Perut Kenyang dan Sehat dengan Semangkuk Poke Bowl

March 12, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.taste.com.au

Mulanya dihidangkan sebagai appetizer, siapa sangka poke bowl ini juga nikmat disantap sebagai hidangan utama?

Tampilan yang menggugah, rasa lezat, dan mengenyangkan--menjadikan poke bowl hidangan favorit para penggemar healthy lifestyle. Biasanya, semangkuk poke bowl ini kerap disantap setelah berolahraga, lantaran dianggap “aman mengenyangkan”, tanpa harus khawatir banyak mengonsumsi karbohidrat dan minyak.

Tren poke bowl sebenarnya sudah ada ada sejak lama. Di negara asalnya, Hawaii--poke bowl lebih seperti “makanan pembuka” yang terdiri atas potongan dadu ikan mentah (salmon dan tuna), sayuran, serta nasi yang ditata dalam sebuah mangkuk.

Nah, kata poke (poh-kay) sendiri berarti “mengiris” atau “dipotong”, yang sebetulnya mengacu pada semua jenis potongan ikan segar. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang hanya menggunakan tuna atau salmon. Apalagi, Chung Chow--seorang executive chef dan co-owner dari Restoran Noreetuh di New York mengatakan, definisi poke kini mengacu pada potongan dadu ikan, sayur, dan daging.

 

“The Next Generation of Sushi”

Ilustrasi: www.chicago.eater.com

Dahulu, banyak orang menikmati poke bowl sebagai hidangan pembuka dan pembangkit selera. Lantaran komposisi dan kandungannya yang dianggap mampu mengenyangkan, tidak sedikit orang yang lantas menyantap poke bowl sebagai hidangan utama.

Adapun mulanya poke bowl hadir dengan sederhana. Biasanya, cukup menggunakan salmon atau tuna sashimi yang dipotong dadu, rumput laut yang diiris tipis, lalu dicampur dengan bubuk kemiri dan taburan garam.

 

Ilustrasi: www.plated.com

Barulah, di tengah meningkatnya peminat poke bowl, banyak orang melakukan modifikasi--seperti dengan menambahkan nasi, kacang-kacangan, hingga kecap asin khas Jepang atau menambahkan topping lain, misalnya furikake dan jalapenos. Bahkan, poke bowl ini juga disebut-sebut sebagai “deconstructed sushi” atau “the next generation of sushi”, lho.

 

Previous Article
Menyantap Poke Bowl Nikmat di 7 Restoran Jakarta Berikut!
Menyantap Poke Bowl Nikmat di 7 Restoran Jakarta Berikut!

Poke bowl tidak hanya bisa Anda nikmati di negara asalnya. Pasalnya, ada banyak restoran di Jakarta yang me...

Next Article
Makanan Jadi Lezat dan Lebih Sehat dengan 7 Penyedap Rasa Alami
Makanan Jadi Lezat dan Lebih Sehat dengan 7 Penyedap Rasa Alami

Kendati aman-aman saja dikonsumsi, terlalu banyak mengonsumsi MSG tentu tidaklah baik bagi kesehatan. Sebag...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More