Inilah 15 Jenis Bunga yang Bisa Anda Konsumsi, Pilih yang Mana?

March 29, 2018 Chatarina Komala

Edible flowers bukan hal baru dalam dunia kuliner. Tidak boleh sembarang, inilah 15 jenis bunga yang bisa Anda konsumsi.

Sejak ratusan tahun lamanya, bunga telah digunakan sebagai campuran makanan. Fungsinya bukan hanya mempercantik, melainkan juga menambah rasa. Tidak heran jika kemudian ada banyak menu yang menjadikan bunga sebagai bahan dasarnya. Ini meliputi salad, es krim, minuman (infused water), hingga aneka dessert.

Sayangnya, Anda tidak bisa memanfaatkan dan menyantap sembarang bunga. Pasalnya, sebelum disantap, edible flowers harus berhadapan dengan sejumlah proses, meliputi penanaman dan pemeliharaan tanpa pestisida, pengeringan, hingga pembekuan dan perendaman dalam minyak. Nah, jika Anda tertarik menyantap edible flowers atau memanfaatkannya untuk berinovasi dalam dunia kuliner, berikut adalah 15 jenis bunga yang bisa Anda disantap.

 

1. Marigold

Ilustrasi: www.realestate.com.au

Bunga yang bernama latin Calendula officinalis ini biasa digunakan sebagai campuran salad. Soal rasa, jenis bunga ini cenderung tajam, sedikit pedas, dan agak pahit. Selain salad, Anda juga bisa menaburkan bunga ini pada sup, pasta, bahkan nasi.

 

2. Lavender

Ilustrasi: www.lessnoise-moregreen.com

Anda mungkin mengenal lavender sebagai bunga pengusir nyamuk. Namun, bunga cantik ini juga bisa dijadikan campuran teh bahkan obat, lho.

 

3. Anyelir

Ilustrasi: www.khasiat.co.id

Banyak chef memanfaatkan anyelir sebagai hiasan kue. Namun, selain untuk mempercantik hidangan, anyelir juga kerap dijadikan bahan dasar pembuatan wine bahkan permen. Bahkan, anyelir disebut-sebut sebagai salah satu bahan rahasia dalam pembuatan Chartreuse--minuman khas Prancis--sejak abad ke-17.

 

4. Melati

Ilustrasi: www.pxhere.com

Mengonsumsi bunga melati mungkin identik dengan kesan horor. Padahal, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari mengonsumsi bunga ini, lho. Tidak jarang, bunga melati jadi bahan dasar pembuatan obat herbal. Bisa disantap langsung atau dijadikan campuran teh hijau dan salad.

 

5. Mawar

Ilustrasi: www.myscoop.us

Rupanya, ketika disantap--bunga ini cenderung lembut dan terasa seperti stroberi atau apel hijau. Anda bisa mencampur bunga ini pada beberapa jenis masakan seperti sup, salad, selai, hingga teh.

 

6. Krisan

Ilustrasi: www.anggorovalue.blogspot.com

Warnanya yang beragam menjadikan bunga krisan cocok banget sebagai hiasan makanan. Soal rasa, cenderung pahit dan menyerupai kembang kol. Tidak heran, krisan kerap dijadikan campuran dalam sayuran tumis atau salad.

 

7. Matahari

Ilustrasi: www.countryliving.co.uk

Biasanya, bunga Matahari akan dikonsumsi ketika sudah mencapai tahap tunas. Begitu kuncupnya terbuka, kelopak bunga bisa langsung dimakan.

 

8. Viola

Ilustrasi: www.realestate.com.au

Memiliki warna pastel yang indah, bunga viola ini memiliki rasa manis dan khas. Cocok banget dijadikan pendamping salad hingga beragam minuman es.

 

9. Sepatu

Ilustrasi: www.jamuin.com

Seduh bunga sepatu dan jadikan campuran teh. Manfaatnya banyak, mulai dari mengatasi nyeri akibat PMS, hingga membantu tubuh lebih relaks.

 

10. Dahlia

Ilustrasi: www.gardeningknowhow.com

Kendati seluruh jenis dahlia bisa dikonsumsi, rasa dan teksturnya amat bergantung pada tanah dan kondisi area tubuhnya. Sebagai gambaran, bunga dahlia ini bisa terasa seperti kacang-kacangan, apel, hinga wortel.

 

11. Lili

Ilustrasi: www.agriculture90.blogspot.com

Rasa manis dan segar bunga lili mengingatkan Anda pada buah melon atau mentimun. Mahkotanya sendiri, bisa dijadikan bahan campuran sup, salad, atau sayuran.

 

12. Begonia

Ilustrasi: www.thespruce.com

Sebagai gambaran, bunga begonia ini memiliki rasa yang sedikit pahit.

 

13. Gladiola

Ilustrasi: www.phostell.com

Bunga cantik ini kerap dijadikan bahan olesan krim, salad, atau mouse gurih maupun manis. Nah, sebelum menyantapnya, pastikan Anda sudah membuang bagian benang sari dan pangkalnya, ya.

 

14. Pansy

Ilustrasi: www.thespruce.com

Rasanya segar dan manis. Anda bsia mencampurkannya dalam koktail, sup, serta aneka dessert.

 

15. Savory

Ilustrasi: www.miahalf.com

Sebagai gambaran, rasa bunga savory ini pedas menyerupai merica.

 

Previous Article
Inilah 10 Kafe untuk Nongkrong Asyik dengan Suasana Rumahan
Inilah 10 Kafe untuk Nongkrong Asyik dengan Suasana Rumahan

Bukan hanya menyediakan menu yang nikmat, beberapa kafe juga didesain sedemikian rupa, sehingga menyerupai ...

Next Article
Edible Flowers: Warna-warni Bunga Cantik yang Enak Disantap
Edible Flowers: Warna-warni Bunga Cantik yang Enak Disantap

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apakah bunga cantik yang kerap diletakkan sebagai hiasan di piri...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More