Yuk, Cari Tahu Apa Bedanya Sushi dan Sashimi!

February 20, 2018 Chatarina Komala

Tidak sedikit orang yang bingung dalam membedakan sushi dan sashimi. Berikut penjelasannya.

Di banyak restoran Jepang, Anda mungkin akan menemukan dua menu serupa tapi tidak sama: sushi dan sashimi. Dikatakan demikian, sebab keduanya sama-sama menggunakan ikan dan bahan mentah. Nah, bagi Anda yang masih bingung membedakan sushi dan sashimi, berikut beberapa penjelasannya.

 

1. Bahan Nasi

Ilustrasi: www.theonlinebeacon.com

Dari segi penyajian, sushi dan sashimi memang berbeda. Secara umum, sushi  merupakan potongan ikan (atau bahan lain) yang disantap dengan nasi, sementara sashimi hanya berupa potongan ikan (dan bahan lain). Kendati sama-sama menggunakan bahan ikan yang segar, salah satu tolok ukur sushi yang enak terletak pada bahan nasi yang digunakan.

Adapun nasi sushi terbuat dari beras khusus Jepang. Ini yang mengakibatkan, setelah matang--teksturnya pun lebih pulen ketimbang nasi lain. Adapun nasi yang sudah jadi tidak disantap begitu saja, melainkan dicampur dengan cuka beras Jepang, garam, dan gula. Bahkan, di negara asalnya, nasi sushi ini bisa menggunakan dua hingga tiga jenis beras. Selain itu, para chef juga akan bereksperimen mencampur beberapa jenis beras dan merek cuka untuk menemukan kombinasi yang pas untuk sushi.

 

2. Berbagai Jenis

Ilustrasi: www.minatosushibar.com 

Ada beragam jenis sushi yang bisa Anda temukan di banyak kedai khas Jepang. Bahkan, jumlahnya ada ratusan. Biasanya, perbedaannya bergantung pada teknik meletakkan atau justru bahan yang digunakan. Nah, untuk jenis sushi paling populer--nasi plus isian yang digulung bersama nori--disebut dengan maki. Sementara itu, bentuk nasi yang dikepal, diberi wasabi, lalu diberi potongan ikan mentah, disebut dengan nigiri.

 

3. Tidak Hanya Menggunakan Bahan Mentah

Ilustrasi: www.llovelybogor.com

Pada sushi, bahan yang digunakan tidak semata-mata ikan mentah. Ada pula bahan lain seperti kerang dan udang, atau justru bahan masak, seperti halnya crab stick. Adapun pilihan ini amat berguna bagi Anda yang tidak begitu doyan menyantap daging mentah. Oh ya, seluruh bahan sushi tadi juga bisa dikombinasikan dengan sayuran (timun, wortel, dsb) atau buah (alpukat).

 

4. Sashimi yang Punya Teknik Memotong

Ilustrasi: www.kokore.it

Sebetulnya, memotong daging sashimi tidak bisa sembarangan. Tekniknya dipelajari, bahkan hingga membutuhkan waktu bertahun-tahun. Adapun sashimi biasa dimakan dengan bumbu pelengkap seperti shoyu dan wasabi, juga parutan lobak putih serta acar jahe.

 

Previous Article
7 Restoran Ini Menyediakan Makanan dengan Porsi Jumbo, Siapa Berminat?
7 Restoran Ini Menyediakan Makanan dengan Porsi Jumbo, Siapa Berminat?

Menjelang akhir bulan, godaan “makan besar” memang sulit ditolak. Nah, datang ke 7 restoran ini bisa jadi s...

Next Article
Sst, Rupanya Doyan Makanan Pedas Bisa Bikin Panjang Umur!
Sst, Rupanya Doyan Makanan Pedas Bisa Bikin Panjang Umur!

Sebuah studi menemukan, terbiasa mengonsumsi makanan pedas pun sebenarnya sudah cukup mampu membuat seseora...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More