Apa Tanda Makanan Kedaluarsa Tidak Aman Disantap?

February 23, 2018 Chatarina Komala

Rasanya, tidak ada orang yang mau mengonsumsi makanan kedaluarsa. Namun, bagaimana jika Anda sudah telanjur menyantapnya?

Setiap makanan kemasan, idealnya dilengkapi oleh detail tanggal kedaluarsa. Tujuannya, untuk memberi tahu konsumen batas kualitas dan kesegaran suatu produk makanan atau minuman. Biasanya, produk akan tidak lagi layak dikonsumsi setelah tanggal tersebut.

Hanya saja, mengonsumsi makanan sebelum tanggal kedaluarsa sebetulnya bukan aturan mutlak yang harus diikuti. Satu sisi, penting bagi Anda untuk senantiasa awas pada tanggal penggunaannya. Namun, di sisi lain--Anda tidak perlu, kok, membuang makanan tersebut hanya karena tanggal kedaluarsanya sudah lewat.

Faktanya, ada beberapa makanan yang masih layak dikonsumsi setelah tanggal kedaluarsa. Namun, aman atau tidaknya--tentu tetap bergantung pada lama makanan melewati tanggal kedaluarsa. Lantas, apakah tanda produk kemasan sudah tidak layak dikonsumsi?

 

1. Kerusakan Kemasan

Ilustrasi: www.medclient.com

Sebetulnya, ada beberapa jenis produk yang bisa dimakan sekalipun sudah lewat masa kedaluarsa. Contoh terbanyak, biasa ada pada makanan dengan kemasan kaleng. Namun, Anda tetap wajib membuangnya, jika menemukan sejumlah tanda kerusakan di luar kaleng atau saat membukanya.

Segera buang jika kemasan produk makanan atau minuman telah rusak. Sejumlah tandanya biasanya berupa tonjolan di atas atau bawah kaleng, segel yang bocor (bisa juga diakibatkan oleh hewan pengerat), penyok, hingga adanya karat. Nah, untuk meminimalkan kerusakan, Anda bisa menyimpan makanan kaleng ini di tempat sejuk dan terhindar dari paparan langsung sinar Matahari.

 

2. Berbusa

Ilustrasi: www.marunaromaterapi.com

Saat dibuka, busa yang terdapat di bagian atas produk (terutama kaleng) bisa saja menjadi tanda kehadiran bakteri clostridium botulinum. Jika nekat disantap, besar kemungkinan terkena botulisme--keracunan makanan--akibat paparan mikroorganisme dengan spora yang tahan pada suhu tinggi.

 

3. Rasa yang Asam atau Apak

Ilustrasi: www.dentfirst.com

Anda bisa membedakan makanan yang aman dikonsumsi atau tidak dari rasanya. Beberapa makanan seperti sereal, pasta, atau kue kering, sesungguhnya masih bisa dikonsumsi walaupun lewat tanggal kedaluarsa. Hanya saja, rasanya akan sedikit asam atau apak. Nah, jika rasa asam sudah terlalu banyak, bahkan tidak enak--ini saatnya membuang makanan Anda.

 

4. Berjamur

Ilustrasi: www.cfs.gov.hk

Jamur menjadi satu tanda pasti makanan Anda sudah tidak layak dikonsumsi. Jangan tunggu waktu lama, segera buang makanan berjamur Anda.

Previous Article
Rupanya, Selama Ini Anda Salah Memasak Brokoli!
Rupanya, Selama Ini Anda Salah Memasak Brokoli!

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, bagaimana cara memasak brokoli yang paling tepat?

Next Article
Sudah Pernah Coba 7 Olahan Es Krim Berikut?
Sudah Pernah Coba 7 Olahan Es Krim Berikut?

Jangan mengaku pecinta es krim kalau belum coba tujuh olahan nikmat berikut!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More