Bolehkah Makan Setelah Olahraga?

February 14, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.sheknows.com

Sudah capek-capek membakar lemak, rasa lapar membuat Anda kembali menyantap makanan setelah olahraga. Pertanyaannya, bolehkah?

Kita semua tahu, olahraga memang bikin lelah. Selain ingin istirahat, tidak jarang--perut pun jadi kembali keroncongan. Kalau sudah begini, keinginan makan pun jadi pilihan yang sulit. Ada kekhawatiran, jika dituruti--olahraga keras yang Anda lakukan justru sia-sia. Lantas, harus apa?

Rasa lapar akibat olahraga yang Anda lakukan, sebetulnya merupakan hal yang normal. Bagaimanapun, ini adalah “sinyal” dari tubuh akan kebutuhan asupan makanan sebagai pengganti energi yang sudah terkuras. Itu sebabnya, Anda boleh-boleh saja makan setelah olahraga, lebih tepatnya sekitar 15-30 menit setelah selesai.

Adapun olahraga yang Anda lakukan tidak akan sia-sia, kok. Pasalnya, makanan yang Anda santap tidak akan seketika berubah menjadi cadangan lemak. Harus dipahami, tubuh hanya akan mengubah makanan menjadi lemak--apabila kebutuhan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi.

Di sisi lain, otot Anda tentu membutuhkan energi dan makanan pengganti, selepas kerja keras. Makan, adalah satu cara mengembalikan energi agar tubuh mampu kembali melanjutkan aktivitas.  

 

Bukan Berarti Makan Sembarangan

Ilustrasi: www.healthylifeharbinger.wordpress.com

Boleh makan setelah olahraga, bukan berarti Anda dapat makan sesukanya, ya. Apa pun yang masuk ke dalam tubuh, harus tetap diperhatikan kandungan gizi dan nutrisinya. Kendati lapar, hindari pula mengonsumsi makanan dalam porsi berlebih.

Untuk mengobati “rasa lapar”, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang. Ini meliputi karbohidrat, protein, dan lemak. Hindari pula mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat, ya. Adapun Anda bisa mulai makan buah-buahan, makanan ringan sehat, atau camilan manis. Setelahnya (kira-kira 30 hingga satu jam), baru Anda bisa mengonsumsi makanan berat. 

Previous Article
12 Makanan Ini Harus Ada di Malam Imlek
12 Makanan Ini Harus Ada di Malam Imlek

Makan bersama keluarga merupakan satu hal penting yang harus dilewatkan saat perayaan tahun baru Imlek. Nah...

Next Article
Kenali 5 Risiko Terbiasa Mengonsumsi Minuman Panas
Kenali 5 Risiko Terbiasa Mengonsumsi Minuman Panas

Kerap jadi solusi menghangatkan diri di musim dingin, faktanya--terlalu sering mengonsumsi minuman panas bi...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More