Bukan Sebagai Alat Makan, Fungsi Sendok Pernah Jadi Elemen Dekorasi, Lho!

June 19, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.brandless.com

Sendok yang kita kenal sebagai alat makan, dulunya pernah menjadi elemen dekorasi hingga penanda status sosial.

Di zaman sekarang, hampir semua orang makan menggunakan sendok. Inilah sebabnya, setiap rumah pasti memiliki stok sendok (dan pelengkapnya, garpu) dalam jumlah banyak. Fungsinya, tentu saja sebagai alat untuk mengambil dan menyuapkan makanan ke dalam mulut. Jadi, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak terkontaminasi dengan kotoran maupun bakteri yang menempel di tangan yang kotor.

Sebagai alat makan tertua di dunia, perkembangan sendok sudah merentang dalam waktu yang lama. Bahkan,beragam literatur kuno menyebutkan, alat makan ini sudah ada sejak 50 ribu sampai 100 ribu tahun lalu.  

 

Dari Cangkang Hingga Logam

Ilustrasi: www.fakta.news

Dahulu, bentuk sendok tidaklah seperti sekarang. Mulanya, sendok dibuat menggunakan cangkang kerang atau batu yang mudah dibentuk. Namun, seiring waktu, manusia mulai memodifikasinya dan memberikan pegangan.

Nah, sendok dengan pegangan ini juga tidak langsung digunakan sebagai alat makan, melainkan untuk ritual keagamaan di Mesir Kuno. Bahan-bahannya pun kian beragam. Dari cangkang dan batu, lalu beralih ke gading hingga kayu. Lantaran berfungsi sebagai pelengkap ritual keagamaan, sendok juga memiliki dekorasi yang indah.

 

Penanda Status Sosial

Ilustrasi: www.1stdibs.com

Setelah itu, barulah sendok dijadikan sebagai alat makan. Untuk fungsi ini, bahan dasar yang digunakan adalah kayu, sebab murah dan mudah ditemukan. Setelah kayu, mulailah bahan perunggu dan perak muncul. Biasanya, hanya digunakan oleh orang-orang kelas atas dan keluarga kerajaan. Jadilah saat itu, sendok juga berperan sebagai alat penanda kasta dan status sosial.

Penggunaan sendok sebagai penanda status sendiri muncul pada penobatan raja Inggris. Dalam ritual, sang raja baru akan disuapi dengan sendok upacara. Selain itu, ada pula istilah “sendok Rasul” sebagai hadiah pembaptisan. Nah, dalam tradisi ini--bahan sendok yang digunakan untuk pembaptisan menunjukkan kelas sosial. Misalnya, sendok berbahan emas dan perak untuk membaptis kelas atas, sementara tembaga dan kuningan untuk kelas bawah.

Kini, Anda bisa menemukan beragam sendok sesuai fungsinya. Ada sendok makan, sendok nasi, sendok saji, hingga sendok teh. Kendati sama-sama berfungsi sebagai alat makan, ukurannya dibuat bervariasi; bahkan tidak menutup kemungkinan akan terus berubah. Misalnya, perihal teknologi yang menciptakan sendok yang bisa dimakan atau justru sendok elektrik.

 

Previous Article
Penggemar Pasta, Yuk, Ketahui 7 Fakta Unik Ini!
Penggemar Pasta, Yuk, Ketahui 7 Fakta Unik Ini!

Jangan mengaku penggemar pasta kalau belum tahu tujuh fakta unik ini!

Next Article
Mulai Sekarang, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Makan di Restoran
Mulai Sekarang, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Makan di Restoran

Sadar atau tidak, ada beberapa kesalahan yang pernah Anda lakukan saat makan di restoran. Apa sajakah?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More