12 Makanan Ini Harus Ada di Malam Imlek

February 12, 2018 Chatarina Komala

Makan bersama keluarga merupakan satu hal penting yang harus dilewatkan saat perayaan tahun baru Imlek. Nah, jika Anda turut merayakan Imlek, berikut adalah 12 makanan yang harus ada.

Bukan hanya untuk memuaskan rasa lapar. Faktanya, dalam tradisi Tionghoa--seluruh makanan yang terhidang di meja memiliki makna dan filosofinya masing-masing. Ada yang bermakna kebersamaan dan keutuhan keluarga, kemakmuran, kesuksesan, keberuntungan, hingga keselamatan. Nah, jika Anda ikut merayakan Imlek, berikut adalah 12 makanan yang harus terhidang di meja makan.

 

1. Bebek Panggang

Ilustrasi: www.bacaterus.com

Bebek panggang merupakan hidangan spesial--sebab tidak setiap saat menu ini tersedia di meja makan orang Tionghoa. Maknanya, sarat akan harapan peruntungan dan kebahagiaan. Nah, selain bebek, ada pula menu ayam kodok. Menu ini diolah dengan cara mengambil daging dan tulang ayam, tanpa harus merobek kulitnya.

 

2. Pindang Bandeng

Ilustrasi: www.vemale.com

Lahir sebagai hasil akulturasi budaya, bisa dikatakan menu pindang bandeng--disebut juga dengan Nian Nian You Yu--hanya ditemukan di Indonesia. Daging ikan bandeng utuh ini biasanya akan diolah dengan cara dikukus, lalu dibanjur saus. Adapun dengan menyantap menu ini, diharapkan seseorang akan terus memiliki rezeki yang berlimpah.

 

3. Ca Rebung 

Ilustrasi: www.makanankhasnusantara10.blogspot.co.id

Ca Rebung (Bu Bu Gao Sheng) melambangkan hidup dan semangat baru, juga kesuksesan bagi kehidupan serta kesehatan. Makna ini diambil dari permenungan tentang tunas bambu yang semakin lama, tumbuh tinggi dan besar. 

 

4. Siu Mie

Ilustrasi: www.cantik.tempo.co

Tidak lengkap merayakan tahun baru imlek tanpa menu siu mie. Adapun mi khas Imlek ini melambangkan kebahagiaan, harapan akan umur panjang, dan rezeki yang berlimpah. Biasanya, mi ini juga akan disajikan dengan beragam lauk seperti ayam, cumi-cumi, udang, bakso, dan masih banyak lagi. Nah, cara menyantapnya pun istimewa. Siu mie harus dimakan tanpa putus hingga ujung mi.

 

5. Haisom

Ilustrasi: www.kompasiana.com

Haisom--beberapa orang menyebutnya timun laut--menjadi perlambang akan sebuah harapan rezeki yang berlimpah. Biasanya, timun laut harus dibakar terlebih dulu hingga kulit luarnya mengelupas, lalu didiamkan tiga sampai empat hari sebelum dimasak.

 

6. Teh Telur

Ilustrasi: www.blog.duniamasak.com

Cara mengolah hidangan yang bermakna kesuburan ini cukup unik. Telur utuh akan direbus hingga setengah matang, lalu cangkangnya diretakkan. Dengan cara ini, diharapkan cairan teh yang sudah dicampur kecap asin akan masuk dan meresap hingga ke dalam. Biasanya, banyak orang juga menambahkan rempah kayu manis dan lada hitam.

 

7. Jiaozi

Ilustrasi: www.lostlaowai.com

Biasanya juga dikenal dengan nama lain kuo tie. Hidangan ini menyimbolkan kemakmuran dan kesejahteraan, serta biasanya disajikans ebagai makanan pembuka atau camilan.

 

8. Kue Keranjang

Ilustrasi: www.tionghoa.info

Inilah satu makanan yang harus ada dalam perayaan Imlek. Disebut juga dengan nian gao--yang bermakna kebersamaan dan kekompakan keluarga.

 

9. Manisan Segi Delapan

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Sebenarnya, ini merupakan manisan yang diletakkan pada kotak segi delapan. Ini merupakan lambang keberuntungan; manakala masing-masing punya makna sendiri-sendiri. Seperti halnya, manisan leci sebagai simbol ikatan keluarga yang kuat--atau biji teratai yang melambangkan kesuburan. Dalam tradisi Tionghoa--angka delapan sendiri merupakan lambang keberuntungan.

 

10. Yu Sheng

Ilustrasi: www.noobcook.com

Orang-orang menyantapnya sebagai menu pembuka yang melambangkan keberuntungan. Hidangan ini terdiri atas paduan sayuran dan ikan segar warna-warni yang disantap serupa salad. Untuk menyantapnya, Anda diharuskan mengangkat hidangan ini tinggi-tinggi sebelum dimakan.

 

11. Jeruk Mandarin

Ilustrasi: www.adecorporation.blogspot.co.id

Jeruk Mandarin yang berwarna oranye dipilih sebagai simbol keberuntungan. Buah ini juga dianggap sebagai lambang emas.

 

12. Lapis Legit

Ilustrasi: www.thefooddictator.com

Bentuknya yang punya banyak lapisan; juga rasanyanya yang legit diharapkan menjadi simbol rezeki berlimpah. 

Previous Article
Sst, Rupanya Doyan Makanan Pedas Bisa Bikin Panjang Umur!
Sst, Rupanya Doyan Makanan Pedas Bisa Bikin Panjang Umur!

Sebuah studi menemukan, terbiasa mengonsumsi makanan pedas pun sebenarnya sudah cukup mampu membuat seseora...

Next Article
Bolehkah Makan Setelah Olahraga?
Bolehkah Makan Setelah Olahraga?

Sudah capek-capek membakar lemak, rasa lapar membuat Anda kembali menyantap makanan setelah olahraga. Perta...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More