Lima Makanan Ini Membantu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

February 27, 2018 Chatarina Komala

Kendati tidak ada obat, bukan berarti Anda tidak bisa lepas dari risiko diabetes. Yuk, konsumsi lima makanan ini untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Didiagnosis diabetes tentu bukan satu hal yang mudah. Namun, bukan berarti tidak ada solusinya. Adapun kunci utama untuk hidup berdampingan dengan diabetes adalah tetap menjaga pola dan jenis makanan yang disantap. Tujuannya, untuk mengontrol gula darah agar tetap dalam kondisi normal.

Nah, baik sudah didiagnosis diabetes atau belum, penting bagi Anda untuk tetap mengontrol jenis makanan yang akan disantap dengan ketat. Misalnya, lewat porsi 15 gram karbohidrat setiap harinya. Adapun selain anjuran tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan konsumsi 5 makanan berikut.

 

1. Oatmeal

Ilustrasi: www.budgetbytes.com

Mulai sekarang, cobalah ganti konsumsi nasi dengan oatmeal. Terbuat dari gandum utuh, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, serta serat larut yang tinggi. Tidak hanya itu, oatmeal juga kaya akan magnesium yang membantu produksi glukosa serta menyekresi insulin dengan baik. Namun, seluruh manfaat ini hanya bisa didapatkan dengan maksimal ketika Anda tidak menambahkan gula atau susu.

 

2. Bayam

Ilustrasi: www.sobeys.com

Bayam, diketahui mampu menetralkan kandungan gula darah dalam tubuh. Adapun sebuah penelitian dari Inggris mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi bayam (atau sayuran hijau lain), memiliki risiko rendah terkena diabetes ketimbang yang tidak.

 

3. Minyak Zaitun

Ilustrasi: www.healthfacts.ng

Alih-alih menggunakan minyak goreng atau mentega, Anda bisa mulai menggantinya dengan minyak zaitun. Tujuannya, untuk menurunkan kadar lipoprotein yang mengandung lemak jahat dan menyebabkan obesitas. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang melindungi sel tubuh dari risiko radikal bebas.

 

4. Yoghurt Rendah Lemak

Ilustrasi: www.cooking.nytimes.com

Jenis mikroba yang terkandung dalam yoghurt bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang sering kali dialami penderita diabetes. Anda bisa mengonsumsinya sebagai pengganti camilan yang sehat, tetapi tetap nikmat.

 

5. Buah Beri

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Seluruh buah beri--terutama blueberry--disebut-sebut sebagai “Diabetes Superfood” yang baik bagi penderita diabetes. Penyebabnya beragam, seperti kandungan serat yang mampu mengecilkan sel lemak serta mengontrol kadar gula dalam darah.

Previous Article
Ketahui 5 Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Kesehatan
Ketahui 5 Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Kesehatan

Kabarnya, peminum setia kopi hitam memiliki risiko kematian 16 persen lebih rendah ketimbang yang tidak. La...

Next Article
Rupanya, Selama Ini Anda Salah Memasak Brokoli!
Rupanya, Selama Ini Anda Salah Memasak Brokoli!

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, bagaimana cara memasak brokoli yang paling tepat?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More