Perlukah Mencuci Daging Ayam Saat Akan Dimasak?

July 21, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.carinanorthqualitymeats.com.au

Untuk kebersihan, banyak orang mencuci daging ayam terlebih dulu sebelum memasaknya. Perlukah?

Memastikan makanan bersih sebelum dilahap, memang penting. Minimal, sebelum dimasak, bahan makanan sudah dicuci bersih agar terindar dari kotoran dan bakteri penyebab penyakit. Namun, rupanya ada beberapa bahan makanan yang tidak perlu dicuci sebelum dimasak, lho. Salah satunya, daging ayam.

Bahkan, beberapa ahli melarang keras mencuci daging ayam saat akan dimasak. Pasalnya, cara ini justru akan menyebarkan bakteri dan meningkatkan risiko kontaminasi. Bagaimanapun, air yang Anda gunakan untuk mencuci dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel atau tempat pencucian, bahkan ke area lain seperti meja dan pakaian.

Usut punya usut, rupanya beberapa daging ayam menjadi tempat bersarang bakteri seperti campylobacter. Sayangnya, mencuci daging tidak mampu menghilangkan atau bahkan membunuh bakteri tersebut. Nah, cara satu-satunya untuk menghilangkan bakteri maupun kotoran yang menempel adalah memasaknya. Cara ini terbilang ampuh dengan catatan: harus pada suhu yang tepat.

 

Agar Kotoran dan Bakteri Pergi Jauh

Ilustrasi: www.hellodoctor.co.za

Adapun suhu minimal yang bisa diterapkan saat memasak daging ayam adalah 74 derajat Celsius. Harus diingat, aturan ini juga berlaku untuk semua jenis daging dan ikan.

Cara lain untuk memastikan kotoran dan bakteri benar-benar pergi, adalah dengan membersihkan daging menggunakan handuk kertas (paper towel). Memang, tidak ada yang salah dengan mencuci daging ayam menggunakan air. Namun, Anda harus benar-benar memastikan, area sekitar tempat pencucian bersih. Bersihkan juga permukaan benda yang terciptrat ait cucian, seluruh bagian tangan yang digunakan untuk membasuh, dan benda lainnya.

 

Previous Article
Kuliner Tempo Doeloe Ini Ada di Semarang!
Kuliner Tempo Doeloe Ini Ada di Semarang!

Destinasi kuliner Semarang bukan hanya soal lumpia atau bandeng presto. Kalau singgah lebih lama, Anda bisa...

Next Article
Tetap Sehat dan Kuat, Ini Dia 8 “Pantangan” Makan Ratu Elizabeth II
Tetap Sehat dan Kuat, Ini Dia 8 “Pantangan” Makan Ratu Elizabeth II

Rupanya, ada rahasia Ratu Elizabeth II tetap sehat dan energik di usia senja. Beberapa di antaranya, menghi...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More