Edible Flowers: Warna-warni Bunga Cantik yang Enak Disantap

March 29, 2018 Chatarina Komala

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apakah bunga cantik yang kerap diletakkan sebagai hiasan di piring saji bisa dimakan?

Jawabannya, bisa. Inilah yang dimaksud dengan edible flowers. Ketika memesan makanan di banyak restoran besar, Anda mungkin kerap menemukan penggunaan bunga sebagai garnish untuk mempercantik dan menggugah selera makan. Namun, bukan hanya sekadar hiasan piring saji, bunga ini juga bisa disantap.

Nah, agar aman dikonsumsi, bunga ini ditanam dan dipelihara dengan hati-hati. Selain tidak boleh terkena pestisida, area penanamannya pun harus jauh dari asap kendaraan. Adapun praktik menyantap bunga sendiri sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu, lho. Di banyak negara seperti Tiongkok, Timur Tengah, India, bahkan Indonesia--bunga bahkan sudah digunakan sebagai bahan makanan. Tidak heran, dengan pengolahan yang tepat, bunga juga bisa memberikan cita rasa yang nikmat, lho.

Hanya saja, ada beberapa teknik mengolah bunga sebagai santapan. Ini mencakup proses pengeringan, pembekuan, hingga perendaman dalam minyak. Lantas, selain sebagai hiasan, sebetulnya bunga atau jenis edible flowers bisa dimanfaatkan untuk apa saja, sih?

 

1. Teh

Ilustrasi: www.rd.com

Pemanfaatan bunga sebagai bahan atau bagian dari teh tentu sudah akrab di telinga Anda. Pernah dengar teh melati atau chamomile? Itu adalah dua contoh umumnya. Nah, selain memberikan wangi dan rasa yang menggugah, teh berbahan bunga ini juga bisa memberikan rasa tenang saat tidur, lho.

 

2. Salad

Ilustrasi: www.marthastewart.com

Selain mempercantik tampilan salad, jenis edible flowers juga bisa menambah rasa nikmat, lho. Tidak percaya. Ada banyak restoran yang menyajikan salad dengan tambahan edible flowers, kok.

 

3. Infused Water

Ilustrasi: www.mindbodygreen.com

Selain buah segar, minuman sehat ini juga bisa menggunakan bunga sebagai bahan dasarnya. Adapun fungsinya beragam, mulai dari memberi cita rasa nikmat, menjadikan peminumnya relaks, hingga membantu proses detoksifikasi tubuh. Beberapa bunga yang bisa dijadikan bahan infused water antara lain, rose petals, mary golds, hingga melati.

 

4. Hiasan Dessert

Ilustrasi: www.sheknows.com

Ini merupakan fungsi lazim edible flowers. Hanya saja, tidak banyak orang tahu bahwa selain mempercantik tampilan, bunga-bunga indah ini juga aman dimakan. Adapun beberapa chef juga sering menggunakan edible flowers sebagai hiasan kue tart.

 

5. Tambahan Rasa Es Krim

Ilustrasi: www.theflowerdeli.co.uk

Salah satu jenis edible flowers yang kerap dijadikan tambahan rasa es krim yakni bunga lavender.  Bagaimana soal rasa? Dijamin manis dan cantik, deh.

 

Previous Article
Inilah 15 Jenis Bunga yang Bisa Anda Konsumsi, Pilih yang Mana?
Inilah 15 Jenis Bunga yang Bisa Anda Konsumsi, Pilih yang Mana?

Edible flowers bukan hal baru dalam dunia kuliner. Tidak boleh sembarang, inilah 15 jenis bunga yang bisa A...

Next Article
Mana yang Lebih Baik, Minum Yoghurt Sebelum atau Setelah Makan?
Mana yang Lebih Baik, Minum Yoghurt Sebelum atau Setelah Makan?

Ada banyak pertanyaan seputar konsumsi tepat yoghurt. Susu fermentasi yang identik dengan rasa asam ini ker...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More