Wisata Rasa di 10 Warung Kaki Lima Semarang

June 21, 2018 Jan Oudeman

Siapa bilang makanan enak hanya ada di restoran atau kedai besar? Makanan kaki lima pun tidak kalah nikmatnya. Ini dia sepuluh makanan kaki lima Semarang yang bisa bikin lidah bergoyang!

Wisata kuliner Semarang bukan hanya Toko Oen, lumpia, atau bandeng presto. Kalau pengin coba yang berbeda, tidak ada salahnya Anda menjelajahi gang dan ujung jalan untuk menemukan aneka menu kaki lima yang sama lezatnya. Apalagi, harganya pun terjangkau. Bisa makan sampai kenyang, sembari lesehan dan mengobrol dengan penduduk sekitar.

 

1. Lumpia Gang Lombok

Ilustrasi: www.ksmtour.com

Ada banyak penjual lumpia yang bisa Anda temukan di Kota Semarang. Namun, kalau ingin rasa yang autentik, bisa langsung ke Gang Lombok. Kulit lumpia yang gurih, plus isian paduan bengkuang, rebung, hingga ebi dijamin bikin Anda mau lagi. Namun, harus siap-siap antre panjang, ya!

 

2. Tahu Gimbal H. Edi

Ilustrasi: www.indonesiakaya.com

Satu porsi tahu gimbal terdiri atas lontong, potongan tahu, udang goreng tepung, taoge, irisan kol, dan telur goreng. Di atasnya, dibanjur siraman bumbu kacang, lalu ditambah topping kerupuk atau emping. Nah, satu hal yang berbeda, ada campuran petis dalam bumbu kacang. Terbayang bagaimana rasanya, kan?

 

3. Lekker Paimo

Ilustrasi: www.malesmandi.com

Siap-siap antre saat datang ke Lekker Paimo. Kendati ngetem di depan sekolah, pembelinya beragam. Ada pegawai kantoran, hingga turis yang memang sudah niat datang ke sana. Nah, menu yang dijual Lekker Paimo juga tidak kalah banyaknya. Mau menu manis, ada, menu asin seperti daging, tuna, telur, bahkan campuran keju mozarella pun juga ada.

 

4. Nasi Kucing Pak Gik

Ilustrasi: www.pictame.com

Seperti halnya angkringan atau penjual nasi kucing lain, Nasi Kucing Pak Gik ini buka malam-malam. Menunya bukan hanya aneka nasi, melainkan juga lauk pendamping hingga sate-satean.

 

5. Pecel Bu Sumo

Ilustrasi: www.sonofmountmalang.com

Kalau ingin coba kuliner legendaris, bisa ke warung pecel yang sudah ada sejak tahun 1965 ini. Seporsi nasi pecel terdiri dari nasi panas, rebusan sayur bayam, kacang panjang, dan taoge. Seluruhnya lalu akan dibanjur bumbu kacang yang gurih dan manis. Nah, kalau belum kenyang, bisa juga menambah lauk lain seperti telur, tempe goreng, tahu bacem, lumpia, bakwan, hingga babat.  

 

6. Angkringan Blendoek

Ilustrasi: www.pusvitasari.com

Sesuai namanya, angkringan ini berada di dekat Gereja Blenduk, Kota Lama, Semarang. Anda bisa menjumpai aneka menu khas angkringan seperti nasi, bakmi, lauk, gorengan, hingga sate. Nah, untuk menemani makan, ada pula pertunjukan live music yang bisa Anda nikmati. Kalau ke sana hari Selasa, Rabu dan Jumat--Anda akan menikmati musik keroncong. Sementara itu, hari sisanya akan ada musik akustik.

 

7. Es Puter Cong Lik

Ilustrasi: www.ksmtour.com 

Tidak sedikit orang yang menganggap Kota Semarang panas. Nah, kalau sudah mulai kepanasan, segera meluncur ke Es Puter Cong Lik. Ada lebih dari sepuluh varian es puter yang bisa memuaskan dahaga Anda. Mau coba semua? Boleh!

 

8. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Ilustrasi: www.ksmtour.com 

Seporsi mi kopyok terdiri atas lontong, tahu, taoge, mi, dan tentu saja kuah yang gurih. Sebagai pelengkap, tambahkan pula kerupuk beras dan sambal kacang.

 

9. Nasi Gandul Pak Memet

Ilustrasi: Pinterest

Dari segi tampilan, nasi gandul adalah nasi putih berkuah santan, dengan pelengkap potongan daging sapi dan jeroan. Nah, di Nasi Gandul Pak Memet ini, seporsi makanannya akan disajikan di atas piring yang dilapisi daun pisang. Agar semakin enak, tambahkan pula lauk seperti tempe goreng, juga perasan jeruk nipis dan sambal. Lokasinya ada di Jalan Dr. Cipto No 12A.

 

10. Babat Gongso Pak Karmin

Ilustrasi: www.travelingyuk.com

Babat gongso, sebetulnya merupakan daging babat yang ditumis bersama jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruhnya akan ditumis bersama bumbu kecap dan cabai, sehingga rasanya manis, gurih, dan pedas. Adapun dari semua penjual babat gongso, Anda bisa berkunjung ke Babat Gongso Pak Karmin di Jalan Aloon-Aloon Bar, seberang Gedung BRI.

 

 

Previous Article
Ini Dia Bedanya Shabu-shabu, Suki, dan Steamboat!
Ini Dia Bedanya Shabu-shabu, Suki, dan Steamboat!

Cara penyajian hampir sama, apa bedanya shabu-shabu, suki, dan steamboat?

Next Article
Penggemar Pasta, Yuk, Ketahui 7 Fakta Unik Ini!
Penggemar Pasta, Yuk, Ketahui 7 Fakta Unik Ini!

Jangan mengaku penggemar pasta kalau belum tahu tujuh fakta unik ini!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More