Sst, Rupanya Doyan Makanan Pedas Bisa Bikin Panjang Umur!

February 19, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.menshealth.com

Sebuah studi menemukan, terbiasa mengonsumsi makanan pedas pun sebenarnya sudah cukup mampu membuat seseorang berumur panjang.

Biasanya, Anda akan menerima anjuran untuk makan sehat jika ingin berumur panjang. Namun, sebuah studi terbaru menemukan, terbiasa makan makanan pedas pun sebenarnya sudah cukup untuk membuat Anda berumur panjang.

Studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ Inggris ini dilakukan di Tiongkok. Dari sejumlah pengujian, ditemukan--orang yang doyan makan makanan pedas sebanyak enam hingga tujuh hari seminggu punya risiko kematian yang lebih rendah 14 persen; ketimbang yang tidak. Adapun beberapa catatan mengikuti, seperti tidak minum alkohol, dan mengonsumsi cabai segar daripada cabai kering, saus cabai, atau minyak cabai.

 

Manfaat Makanan Pedas

Ilustrasi: www.vallartadaily.com

Alih-alih berbahaya, peneliti menemukan--mengonsumsi makanan pedas sebenarnya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, rasa pedas yang muncul dari kandungan capsaicin ini ditengarai punya beragam manfaat seperti mengurangi nafsu makan, menekan risiko darah tinggi, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan risiko kanker.

Di sisi lain, cabai juga dinilai mampu melonggarkan penyumbatan lendir pada hidung dan tenggorokan, serta meningkatkan suhu tubuh seseorang. Inilah alasan, mengapa seseorang akan berkeringat setelah mengonsumsi cabai (atau makanan pedas). Adapun kelebihan lain dari cabai, yakni kandungan antioksidan, vitamin C, serta betakaroten yang sangat baik bagi tubuh.

Previous Article
Yuk, Cari Tahu Apa Bedanya Sushi dan Sashimi!
Yuk, Cari Tahu Apa Bedanya Sushi dan Sashimi!

Tidak sedikit orang yang bingung dalam membedakan sushi dan sashimi. Berikut penjelasannya.

Next Article
12 Makanan Ini Harus Ada di Malam Imlek
12 Makanan Ini Harus Ada di Malam Imlek

Makan bersama keluarga merupakan satu hal penting yang harus dilewatkan saat perayaan tahun baru Imlek. Nah...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More