Ketahui 5 Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Kesehatan

February 27, 2018 Chatarina Komala

Kabarnya, peminum setia kopi hitam memiliki risiko kematian 16 persen lebih rendah ketimbang yang tidak. Lantas, apa saja manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan?

Ada sebagian orang yang menganggap: tiada pagi tanpa minum kopi. Ritual ini tidak boleh terlewat, kendati ada beragam cara menikmatinya, seperti mencampur dengan gula, latte, cream, atau justru polos.

Sebagai salah satu minuman populer, tidak sedikit orang yang menganggap minum kopi berbahaya bagi tubuh. Apalagi, kopi sering kali digunakan ketika seseorang butuh terjaga selama beberapa jam. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute justru menyatakan sebaliknya.

Kopi, disebut-sebut sebagai minuman yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, kabarnya, peminum setia kopi hitam memiliki risiko kematian 16 persen lebih rendah ketimbang yang tidak. Hanya saja, ini berlaku pada kopi hitam (pahit) tanpa campuran. Lantas, apa saja manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan?

 

1. Meningkatkan Memori

Ilustrasi: www.thejakartapost.com

Sebuah studi yang digagas Radiological Society of North America mengatakan, mengonsumsi dua cangkir kopi pahit dianggap mampu meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi seseorang. Ini sebabnya, kopi mampu meningkatkan konsentrasi, mencegah alzheimer, serta demensia.

 

2. Mencegah Risiko Depresi

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Aroma kopi diyakini mampu memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Inilah yang pada akhirnya membantu mengurangi stres maupun depresi. Sebuah penelitian mengatakan, perempuan yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari, punya risiko terkena depresi 15 persen lebih kecil, pun juga risiko kematian dini akibat bunuh diri. Sementara itu, Archives of Internal Medicine mengatakan, mereka yang minum empat cangkir kopi per hari, punya risiko 20 persen lebih rendah terserang depresi.

 

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ilustrasi:www.tentremhipnoterapi.com

Mengonsumsi secangkir kopi bisa membantu Anda menjaga, bahkan menurunkan berat badan. Hal itu bisa terjadi, karena rupanya—pada kebanyakan orang normal, kafein yang ada di dalam kopi mampu merangsang metabolisme tubuh. Sementara itu, pada orang yang mengalami obesitas, kafein bertindak sebagai si pengirim efek stimulan pada saraf pusat, sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dengan lebih signifikan.

 

4. Mengurangi Risiko Penyakit Berbahaya

Ilustrasi: www.kista.autoimuncare.com

Bukan hanya membantu menaikkan mood, mengonsumsi kopi, setidaknya sebanyak dua hingga tiga cangkir kopi sehari ternyata mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit berbahaya. Ada beragam penelitian yang menemukan, konsumsi kopi ternyata berpengaruh besar pada berkurangnya potensi serangan penyakit berbahaya seperti batu empedu, diabetes tipe II, kanker payudara, kanker kulit, hingga kanker prostat.

 

Adapun salah satu penyebabnya diungkapkan oleh Edward Giovannucci, dalam penelitiannya yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention. Lebih lanjut ia menuliskan, kopi rupanya memiliki lebih banyak antioksidan ketimbang sayur atau buah-buahan.

 

5. Mendongkrak Produktivitas

Ilustrasi: www,tallypress.com

Selain mampu membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, kopi juga mampu meningkatkan produktivitas. Setidaknya, hal ini dikatakan oleh seorang ahli kopi, Ory Hofmekler. Ia mengatakan, mengonsumsi kopi dengan cara yang benar bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Pun dengan minum kopi secara rutin—yang dianggapnya mampu membuat otot menjadi lebih kuat. 

Previous Article
Rahasia “Menu Panjang Umur” dari Ratu Elizabeth II, Mau Coba?
Rahasia “Menu Panjang Umur” dari Ratu Elizabeth II, Mau Coba?

Tepat di tahun ini, Ratu Elizabeth II akan berusia 92 tahun. Tentu Anda bertanya-tanya, apa yang membuatnya...

Next Article
Lima Makanan Ini Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah
Lima Makanan Ini Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Kendati tidak ada obat, bukan berarti Anda tidak bisa lepas dari risiko diabetes. Yuk, konsumsi lima makana...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More