Punya Isian Bulat, Mengapa Bungkus Pizza Berbentuk Persegi?

March 24, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.readymadeboxes.in

Faktanya, kemasan pizza pernah dibuat berbentuk bundar. Namun, mengapa kini kita menjumpai kemasan pizza berbentuk persegi?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, jika mayoritas pizza berbentuk lingkaran, mengapa kemasannya justru berbentuk persegi?

Untuk menjawabnya, seorang kepala media di Coventry University--Philip Draycott mengatakan, bentuk persegi kemasan pizza sebetulnya dicetuskan lantaran alasan kepraktisan. Adapun bentuk persegi ini dinilai lebih sederhana, dan tentu saja--murah, ketimbang kemasan dengan bentuk lingkaran.

Lebih lanjut, kemasan berbentuk lingkaran setidaknya memerlukan dua bagian, yakni wadah dan penutupnya. Nah, selain tidak praktis, bentuk ini juga membutuhkan bahan yang lebih banyak. Sebaliknya, kemasan bentuk persegi hanya membutuhkan satu lembar kardus, yang sudah bisa difungsikan sebagai wadah dan penutupnya.

Perihal waktu pengemasan, bentuk bungkus persegi juga lebih cepat dirakit, sebab punya empat bagian yang mudah dilipat. Selain itu, wadah bentuk kotak ini juga mudah disimpan, ditumpuk di lemari penyimpanan, bahkan dibawa.

 

Pernah Berbentuk Lingkaran

Ilustrasi: www.eater.com

Jangan salah, faktanya kemasan pizza juga pernah dibuat berbentuk lingkaran, lho. Pencetusnya, yakni John Harvey, yang membuat kemasan itu pada tahun 2004. Sayangnya, produk yang diberi nama “Presseal” ini justru meredup, lantaran dianggap tidak efektif dan efisien.

Di sisi lain, pada tahun 2010, perusahaan besar Apple juga pernah mematenkan kemasan pizza berbentuk lingkaran. Nah, agar pizza tidak melembek akibat uap panas, kemasan tersebut juga memiliki delapan lubang sebagai ventilasi udara.   

Previous Article
Mana yang Lebih Baik, Minum Yoghurt Sebelum atau Setelah Makan?
Mana yang Lebih Baik, Minum Yoghurt Sebelum atau Setelah Makan?

Ada banyak pertanyaan seputar konsumsi tepat yoghurt. Susu fermentasi yang identik dengan rasa asam ini ker...

Next Article
Ingin Foto Makanan Kece? Yuk, Coba Teknik Fotografi Flat Lay!
Ingin Foto Makanan Kece? Yuk, Coba Teknik Fotografi Flat Lay!

Kian populer di Instagram, teknik ini menjadikan foto makanan Anda tampak berbeda dan estetis.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More