Ini Dia Bedanya Shabu-shabu, Suki, dan Steamboat!

June 22, 2018 Chatarina Komala

Cara penyajian hampir sama, apa bedanya shabu-shabu, suki, dan steamboat?

Dingin-dingin paling enak menyantap makanan berkuah. Semakin puas, kalau dimakan langsung dari panci yang mengepul. Nah, untuk pilihan ini--Anda bisa mencoba menu shabu-shabu, sukiyaki, atau aneka steamboat. Isiannya bisa sesuai selera. Pengin menyantap sayuran atau daging, bisa langsung masukkan sendiri di dalam kuah kaldu.

Meski ketiganya sama-sama makanan berkuah dan disajikan di dalam panci panas, ada perbedaan antara shabu-shabu, suki, dan steamboat. Beberapa orang juga masih belum bisa membedakan antara satu sama lain.

 

1. Cara Penyajian

Ilustrasi: www.en.wikipedia.org

Dari segi penyajian, sebetulnya tidak ada perbedaan yang besar antara suki, shabu-shabu, dan steamboat. Masing-masing terdiri atas kuah dalam panci besar yang dipanaskan di atas kompor, serta aneka sayuran, daging, mi, tahu, hingga pangsit. Nah, sebelum disantap, sayuran dan daging ini akan dimasak bersama kuah kaldu yang sudah dididihkan.  

 

2. Asal Negara

Ilustrasi: www.jajanbeken.com

Kendati dianggap sama, sebetulnya ketiga hidangan ini berasal dari negara berbeda. Shabu-shabu dan sukiyaki berasal dari Jepang; sementara steamboat dari Tiongkok. Di Indonesia, sukiyaki pertama kali dipopulerkan melalui kehadiran restoran Jepang.

Tahukah Anda, di negara asalnya, sukiyaki dan shabu-shabu dianggap sebagai hidangan istimewa. Pasalnya, keduanya tergolong makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas. Hal ini wajar, mengingat beberapa isian sukiyaki dan shabu-shabu--seperti daging sapi--memang mahal.

 

3. Kuah kaldu

Ilustrasi: www.yum-korea.com

Perbedaan ketiganya amat kentara dari kuah kaldu yang digunakan. Jika shabu-shabu menggunakan kaldu dari kombu yang “ringan”, sukiyaki memakai campuran kecap asin dan manis pada kuah kaldunya. Sementara itu, steamboat umumnya menggunakan sedikit campuran minyak wijen.  Kendati demikian, kini beberapa restoran sudah menyediakan pilihan kaldu yang bervariasi. Misalnya, ada pilihan kuah tom yam.

 

4. Isian

Ilustrasi: www.la.eater.com

Secara umum, isian yang digunakan hampir sama. Misalnya, menggunakan sayuran seperti sawi putih, jamur, bawang bombay, dan daging-dagingan seperti irisan daging sapi hingga seafood. Semua bahan makan tadi akan direbus (khusus untuk daging cukup dicelupkan ke dalam kuah beberapa kali), lalu dicelupkan ke dalam saus yang disediakan.

Untuk sukiyaki, beberapa orang juga menambahkan telur sebagai santapan. Telur mentah akan dipecahkan, diletakkan di mangkuk, lalu diaduk. Barulah daging yagn sudah matang dicelupkan ke dalam telur, dicampur, lalu dimakan. Nah, sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan tumisan bawang putih cincang, kecap, dan irisan cabai rawit.

 

Nikmati Kupon Discount 30% Makan di Sukigao Suki and Barbecue

Previous Article
Yuk, Buang Lemak Pascalebaran dengan Cara Ini
Yuk, Buang Lemak Pascalebaran dengan Cara Ini

Lebaran sarat dengan makanan bersantan dan berlemak. Tentu saja, Anda boleh menyantapnya sampai puas. Namun...

Next Article
Wisata Rasa di 10 Warung Kaki Lima Semarang
Wisata Rasa di 10 Warung Kaki Lima Semarang

Siapa bilang makanan enak hanya ada di restoran atau kedai besar? Makanan kaki lima pun tidak kalah nikmatn...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More