Belum Kenyang Kalau Tidak Makan Nasi? Ini Alasannya!

March 5, 2018 Chatarina Komala

Sudah makan banyak, tapi merasa belum kenyang? Anda mungkin berpikir, penyebabnya bisa jadi karena belum makan nasi.

Sudah jadi kebiasaan orang Indonesia makan nasi. Bahkan, sebanyak apa pun porsinya, tidak terasa sudah makan, kalau belum menyantap nasi. Itu sebabnya, tidak jarang banyak orang lantas mencari nasi untuk mengenyangkan diri, sekalipun hanya sedikit.

Pertanyaannya, apakah rasa lapar tersebut benar-benar ada atau hanya pengaruh sugesti dari otak? Berikut adalah beberapa alasannya.

 

1. Ketergantungan Nasi

Ilustrasi: www.pratapefoods.com

Banyak ahli mengungkap, tidak merasa kenyang jika belum makan nasi sebetulnya menandakan, Anda sudah ketergantungan pada nasi. Setidaknya, penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Boston Children’s Hospital di Amerika Serikat (2013) menunjukkan, makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi memang bisa mengakibatkan kecanduan. Begitu pula dengan jenis makanan lain seperti kentang atau roti putih.

Mengingat kebiasaan Anda makan nasi sejak kecil, bisa jadi gejala “ketergantungan” nasi ini membuat Anda tidak lekas kenyang meskipun sudah makan banyak.

 

2. Kandungan Gula pada Nasi

Ilustrasi: www.splendidtable.org

Nasi mengandung karbohidrat yang di sisi lain: kaya akan gula. Pada saat yang sama, karbohidrat dalam nasi juga mampu merangsang tubuh untuk melepaskan hormon serotonin. Dampak positif, konsumsi nasi secara tidak langsung akan membuat suasana hati membaik sekaligus mencegah rasa sedih dan depresi. Alasan ini pula yang membuat Anda merasa “ketagihan” untuk mengonsumsi nasi. 

Namun, harus diingat, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga bisa meningkatkan risiko terkena obesitas atau diabetes.   

 

3. Berasal dari Otak

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Penyebab paling utama Anda tidak merasa kenyang, yakni “permintaan” dalam otak utnuk terus makan nasi. Telah disebutkan sebelumnya, nasi putih merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan indeks glikemik. Jika terus dikonsumsi dalam waktu lama, makanan inilah yang akan memicu respons ketagihan di dalam otak. “Permintaan” ini tentu akan semakin tinggi, jika Anda sudah terbiasa makan nasi.

 

Previous Article
Bukan Hanya Mengurangi Lemak, Diet Sehat Juga Mampu Mencegah Depresi!
Bukan Hanya Mengurangi Lemak, Diet Sehat Juga Mampu Mencegah Depresi!

Banyak orang berdiet untuk mengurangi bobot tubuh. Namun, tahukah Anda--diet juga mampu mencegah depresi?

Next Article
Ini Dia 6 Aturan Makan di Restoran Fine Dining yang Harus Anda Ketahui
Ini Dia 6 Aturan Makan di Restoran Fine Dining yang Harus Anda Ketahui

Ada sejumlah aturan yang perlu Anda patuhi jika ingin “diperbolehkan” masuk ke restoran fine dining.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More