Jangan Sampai Dehidrasi di Bulan Puasa, Ini Dia Cara Mencegahnya!

June 10, 2018 Chatarina Komala

Jika tidak cermat, tubuh bisa kekurangan cairan saat harus berpuasa selama 12 jam. Ini dia langkah pencegahannya.

Selain menahan emosi negatif, puasa juga tidak lepas dari kewajiban mengontrol rasa lapar dan dahaga dengan berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Sejauh dilakukan dengan tepat, tentu saja puasa membawa manfaat kesehatan bagi tubuh. Hanya saja, tidak minum dalam waktu lama juga bisa mendatangkan risiko dehidrasi yang bisa saja berdampak buruk. Apalagi, jika didampingi dengan aktivitas di luar ruangan.

Bagaimanapun, tubuh kita terdiri atas 70% cairan. Ini sebabnya, penting bagi Anda untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. Berikut adalah beberapa cara agar tubuh tidak dehidrasi saat berpuasa.

 

1. Cukupi Kebutuhan Air

Ilustrasi: www.allhealthpost.com

Satu cara paling ampuh untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Jenis cairannya bisa beragam, mulai dari air putih, kandungan air yang berasal dari buah dan sayuran, hingga jenis minuman lainnya.

Idealnya, seseorang butuh delapan gelas air mineral (2 liter) per harinya. Nah, ketika berpuasa, Anda bisa memenuhi aturan ideal ini dengan menetapkan 2-4-2. Dengan kata lain, minum dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur (atau menjelang sahur). Nah, mengingat cairan paling baik adalah air putih, kurangi pula mengonsumsi minuman berkafein atau punya kandungan gula yang tinggi, ya. Hindari pula mengonsumsi gorengan dan makanan lain yang dapat membuat tubuh cepat haus dan dehidrasi.

 

2. Perhatikan Konsumsi Makanan

Ilustrasi: www.aquila-style.com

Seperti halnya minuman, Anda juga perlu tetap memperhatikan konsumsi makanan. Kendati ingin sekali memuaskan rasa lapar setelah seharian berpuasa, Anda tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan. Beberapa caranya, adalah dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan asin saat sahur, dan menggantinya dengan konsumsi makanan berserat dan sehat. Adapun garam yang masuk ke dalam tubuh bisa mengacaukan pengaturan cairan tubuh dan membuat Anda cepat haus.

 

3. Tambah Buah dan Sayur

Ilustrasi: www.menshealth.co.uk

Ada beragam sumber cairan. Selain air putih, Anda juga bisa mendapatkan cairan dari buah dan sayuran. Ini sebabnya, penting untuk menyeimbangkan kebutuhan cairan Anda dengan konsumsi buah dan sayuran. Pastikan tubuh mendapatkan asupan buah yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

 

4. Kurangi Aktivitas dan Olahraga Kardio

Ilustrasi: www.mensjournal.com

Berolahraga di saat puasa tentu sah dan bahkan amat dianjurkan. Namun, jangan sampai terlalu keras apalagi saat melakukan olahraga kardio. Nah, jika ingin menjaga tubuh tetap bugar, Anda bisa menggantinya dengan intensitas olahraga yang ringan.

Previous Article
Ini Dia Alasan Harus Mengocok Susu Kemasan Sebelum Diminum!
Ini Dia Alasan Harus Mengocok Susu Kemasan Sebelum Diminum!

Rupanya, anjuran untuk mengocok susu kemasan sebelum diminum tidak sembarang dibuat. Ini dia alasannya!

Next Article
Cara Mudah Membuat Sendiri Es Kepal Milo
Cara Mudah Membuat Sendiri Es Kepal Milo

Daripada membeli di luar, ada baiknya Anda bikin sendiri es kepal Milo yang sedang viral. Lebih hemat, enak...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More