Waspada, Jangan-jangan Diet yang Anda Lakukan Berbahaya Buat Kesehatan

February 3, 2018 Chatarina Komala

Sudah diet ketat, tetapi berat badan tidak kunjung turun? Kondisi lain, Anda merasa begitu tidak sehat dan mudah sakit? Kalau sudah begini, harus waspada. Jangan-jangan, diet yang Anda lakukan berbahaya bagi kesehatan...

Berat badan yang tidak kunjung turun mungkin jadi satu tanda diet Anda tidak berhasil. Namun, bagaimana dengan kondisi tubuh yang menurun dan rentan sakit? Segera waspada--sebab jangan-jangan itu pertanda Anda harus beralih ke model diet yang lain.

Jangan sampai diet yang Anda lakukan berbahaya bagi kesehatan. Memang, tidak mudah untuk mengetahuinya secara pasti, tetapi--ada sejumlah tanda yang bisa Anda kenali sejak awal. Apa sajakah?

 

1. Bau Mulut

Ilustrasi: www.kidsworldfun.com

Biasanya, bau mulut merupakan dampak dari ketosis--proses metabolisme. Hal ini terjadi, ketika tubuh tidak punya cukup glukosa untuk mengolahnya menjadi energi. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan lemak dan menghasilkan asam yang disebut keton.

Keton inilah yang lantas akan membuat bau mulut. Bahkan, bau mulut serupa juga akan ditemukan pada orang-orang yang melakukan diet karbohidrat rendah. Berbahayanya, bau rendah juga bisa menjadi alarm diabetes tipe 1!

 

2. Rambut yang Menipis

Ilustrasi: www.stylecraze.com

Usia bukanlah satu-satunya penyebab rambut yang menipis. Kondisi ini, bisa juga diakibatkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh. Apalagi, jika hal ini juga diiringi oleh perasaan lesu dan kurang bersemangat.

Adapun kekurangan zat besi juga bisa ditandai oleh inflamasi atau radang mulut--ketika ujung mulut pecah-pecah atau luka.

 

3. Sembelit

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Jika dalam program diet Anda merasa sulit buang air besar--ini artinya tubuh kekurangan serat pada menu diet. Di sisi lain, sembelit juga bisa disebabkan kurangnya cairan dalam tubuh.

 

4. Sering Merasa Lapar

Ilustrasi: www.toyoutheartist.co.uk 

Seseorang mungkin akan merasa wajar, jika ia merasa sering lapar saat menjalani program diet. Padahal, ini adalah sebuah indikasi diet yang salah. Program diet yang benar seharusnya senantiasa membuat Anda merasa cukup kenyang dan tidak butuh menyantap makanan lebih banyak.

 

5. Nyeri Pada Badan

Ilustrasi: www.marathontrainingacademy.com

Nyeri pada bagian tubuh merupakan satu indikasi pola diet yang salah. Penyebabnya bisa jadi Anda mengonsumsi makanan yang memicu sakit pada tubuh.

 

6. Suasana Hati yang Memburuk

Ilustrasi: www.uangonline.com

Bagaimanapun, makanan yang Anda konsumsi haruslah membuat Anda merasa sehat, bahagia, dan tidak murung. 

Previous Article
Sudah Diet Tapi Tidak Berhasil? Coba Diet Sesuai DNA!
Sudah Diet Tapi Tidak Berhasil? Coba Diet Sesuai DNA!

Diet berdasarkan DNA terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan. Apa saja manfaatnya?

Next Article
Tujuh Rekomendasi Kedai Masakan Jepang di Blok M
Tujuh Rekomendasi Kedai Masakan Jepang di Blok M

Beragam pilihan masakan Jepang seperti sushi, ramen, hingga shabu-shabu bisa Anda temukan di kawasan Blok M...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More