Makanan Jadi Lezat dan Lebih Sehat dengan 7 Penyedap Rasa Alami

March 8, 2018 Chatarina Komala

Kendati aman-aman saja dikonsumsi, terlalu banyak mengonsumsi MSG tentu tidaklah baik bagi kesehatan. Sebagai gantinya, yuk coba 8 bahan ini!

Monosodium glutamate (MSG) memang boleh dikonsumsi. Hanya saja, jumlahnya tidak boleh berlebihan. Adapun konsumsi melebihi takaran diketahui berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang doyan menyantap MSG/vetsin dengan jumlah yang berlebihan.

Nah, daripada menanggung dampak negatifnya, ada baiknya Anda mengganti pemakaian MSG dengan tujuh bahan alami berikut. Apa saja?

 

1. Gula dan Garam

Ilustrasi: www.foodbev.com

Inilah pengganti MSG yang lazim digunakan pada setiap masakan. Anda bisa membubuhkan sedikit gula sebagai penyeimbang garam dan masakan; terlebih untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih.

 

2. Terasi

Ilustrasi: www.id.wikipedia.org

Kata siapa terasi hanya bisa digunakan sebagai campuran sambal? Toh, untuk rasa yang lebih sedap--Anda bisa menambahkannya dalam sayuran (tumis kangkung) atau masakan lain (nasi goreng).

 

3. Ebi, Teri, atau Udang

Ilustrasi: www.news.kkp.go.id

Beberapa bahan makanan laut umumnya sudah punya “penyedap rasa alami” di dalam tubuhnya. Inilah yang mengakibatkan ebi, teri, atau justru udang terasa gurih dan lebih nikmat, sekalipun dimasak tanpa bumbu. Nah, untuk membuat penyedap alami, Anda bisa mengeringkan ketiga bahan menggunakan oven terlebih dulu. Setelahnya, hancurkan hingga berbentuk bubuk dengan food processor. Simpan dalam wadah kering dan tertutup sebelum digunakan.

 

4. Bawang

Ilustrasi: www.id.wikipedia.org

Hampir seluruh masakan Indonesia menggunakan campuran bawang merah dan putih, serta bawang bombai. Caranya pun mudah, cukup dimemarkan, iris tipis, atau ditumbuk hingga halus, lalu ditumis dengan sedikit minyak sebelum dicampur dengan bahan lain.

Adapun cara lain, Anda bisa membuat bubuk bawang merah atau putih dengan bantuan grinder (penghalus). Simpan bumbu yang sudah berbentuk bubuk tadi di dalam wadah kering dan tertutup rapat.

 

5. Kaldu Daging

Ilustrasi: www.hellosehat.com

Anda bisa merebus daging atau tulang ayam (maupun sapi) dengan api kecil selama satu hingga tiga jam. Simpan kuah kaldu tadi dalam plastik kemasan kecil, lalu simpan di dalam pendingin. Gunakan kaldu tadi sebagai campuran sup atau jenis masakan lain.

 

6. Keju

Ilustrasi: www.splendidtable.org

Parut keju hingga berbentuk halus, lalu masukkan ke dalam masakan tanpa menambahkan garam. Rasa asin pada keju dapat Anda jadikan pengganti MSG sekaligus penambah nutrisi tubuh.

 

7. Sosis Sapi

Ilustrasi: www.almadina1.com

Biasanya, setiap sosis sapi sudah mengandung garam, gula, dan sedikit MSG. Nah, agar masakan lebih lezat, Anda bisa menambahkan beberapa potong sosis sapi di dalamnya. Namun, pastikan sosis yang digunakan tidak mengandung MSG dalam jumlah besar, ya.

Previous Article
Perut Kenyang dan Sehat dengan Semangkuk Poke Bowl
Perut Kenyang dan Sehat dengan Semangkuk Poke Bowl

Mulanya dihidangkan sebagai appetizer, siapa sangka poke bowl ini juga nikmat disantap sebagai hidangan utama?

Next Article
Bukan Hanya Mengurangi Lemak, Diet Sehat Juga Mampu Mencegah Depresi!
Bukan Hanya Mengurangi Lemak, Diet Sehat Juga Mampu Mencegah Depresi!

Banyak orang berdiet untuk mengurangi bobot tubuh. Namun, tahukah Anda--diet juga mampu mencegah depresi?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More