Ini Aturannya Kalau Ingin Menyimpan Daging di Kulkas

July 9, 2018 Chatarina Komala

Idealnya, berapa lama daging atau makanan berbahan daging dapat disimpan di kulkas?

Kulkas memang menjadi salah satu tempat penyimpanan paling praktis. Terutama, untuk jenis makanan yang cepat basi atau membusuk, seperti daging. Selain memudahkan waktu berbelanja, saat disimpan dalam kulkas, bahan makanan ini juga jadi lebih fresh saat akan digunakan.

Namun, terlalu lama menyimpan produk atau makanan berbahan daging dalam kulkas, bisa menurunkan kualitasnya. Adapun bukan hanya durasi, cara Anda menyimpan daging pun juga turut berkontribusi pada kualitas akhir. Lantas, bagaimana dan berapa lama daging dapat disimpan di kulkas?

 

1. Daging Merah

llustrasi: www.savingdinner.com

Simpan daging merah, seperti sapi, kambing, atau babi maksimal lima hari. Namun, untuk penyimpanan dalam freezer berbeda lagi. Anda bisa dapat membekukan daging merah selama dua hingga 12 bulan di dalam freezer. 

 

2. Daging Olahan

llustrasi: www.en.wikipedia.org

Ini meliputi daging iris atau sosis yang ada dalam kemasan tertutup/belum dibuka. Anda bisa menyimpannya selama dua minggu dalam lemari es, tetapi sudah harus dikonsumsi dalam tiga hingga lima hari sejak dibuka. Nah, untuk penyimpanan dalam freezer, jenis daging ini dapat bertahan satu hingga dua bulan.

 

3. Daging Unggas

llustrasi: www.inspiredtaste.net/9851/lavender-honey-chicken-recipe 

Untuk daging unggas seperti ayam atau bebek, Anda hanya dapat menyimpannya selama satu hingga dua hari dalam kulkas, dengan suhu maksimal empat derajat Celsius. Namun, jika disimpan dalam freezer bersuhu maksimal minus 17 derajat Celsius, waktu tahannya lebih lama, yakni satu tahun.

 

4. Daging Giling

llustrasi: www.pxhere.com

Anda dapat menyimpan daging giling di dalam kulkas hingga dua hari. Namun, jika sudah dibekukan, bisa bertahan tiga hingga empat bulan.

 

5. Bacon

llustrasi: www.thekitchn.com

Untuk bacon dan sosisnya, Anda dapat menyimpannya dalam kulkas hingga satu minggu. Nah, untuk penyimpanan dalam freezer, bisa bertahan hingga satu bulan. 

Previous Article
5 Tempat Nobar Piala Dunia Seru di Jakarta
5 Tempat Nobar Piala Dunia Seru di Jakarta

Mendekati final Piala Dunia 2018, paling enak kalau nonton bareng orang terdekat. Biar makin asyik, yuk, ra...

Next Article
Hingga Akhir Bulan, Ayo Nikmati Ragam Promo Sushi Tei!
Hingga Akhir Bulan, Ayo Nikmati Ragam Promo Sushi Tei!

Kini, sajian asal Jepang bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau. Yuk, lihat syarat dan ketentuannya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More