Yuk, Buang Lemak Pascalebaran dengan Cara Ini

June 22, 2018 Jan Oudeman

Lebaran sarat dengan makanan bersantan dan berlemak. Tentu saja, Anda boleh menyantapnya sampai puas. Namun, jangan lupa lakukan tiga hal ini agar lemak tidak betah tinggal lama-lama, ya.

Hidangan opor ayam dan rendang, tentu jadi menu wajib yang harus Anda saat Lebaran. Masalahnya, keduanya mengandung porsi lemak dalam jumlah tinggi. Belum lagi, jenis makanan bersantan dan aneka kue kering.

Tenang, bukan berarti Anda harus menghindarinya, kok. Namun, penting untuk melakukan beberapa cara agar lemak tidak betah tinggal lama-lama di tubuh. Toh, efeknya bukan cuma obesitas, melainkan juga risiko penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes, hingga stroke. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan!

 

1. Detoksifikasi

Ilustrasi: www.khalis.pk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan setelah Lebaran adalah dengan mendetoksifikasi makanan dan racun “jahat” yang sudah masuk ke dalam tubuh. Caranya beragam. Setelah makan banyak, bisa langsung mengurangi porsi lemak dalam tubuh. Agar tubuh tidak kaget, Anda bisa melakukannya pelan-pelan. Misalnya, dengan mengganti konsumsi daging dengan kacang-kacangan, sayuran, makanan tinggi protein dan serat.

Selain itu, jangan lupa banyak minum air putih, ya. Pasalnya, air putih bisa membantu memaksimalkan sistem metabolisme tubuh. Cukup minum air putih sebanyak delapan gelas per hari, kok.

 

2. Olahraga

Ilustrasi: www.healthkuber.com

Sehabis makan banyak, jangan langsung malas-malasan. Justru Anda harus bergerak lebih banyak. Nah, berhubung sudah makan banyak lemak, olahraga yang tepat adalah jenis aktivitas kardio. Beberapa olahraga yang bisa Anda coba yakni lari, berenang, sepeda, atau jogging. Anda bisa melakukannya 30 menit per hari; atau setidaknya minimal tiga kali selama satu minggu dengan durasi 20 hingga 60 menit.

 

3. Cukup Istirahat

Ilustrasi: www.healthline.com

Cukup istirahat penting untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Jangan sampai, saking sibuknya--Anda kurang istirahat. Alih-alih membakar lemak, cara ini justru melepaskan hormon stres dan meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Adapun idealnya, Anda wajib mencukupi kebutuhan istirahat dengan tidur selama tujuh hingga delapan jam per hari.

   

Previous Article
8 Tempat Ngopi Enak di Tepi Margonda
8 Tempat Ngopi Enak di Tepi Margonda

Di mana rekomendasi tempat ngopi enak di Jalan Margonda?

Next Article
Ini Dia Bedanya Shabu-shabu, Suki, dan Steamboat!
Ini Dia Bedanya Shabu-shabu, Suki, dan Steamboat!

Cara penyajian hampir sama, apa bedanya shabu-shabu, suki, dan steamboat?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More