Cara Mudah Membuat Sendiri Es Kepal Milo

June 8, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.moneysmart.id

Daripada membeli di luar, ada baiknya Anda bikin sendiri es kepal Milo yang sedang viral. Lebih hemat, enak, dan tentunya sehat!

Anda si penikmat kuliner mungkin menyadari, di media sosial akhir-akhir ini--sedang populer satu dessert yang terlihat segar banget. Tidak perlu menunggu lama, penjualnya pun kini bisa Anda temukan dengan mudah. Mulai di kedai pinggir jalan, hingga bazar yang diadakan pada momen-momen tertentu. Pokoknya, semua mulai jualan es kepal Milo!

Terlihat segar dan menggugah, sebetulnya--cara membuat dessert asal Malaysia ini mudah, kok. Bahan-bahannya pun murah dan gampang ditemukan. Nah, daripada mengeluarkan kocek untuk membeli, lebih baik bikin sendiri es kepal Milo Anda di rumah. Lebih sehat, hemat, dan tentu saja: puas!

 

Bahan

1. Es batu

2. Milo bubuk

3. Susu kental manis cokelat

4. Aneka topping. Anda bisa memberikan meses, parutan keju, potongan kacang, agar-agar. Apa pun! Pilih sesuai selera, ya.

 

Cara Membuat

1. Serut Es

Ilustrasi: Youtube

Sebenarnya, es kepal merupakan gumpalan es serut yang diberikan pasta cokelat. Itu sebabnya, untuk membuat satu porsi es kepal, pertama-tama Anda harus menyerut halus potongan es batu (bisa ditumbuk atau diblender sampai halus).

Setelahnya, barulah es tersebut dikumpulkan, lalu dipadatkan menjadi kepalan. Caranya beragam. Bisa dimasukkan ke dalam plastik, atau ditekan-tekan hingga padat. Setelahnya, baru letakkan es tersebut di dalam mangkuk atau gelas.

 

2. Pasta Cokelat

Ilustrasi: www.resepkoki.co

Langkah selanjutnya adalah menuangkan pasta cokelat ke atas serutan es tadi. Nah, untuk membuatnya, Anda dapat mencampurkan sepuluh bungkus (atau sesuai selera) Milo bubuk ke dalam wadah. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit hingga mengental, atau berbentuk seperti pasta.

Setelah teksturnya sempurna, Anda bisa menambahkan susu kental manis sesuai selera. Setidaknya, ada dua tujuan: membuat rasanya lebih manis dan mengentalkan tekstur adonan.

Nah, setelah pasta siap, tuangkan ke atas es serut. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera.

 

3. Taburkan Topping

Ilustrasi: www.joblike.com

Agar semakin mantap, tambahkan campuran tadi dengan aneka topping sesuai selera. Biasanya, seporsi es kepal Milo menggunakan taburan meses cokelat dan kacang. Namun, Anda tetap bisa, kok, berkreasi dengan topping lain seperti choco c­hip, agar-agar, parutan keju, dan masih banyak lagi!

 

Previous Article
Jangan Sampai Dehidrasi di Bulan Puasa, Ini Dia Cara Mencegahnya!
Jangan Sampai Dehidrasi di Bulan Puasa, Ini Dia Cara Mencegahnya!

Jika tidak cermat, tubuh bisa kekurangan cairan saat harus berpuasa selama 12 jam. Ini dia langkah pencegah...

Next Article
Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi, Apa Sebabnya?
Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi, Apa Sebabnya?

Efek deg-degan mungkin jadi satu penyebab mengapa ada orang yang tidak menyukai kopi. Lantas, apa penyebabnya?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More