Wajib Berbangga, Ini Dia 9 Jajanan Indonesia yang Mendunia!

March 14, 2018 Chatarina Komala

Memiliki ragam suku, budaya, dan adat istiadat--tidak heran Indonesia kaya akan kulinernya. Bukan hanya disukai masyarakat lokal, melainkan juga mancanegara. Berikut 10 jajanan Indonesia yang mendunia.

Nusantara memiliki banyak sekali ragam kuliner khas. Ini meliputi aneka kue, minuman, hidangan berkuah, jenis sayur, olahan daging, dan masih banyak lagi. Nah, selain populer di Indonesia, rupanya makanan-makanan ini juga digemari di mancanegara. Bahkan, jenis makanan yang biasanya tersedia di pedagang kaki lima pinggir jalan ini begitu dicari ketika tiba di Indonesia. Lantas, jajanan Indonesia apa sajakah yang mendunia?

 

1. Bakso

Ilustrasi: www.arieskitchen.net

Street food yang satu ini hampir bisa Anda temukan di seluruh penjuru kota Indonesia. Biasanya, dijajakan menggunakan gerobak dorong. Adapun mayoritas bakso yang dijajakan menggunakan daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka atau kanji.

Hidangan bakso di Indonesia akan dihidangkan dalam keadaan panas, plus campuran mi, bihun, sayuran, dan taburang seledri dan bawang goreng. Agar semakin nikmat, tidak lupa ditambahkan kecap dan sambal.

 

2. Gorengan

Ilustrasi: www.checkinjakarta.id

Sama seperti bakso, jajanan yang satu ini gampang banget ditemukan di tiap kota Indonesia. Bisa jadi, ini pula jajanan paling populer dan tentu saja murah. Buktinya, cukup mengantongi uang Rp5 ribu, Anda sudah bisa mengganjal perut dengan aneka gorengan seperti tempe, tahu, bakwan, risol, singkong, pisang, h ingga ubi.

 

3. Otak-otak

Ilustrasi: www.carnivalmunchies.com

Kabarnya, tiada yang menandingi wangi dari otak-otak bakar yang dibungkus daun pisang. Bukan hanya masyarakat lokal saja yang tidak sabar mencicipinya, melainkan juga turis asing. Nah, seporsi otak-otak bakar ini paling enak dimakan dengan sambal kacang dan saus.

 

4. Pempek

Ilustrasi: www.rasamasa.com

Belum sah ke Palembang kalau tidak membawa pempek. Saking populernya jajanan ini, di Belanda--seorang Indonesia, Rudianto--bahkan membuka warung pempek yang diberi nama “Pempek Megaria”. Penikmatnya pun beragam, mulai dari warga Belanda hingga turis Yunani, Belgia, hingga Australia.

 

5. Kerupuk

Ilustrasi: www.infopeluangusaharumahan.com

Bagi sebagian besar orang Indonesia, makan belumlah lengkap tanpa didampingi kerupuk. Apa pun makanannya, kerupuk wajib ada untuk menambah nikmat. Apalagi, Indonesia punya beragam jenis kerupuk dan olahannya. Ini meliputi kerupuk getes (Madura), kerupuk singkong, kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk opak, kerupuk pasir, kerupuk emping, kerupuk ceker, sampai nama unik: “kerupuk melarat”.  

 

6. Sate

Ilustrasi: www.pegipegi.com

Selain di Indonesia, sate bahkan sudah sangat populer di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, bahkan New York, Amerika. Potongan kecil daging ayam, sapi, atau kambing ini akan ditusuk menggunakan tusuk bambu, dibakar, lalu disajikan dengan beragam bumbu sambal dan kecap. Agar semakin nikmat, tidak lupa ditambahkan irisan cabai, bawang, dan tentu saja: seporsi nasi atau lontong.

 

7. Tempe

Ilustrasi: www.kokirumah.com

Meski dianggap sepele, siapa sangka tempe begitu digemari di luar negeri? Bahkan, di Kota London--ada satu street food bernama “Warung Tempeh” yang hampir dipastikan selalu ramai.

 

8. Lapis Legit

Ilustrasi: www.raisa2l.com 

Kabarnya, lapis legit masuk dalam kategori “kue paling enak di dunia”. Memang, jajanan yang satu ini tidak murni berasal dari Indonesia; melainkan hasil akulturasi dengan Belanda dan Tiongkok.

 

9. Bika Ambon

Ilustrasi: www.sajiansedap.grid.id

Kendati bernama “Ambon”, makanan yang satu ini justru berasal dari Medan. Dinamakan demikian, sebab kue ini pertama kali diproduksi dan dijual di simpang Jalan Ambon-Sei Kera, Medan. Adapun rasa manis serta tekstur yang lembut dan kenyal ini bukan hanya disukai oleh masyarakat lokal, melainkan juga turis asing.

Previous Article
Makan Banyak Tanpa Takut Gemuk, Mengapa Tidak?
Makan Banyak Tanpa Takut Gemuk, Mengapa Tidak?

Siapa bilang ingin langsing harus mengurangi porsi makan? Faktanya, Anda bisa, kok, makan besar tanpa harus...

Next Article
5 Restoran Pizza di Jakarta dengan Topping Paling Unik!
5 Restoran Pizza di Jakarta dengan Topping Paling Unik!

Pizza bertopping daging, sudah biasa. Sudah pernah mencicipi restoran pizza di Jakarta dengan topping unik ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More