Penggemar Pasta, Yuk, Ketahui 7 Fakta Unik Ini!

June 21, 2018 Chatarina Komala

Jangan mengaku penggemar pasta kalau belum tahu tujuh fakta unik ini!

Kendati dianggap makanan Italia, kelezatan pasta sudah tersebar di penjuru dunia. Nah, kalau Anda penggemar pasta, tidak ada salahnya mengetahui tujuh fakta unik berikut!

 

1. Berasal dari Tiongkok

Ilustrasi: www.bonappetit.com

Pasta mungkin memang makanan orang Italia. Namun, konsep pembuatan pasta diperkenalkan sekembalinya Marco Polo dari Tiongkok pada abad ke-13. Tidak seperti sekarang, dahulu adonan pasta diuleni dengan kaki. Soalnya, adonannya sangat keras dan tidak cukup kalau diaduk dengan tangan. Bahkan, sudah pakai kaki pun, butuh seharian untuk mengaduk adonan hingga tercampur dengan baik.

Adapun dahulu, hanya ada dua bahan pembentuk pasta: tepung semolina dan air. Tidak ada bahan tambahan telur seperti sekarang.

 

2. Kabar Burung “Pohon Spageti”

Ilustrasi: www.chefsteps.com

Gara-gara video dokumenter yang disiarkan BBC pada 1 April 1957, banyak orang menyangka spageti berasal dari pohon. Maklum saja, dalam video lelucon itu, terlihat para petani tengah memanen spageti. Akibatnya, banyak orang berharap dan buru-buru ingin menanam pohon spageti di rumah.

 

3. Banyak Jenisnya

Ilustrasi: Youtube

Faktanya, pasta bukan cuma spageti. Ada banyak banget. Bahkan, ada sekitar 350 bentuk dan nama pasta! Nah, kalau ingin tahu pasta berkualitas terbaik, bisa ke North Dakota, Amerika Serikat yang membuat pasta dengan bahan gandum durum.

 

4. “Al Dente...”

Ilustrasi: www.bonappetit.com 

 “Al dente” merupakan ungkapan yang ditujukan untuk pasta yang tidak dimasak terlalu matang. Jadi, teksturnya sedikit kenyal. Nah, tekstur pasta yang demikian bukan hanya enak, tetapi juga bikin kenyang tahan lama. Pasalnya, perut jadi bisa mencerna pasta dalam waktu lama.

 

5. Orang Italia Tanpa Pasta

Ilustrasi: www.smooth.com.au

Pernah membayangkan bagaimana orang Italia tanpa pasta? Rasanya, tidak mungkin, deh. Soalnya, rata-rata orang Italia bisa makan lebih dari 23,1 kilogram pasta setiap tahun!

 

6. Bulan dan Hari Pasta

Ilustrasi: www.health.com

Bulan Oktober dikenal sebagai Bulan Pasta Nasional. Kabarnya, hal ini berkaitan dengan hari kelahiran Cristopher Colombus; salah satu penjelajah asal Italia. Oh ya, di bulan yang sama, tepatnya tanggal 25 Oktober, kita juga merayakan Hari Pasta Sedunia, lho.

 

7. Warna Alami untuk Pasta

Ilustrasi: www.leitesculinaria.com

Kalau pengin cita rasa dan tampilan pasta tampak menggugah, bisa mencoba bahan-bahan alami ini. Misalnya, bayam untuk membuat pasta warna hijau, tomat untuk pasta warna merah, dan tinta cumi-cumi untuk pasta abu-abu.

 

Dapatkan Kupon Chicken Creamy Spaghetti with cheese seharga Rp34.545 dari Domino's Pizza Indonesia

 

Previous Article
Wisata Rasa di 10 Warung Kaki Lima Semarang
Wisata Rasa di 10 Warung Kaki Lima Semarang

Siapa bilang makanan enak hanya ada di restoran atau kedai besar? Makanan kaki lima pun tidak kalah nikmatn...

Next Article
Bukan Sebagai Alat Makan, Fungsi Sendok Pernah Jadi Elemen Dekorasi, Lho!
Bukan Sebagai Alat Makan, Fungsi Sendok Pernah Jadi Elemen Dekorasi, Lho!

Sendok yang kita kenal sebagai alat makan, dulunya pernah menjadi elemen dekorasi hingga penanda status sos...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More