Mulai Sekarang, Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Makan di Restoran

June 19, 2018 Chatarina Komala

Sadar atau tidak, ada beberapa kesalahan yang pernah Anda lakukan saat makan di restoran. Apa sajakah?

Makan di restoran kerap jadi pilihan saat Anda tidak sempat memasak makanan sendiri, atau sekadar ingin mencoba cita rasa kuliner berbeda. Tentu saja, ketika makan di sana, pengalaman yang Anda dapatkan berbeda-beda. Ada yang terkesan dengan rasa makanannya, pelayanan, harga, hingga dekorasi.

Sesungguhnya, semua hal yang Anda dapatkan saat makan di restoran sudah termasuk sebagai pelayanan si pemilik restoran kepada Anda, pembeli. Bahkan, hampir setiap restoran akan memperlakukan Anda sebagai “raja”. Namun, bukan berarti Anda bisa seenaknya sendiri. Faktanya, sadar atau tidak--ada beberapa kesalahan yang pernah Anda lakukan di restoran, lho. Akibatnya beragam, mulai dari menyinggung koki/pemilik restoran, hingga merugikan orang lain dan diri sendiri.

 

1. Menumpuk Piring Kosong

Ilustrasi: www.platekc.com

Tujuan Anda mungkin baik: ingin meringankan tugas pegawai restoran. Namun, di beberapa restoran, menumpuk piring kosong bisa menjadi sinyal bahwa pelayanan restoran tidaklah baik. Hal yang sama berlaku, ketika Anda menyerahkan piring kosong kepada pegawai untuk dibersihkan. Nah, ketimbang salah langkah, ada baiknya Anda meninggalkan piring kosong setelah menghabiskan makanan.

 

2. Menggosok Sumpit

Ilustrasi: www.umamimart.com

Hal ini berlaku untuk sumpit kayu atau bambu sekali pakai. Pasalnya, menggosok sumpit kayu untuk memisahkannya bisa menjadi tanda bahwa pemilik restoran tidak menyiapkan sumpit berkualitas baik.

 

3. Pakaian yang Terlalu Santai

Ilustrasi: www.toursa.com.au

Pada beberapa restoran mewah, ada aturan dresscode yang diberlakukan. Seperti halnya, pakaian dan alas kaki formal. Jadi, jangan heran jika ada beberapa restoran yang tidak memperbolehkan Anda masuk, lantaran menggunakan sandal atau justru baju santai--termasuk celana jeans.

 

4. Memberikan Tips

Ilustrasi: www.eater.com

Tidak sedikit restoran yang melarang pemberian tips kepada pegawai mereka. Ini sebabnya, sebelum berniat memberikan tips, pastikan tidak ada aturan restoran yang melarang, ya.

 

5. Tidak Peduli

Ilustrasi: www.visitvestfold.com

Wah, kalau yang ini, jangan sampai dilakukan, ya. Pasalnya, ada banyak, lho, orang yang tidak peduli cara makannya. Padahal, selain tidak enak dipandang, hal ini juga bisa merugikan orang lain, lho. Beberapa kesalahan, seperti bersuara saat mengunyah, makan sambil berbicara, sampai yang paling parah--makan berantakan.

 

Previous Article
Bukan Sebagai Alat Makan, Fungsi Sendok Pernah Jadi Elemen Dekorasi, Lho!
Bukan Sebagai Alat Makan, Fungsi Sendok Pernah Jadi Elemen Dekorasi, Lho!

Sendok yang kita kenal sebagai alat makan, dulunya pernah menjadi elemen dekorasi hingga penanda status sos...

Next Article
Mengunjungi 7 Spot Kuliner Malam Murah di Yogyakarta
Mengunjungi 7 Spot Kuliner Malam Murah di Yogyakarta

Malam-malam di Yogya, paling enak wisata kuliner. Ada pilihan apa saja?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More