Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi, Apa Sebabnya?

June 8, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.worldatlas.com

Efek deg-degan mungkin jadi satu penyebab mengapa ada orang yang tidak menyukai kopi. Lantas, apa penyebabnya?

Ada banyak alasan orang tidak suka minum kopi. Pertama, soal rasa yang pahit dan tidak cocok di lidah. Sementara penyebab kedua, bisa jadi lantaran efek yang ditimbulkan selepas minum kopi. Misalnya, mata yang terasa segar hingga sulit tidur, hingga efek jantung berdebar (deg-degan).

Adapun efek berdebar ini disebut palpitasi jantung. Inilah saat manakala jantung memompa darah dan mengalami ketidakteraturan sesaat. Penyebabnya, adalah kandungan kafein dalam kopi yang berperan sebagai stimulan alami bagi tubuh.

 

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Nah, ketika sistem saraf pusat dirangsang, sejumlah efek akan mengikuti seperti meningkatnya kewaspadaan, pusing dan sakit kepala, gugup, hingga jantung berdebar. Hanya saja, setiap orang tidak mengalami gejala yang sama. Kendati ada orang yang langsung merasa berdebar-debar setelah minum kopi, ada pula orang yang tidak merasakan efek samping sama sekali. Biasanya, hal ini juga dipengaruhi oleh “jam terbang” Anda minum kopi.

 

Tidak Berbahaya

Ilustrasi: www.telegraph.co.uk

Seseorang yang tidak terbiasa minum kopi, besar kemungkinannya terdampak palpitasi jantung. Namun, pada dasarnya hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Adapun bahaya bisa muncul, jika Anda minum kopi dalam jumlah berlebih. Livestrong misalnya, mengungkap 80 cangkir kopi per hari bisa jadi dosis yang mematikan bagi Anda.

Alih-alih berbahaya, minum satu hingga tiga cangkir kopi sehari juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain membantu Anda lebih awas dan produktif, konsumsi kopi juga mampu mencegah beberapa penyakit. Seperti halnya, menurunkan risiko diabetes, mencegah kanker usus besar, melindungi hati, dan meminimalkan risiko penyakit Parkinson. Hanya saja, hindari minum kopi berlebih. Pasalnya, hal ini bisa memicu insomnia bahkan gangguan perut.

Previous Article
Cara Mudah Membuat Sendiri Es Kepal Milo
Cara Mudah Membuat Sendiri Es Kepal Milo

Daripada membeli di luar, ada baiknya Anda bikin sendiri es kepal Milo yang sedang viral. Lebih hemat, enak...

Next Article
Inilah 9 Jajanan SD yang Masih Populer Hingga Kini
Inilah 9 Jajanan SD yang Masih Populer Hingga Kini

Sembari bernostalgia, apa jajanan SD yang paling Anda sukai?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More