Ini Dia 6 Aturan Makan di Restoran Fine Dining yang Harus Anda Ketahui

March 4, 2018 Chatarina Komala

Ada sejumlah aturan yang perlu Anda patuhi jika ingin “diperbolehkan” masuk ke restoran fine dining.

Tidak semua restoran bisa sembarang Anda masuki. Kendati tidak semua tertulis, ada beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar demi kenyamanan. Beberapa di antaranya, seperti menggunakan pakaian formal, sistem pembayaran di awal, atau sejumlah aturan makan. Meskipun tidak dapat dipastikan semua restoran fine dining menetapkan aturan yang sama, tentu akan lebih baik jika Anda mengantisipasinya di awal. Lantas, apakah aturan yang perlu Anda patuhi ketika ingin makan di sana?

 

1. Pakaian Rapi dan Formal

Ilustrasi: www.honeybuy.com

Umumnya, restoran fine dining mengharuskan Anda berpakaian rapi ketika makan di sana. Tidak harus menggunakan setelan jas atau terusan mewah. Namun, minimal Anda sudah menggunakan baju yang formal dan rapi. Hal yang sama berlaku untuk alas kaki. Sebaiknya, selalu gunakan sepatu dan hindari sandal saat ingin makan di sana.

 

2. Pembayaran di Awal

Ilustrasi: www.varinsights.com

Beberapa restoran fine dining menetapkan sistem pembayaran di awal. Tujuannya, untuk menghindari pihak tamu yang membayar makanan. Anda bisa menitipkan kartu kredit atau justru membayar langsung di awal reservasi.

 

3. Meja Harus Bersih

Ilustrasi: www.manofmany.com

Di restoran fine dining, meja Anda harus selalu bersih. Ini artinya, benda atau barang apa pun seperti dompet, smartphone, tas, atau kunci--dilarang terserak di meja.

 

4. Tidak Berteriak Ketika Memanggil Pramusaji

Ilustrasi: www.thegreatgastro.com

Saat ingin memesan, Anda dilarang berteriak untuk memanggil pramusaji. Sebagai gantinya, Anda bisa mengangkat tangan dan sedikit jari telunjuk untuk menarik perhatian pramusaji.

 

5. Etika Makan yang Benar

Ilustrasi: www.talkshop.ph

Pastikan Anda mengerti etika makan yang baik dan benar saat ada di restoran fine dining. Ini mulai dari prosesi meletakkan kain di pangkuan, hingga meletakkan peralatan makan.

Beberapa aturan umum yang berlaku, seperti tidak meletakkan peralatan di sebelah piring (sebagai gantinya, Anda bisa menaruh pisau dan sendok bersamaan dengan posisi jarum jam 10:20 di atas piring), meletakkan kain di kursi jika ingin pergi ke kamar mandi, serta meletakkan kain di sisi kiri piring jika sudah selesai makan.

 

6. Dahulukan Tamu Undangan

Ilustrasi: www.seriouseats.com

Hal ini berlaku jika Anda makan bersama tamu undangan. Selalu dahulukan tamu undangan Anda, seperti membiarkan mereka memesan terlebih dulu, tidak mencicipi makanan yang dipesan orang lain, hingga memesan jumlah makanan yang sama dengan teman/tamu makan malam.

Previous Article
Belum Kenyang Kalau Tidak Makan Nasi? Ini Alasannya!
Belum Kenyang Kalau Tidak Makan Nasi? Ini Alasannya!

Sudah makan banyak, tapi merasa belum kenyang? Anda mungkin berpikir, penyebabnya bisa jadi karena belum ma...

Next Article
Rahasia “Menu Panjang Umur” dari Ratu Elizabeth II, Mau Coba?
Rahasia “Menu Panjang Umur” dari Ratu Elizabeth II, Mau Coba?

Tepat di tahun ini, Ratu Elizabeth II akan berusia 92 tahun. Tentu Anda bertanya-tanya, apa yang membuatnya...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More