bukan keripik renyah yang akan kita dapatkan, melainkan remah-remah.

 

Menjaga Makanan Tetap Awet

Ilustrasi: www.nomnomenon.com

Adapun selain melindungi makanan dari kerusakan, pemberian udara dalam kemasan juga bertujuan untuk menjaga makanan tetap awet. Sebagai informasi, udara yang diberikan bukanlah sembarang udara, melainkan gas nitrogen. Jadi, bukan hanya menjaga makanan dari kerusakan--gas nitrogen ini juga dapat menjaga makanan tetap segar dan nikmat.

Sebaliknya, pengisian ruang kosong dengan udara biasa akan membuat makanan di dalam keemasan lembap. Jika dibiarkan, kondisi ini akan merusak makanan. Setidaknya, di tahun 1994, sejumlah peneliti menyimpulkan, bahwa keripik kentang yang ada dalam paparan gas nitrogen cenderung lebih awet dan nikmat. Apalagi, nitrogen adalah gas alami yang tidak berbahaya--terutama jika dijadikan pendamping makanan.

Previous Article
Jangan Asal, 6 Makanan Ini Dilarang di Pesawat, Lho!
Jangan Asal, 6 Makanan Ini Dilarang di Pesawat, Lho!

Rupanya, tidak semua makanan boleh dibawa ke dalam pesawat. Apalagi, selama penerbangan!

Next Article
Tidak Seperti Iklannya, 10 Potret Makanan Ini Benar-benar Melenceng dari Ekspektasi!
Tidak Seperti Iklannya, 10 Potret Makanan Ini Benar-benar Melenceng dari Ekspektasi!

Rasa sesak sekaligus geli langsung terasa begitu buka kemasan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More