Bukan Hanya Mengurangi Lemak, Diet Sehat Juga Mampu Mencegah Depresi!

March 7, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Banyak orang berdiet untuk mengurangi bobot tubuh. Namun, tahukah Anda--diet juga mampu mencegah depresi?

Memiliki tubuh langsing, kerap jadi motivasi seseorang melakukan diet ketat. Tidak salah, sebab cara ini terbukti cukup efektif jika dilakukan dengan metode yang tepat. Namun, selain susutnya lemak pada tubuh, diet yang baik juga punya nilai plus lain: memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Untuk membuktikannya, sekelompok peneliti mengambil sampel seribu peserta dengan kisaran usia 80 tahun. Selama 6,5 tahun, peneliti memantau pola diet yang dilakukan, serta hubungannya dengan gejala depresi umum, seperti perasaan “kehilangan harapan” atau terganggu atas hal-hal tertentu.

Adapun peneliti menemukan beberapa pola diet yang dilakukan, seperti diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), diet Mediterania, serta traditional western diet--lalu mengelompokkan peserta berdasarkan pola tersebut.  Hasilnya, peserta yang menghindari konsumsi daging merah, lemak jenuh, gula, serta memilih untuk mengonsumsi sayur, buah, dan biji-bijian punya risiko lebih kecil (11%) mengalami depresi. Sebaliknya, mereka yang lebih memilih untuk mengonsumsi daging merah atau mengandung lemak jenuh berkadar tinggi, justru punya risiko besar mengalami depresi.

 

Diet DASH, Solusi Tepat untuk Orang Dewasa

Ilustrasi: www.ukhealthcare.uky.edu

Umumnya, depresi terjadi pada orang dewasa yang berusia lanjut; bahkan sering kali pada orang dengan masalah memori. Kondisi lain, depresi juga kerap ditemukan pada mereka yang memiliki risiko vaskular (tekanan darah atau kolesterol tinggi) atau yang pernah menderita stroke.

Berkaitan dengan hubungan antara pola diet dan kesehatan mental, diet DASH sendiri terbukti cukup ampuh mengurangi risiko depresi seseorang. Diet yang didesain untuk meningkatkan kesehatan orang dengan tekanan darah tinggi ini bahkan dinobatkan sebagai pola diet terbaik. Tentu saja, hasil ini belum final--mengingat masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Previous Article
Makanan Jadi Lezat dan Lebih Sehat dengan 7 Penyedap Rasa Alami
Makanan Jadi Lezat dan Lebih Sehat dengan 7 Penyedap Rasa Alami

Kendati aman-aman saja dikonsumsi, terlalu banyak mengonsumsi MSG tentu tidaklah baik bagi kesehatan. Sebag...

Next Article
Belum Kenyang Kalau Tidak Makan Nasi? Ini Alasannya!
Belum Kenyang Kalau Tidak Makan Nasi? Ini Alasannya!

Sudah makan banyak, tapi merasa belum kenyang? Anda mungkin berpikir, penyebabnya bisa jadi karena belum ma...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More