Inilah 9 Jajanan SD yang Masih Populer Hingga Kini

June 7, 2018 Chatarina Komala

Sembari bernostalgia, apa jajanan SD yang paling Anda sukai?

 

Selain riangnya bermain, masa sekolah dasar mungkin mengingatkan Anda pada deretan jajanan favorit yang ramai pembeli saat jam istirahat atau pulang sekolah. Harga yang murah meriah serta rasa yang nikmat, tentu menjadi dua alasannya.

 

Hingga kini, tentu ada jajanan yang masih bertahan atau justru jarang ditemukan. Namun, jangan keburu khawatir. Jika ingin bernostalgia, Anda bisa, kok, mencicipi sembilan jajanan SD yang masih populer hingga kini. Cukup datang ke SD terdekat, lalu beli sesuai keinginan. Apa saja?

 

1. Cilok

 

Ilustrasi: Youtube

Menyerupai bakso, cilok jelas berbeda. Dari namanya, cilok merupakan singkatan dari “aci dicolok”, dengan dominasi bahan aci yang dibuat bulat seperti bakso. Nah, sembari dicolok dengan potongan bambu, cilok ini nikmat disantap panas dengan bumbu saus pedas (beberapa penjual juga menyediakan saus kacang) dan kecap. Bahkan, kini Anda bisa menjumpai variasi cilok berisi telur, daging, keju, hingga sosis.

 

2. Lidi-lidian

 

Ilustrasi: www.bukalapak.com

Seperti namanya, jajanan yang satu ini memang bertekstur tipis, keras, dan renyah. Dari segi bentuk, mirip sekali dengan lidi. Biasanya, sebungkus lidi-lidian akan dilengkapi dengan bubuk bumbu. Rasanya pun beragam, mulai dari sekadar asin, pedas, hingga barbeque atau keju.

 

3. Telur Gulung

 

Ilustrasi: www.sukita.info

Bisa dikatakan inilah jajanan yang tidak lekang zaman. Penjualnya masih beroperasi hingga kini. Sesuai namanya, jajanan ini menggunakan bahan dasar telur (kerap kali dicampur tepung), yang digoreng lalu digulung. Nah, Anda bisa menyantapnya dengan saus cabai.

 

4. Telur Bulat

 

Ilustrasi: www.florentiacorner.blogspot.com

Sama halnya dengan telur gulung, jajanan ini didominasi bahan dasar telur. Nah, campuran telur, tepung, serta bumbu (garam) akan dikocok, lalu digoreng dalam cetakan berbentuk bulatan kecil. Tidak jarang, beberapa penjual pun menambahkan aneka sayuran seperti kol, wortel, atau daun bawang.

 

5. Kue Leker

 

Ilustrasi: Youtube

Bentuk dan rasanya hampir sama seperti crepes, hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Isiannya beragam, mulai dari meses, susu, parutan keju, hingga pisang dan aneka selai. Paling enak dimakan selagi hangat.

 

6. Kue Cubit

 

Ilustrasi: www.masterresep.com

Rasanya wajar jika kue legendaris ini jadi favorit seluruh kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan, kini kue cubit hadir dengan varian rasa dan topping yang semakin menggugah.

 

7. Sosis Bakar

 

Ilustrasi: www.sukamasak.com

Sepotong sosis dipanggang, lalu diberikan olesan bumbu dan aneka saus. Harganya pun murah, satu potong dihargai Rp2 ribu. Biasanya, pedagangnya tidak hanya menjual sosis, melainkan juga bakso bakar, usus bakar, hingga jenis sate-satean yang lain.

 

8. Cilung

 

Ilustrasi: www.heytheresia.com

Cilung, sebenarnya merupakan singkatan dari “aci digulung”. Pertama-tama, satu butir telur (bisa telur ayam atau burung puyuh) akan digoreng, lalu dibanjur adonan aci. Setelah hampir masak, adonan akan digulung dengan tusuk sate, lalu ditambah taburan serundeng.

 

9. Cimol

 

Ilustrasi: www.tastylilthings.blogspot.com

Olahan tepung aci memang tidak ada habisnya. Nah, salah satu jajanan berbahan aci yang jadi favorit, adalah cimol atau “aci digemol”. Nah, untuk yang satu ini, adonan aci akan dibuat bulat seperti bola, lalu digoreng. Sebungkus cimol paling enak dinikmati dengan campuran bubuk pedas dan manis.

Previous Article
Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi, Apa Sebabnya?
Jantung Berdebar Selepas Minum Kopi, Apa Sebabnya?

Efek deg-degan mungkin jadi satu penyebab mengapa ada orang yang tidak menyukai kopi. Lantas, apa penyebabnya?

Next Article
Ini Dia Arti Singkatan 10 Nama Makanan Unik Indonesia!
Ini Dia Arti Singkatan 10 Nama Makanan Unik Indonesia!

Nama-nama makanan ini pasti tidak asing di telinga Anda. Namun, sudahkah Anda mengetahui artinya?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More