Sudah Pernah Coba 7 Olahan Es Krim Berikut?

February 23, 2018 Chatarina Komala

Siapa, sih, yang akan menolak kenikmatan es krim di hari yang terik?

Bukan cuma anak-anak. Faktanya, es krim disukai oleh seluruh kalangan. Teksturnya yang lembut, rasa manis, dan dingin kerap dijadikan teman melewati hari yang panjang dan terik. Tidak jarang pula, banyak orang menyantap es krim untuk menaikkan suasana hati yang kalut atau justru buruk.

Kini, es krim tidak lagi jadi barang mewah yang hanya bisa disantap oleh segelintir orang. Ditambah lagi, teknik dan alat pembuatannya pun sudah berkembang dan semakin canggih. Nah, jika Anda salah satu penggemar es krim, berikut adalah tujuh olahannya yang harus segera Anda cicipi!

 

1. Dondurma

Ilustrasi: www.sbs.com.au

Kedai es krim asal Turki ini bisa, kok, Anda temukan di banyak pusat perbelanjaan terdekat. Selain rasanya yang dijamin lezat, Anda juga bisa, lho, terhibur dengan atraksi si penjual ketika menyajikan es krim. Nah, soal rasa, lantaran mengandung adonan tepung dan ekstrak bunga anggrek, dondurma ini bertekstur lengket dan tidak mudah mencair.

 

2. Es Krim Goreng

Ilustrasi: www.dapurkobe.co.id

Bagaimana rasanya es krim  dingin digoreng dalam minyak panas?

Jika penasaran, yuk segera cicipi olahan es krim yang satu ini. Biasanya, satu tangkup roti berisi es krim akan dibungkus dengan adonan tepung sebelum digoreng. Rasanya, hampir mirip es krim Singapura, tetapi dengan tekstur roti yang lebih renyah.

 

3. Es Puter

Ilustrasi: www.ksmtour.com

Inilah menu yang biasa Anda jumpai di beragam pesta. Sesuai namanya, bahan dasar yang sudah diberi rasa akan didinginkan dalam tabung dengan cara diputer. Rasanya, gurih, manis, dan tentu saja segar!

 

4. Ice Cream Sandwich

Ilustrasi: www.sallysbakingaddiction.com

Inilah satu camilan wajib yang harus Anda coba saat berkunjung ke Singapura. Satu balok es krim akan dipotong menjadi beberapa potongan panjang, lalu dimasukkan ke dalam selembar roti tawar. Oh ya, beberapa merek es krim ini juga sudah tersedia di banyak mal Indonesia, lho. Jadi, tidak usah jauh-jauh pergi ke Singapura.

 

5. Gelato

Ilustrasi: www.hunterhunter.com.au

Berbahan dasar susu utuh, es krim asal Italia ini bisa jadi satu ide camilan untuk diet yang rendah lemak. Teksturnya sendiri halus, tidak mudah mencair, tetapi lebih padat. Nah, Anda bisa menjumpai beragam kedai gelato di restoran/mal Indonesia.

 

6. Sorbet dan Sherbet

Ilustrasi: www.vemale.com

Sama-sama menggunakan buah sebagai bahan dasarnya, sorbet dan sherbet sebetulnya adalah dua jenis es krim yang berbeda. Adapun perbedaan terletak dari campuran susu yang digunakan. Itu sebabnya, sorbet (tidak pakai susu) bertekstur lebih kasar, sementara sherbet (pakai susu) terasa lebih creamy dan lembut.

 

7. Kulfi

Ilustrasi: www.thelastcookie.ca

Dalam beberapa jamuan makan di India, sering disediakan kulfi--olahan es krim--sebagai hidangan penutup. Biasanya, kulfi dibuat dari campuran susu, gula, dan bahan racikan khusus. Teksturnya sendiri sangat padat dan tidak mencari sekalipun diletakkan dalam suhu panas.

Previous Article
Apa Tanda Makanan Kedaluarsa Tidak Aman Disantap?
Apa Tanda Makanan Kedaluarsa Tidak Aman Disantap?

Rasanya, tidak ada orang yang mau mengonsumsi makanan kedaluarsa. Namun, bagaimana jika Anda sudah telanjur...

Next Article
7 Restoran Ini Menyediakan Makanan dengan Porsi Jumbo, Siapa Berminat?
7 Restoran Ini Menyediakan Makanan dengan Porsi Jumbo, Siapa Berminat?

Menjelang akhir bulan, godaan “makan besar” memang sulit ditolak. Nah, datang ke 7 restoran ini bisa jadi s...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More