Lapar Tengah Malam? Yuk, Santap 10 Makanan Ini!

January 29, 2018 Chatarina Komala

Lapar di tengah malam memang bukan hal yang bikin nyaman. Menahan lapar buat Anda jadi tidak bisa tidur; sementara mengonsumsi makan malam akan menghancurkan program diet. Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

Faktanya, Anda masih bisa, kok, makan malam dan tetap menjaga berat badan. Bahkan, beberapa makanan juga bisa membantu Anda membakar lemak. Berikut adalah sepuluh makanan yang tidak menghancurkan program diet, kendati harus dikonsumsi pada malam hari.

 

Baca juga:

 

1. Pisang

Ilustrasi: www.bbcgoodfood.com

Pisang jadi camilan favorit para peserta diet di saat lapar tengah malam. Cukup dua buah pisang dan Anda sudah bisa kenyang. Nilai plusnya, pisang juga bisa jadi obat pemicu kantuk alami yang manjur, lho.

 

2. Popcorn

Ilustrasi: www.ishidaeurope.com

Bukan hanya bisa dinikmati saat bersantai, popcorn juga baik untuk program diet Anda. Nah, untuk mengatasi lapar tengah malam, ada baiknya Anda memasak popcorn rendah lemak dan tanpa rasa dalam microwave. Untuk tambahan bumbu, bisa menambahkan sedikit margarin tanpa lemak, atau justru sedikit bubuk cabai.

 

3.  Tahu dan Roti Gandum

Ilustrasi: www.alodokter.com

Kombinasi keduanya akan membantu Anda meringankan rasa lapar di malam hari. Protein nabati dalam tahu; serta karbohidrat kompleks pada gandum dapat membantu menjaga massa otot tubuh tetap stabil tanpa perlu takut berat badan naik.

 

4. Ikan Tuna

Ilustrasi: www.myrecipes.com

Tuna mengandung asam amino tinggi yang membantu menambah energi dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Anda bisa mengolah ikan tuna dengan mengukus, memanggang, atau menjadikannya campuran dalam semangkuk sup.

 

5. Sayuran dan Buah-buahan

Ilustrasi: www.betterhealth.vic.gov.au

Selain mengenyangkan, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan juga membantu tubuh mencegah dehidrasi. Anda bisa memakannya langsung atau justru mengolahnya terlebih dulu menjadi salad.

 

6. Sereal dan Susu

Ilustrasi: www.consumerreports.org

Kombinasi keduanya membantu Anda mencegah rasa lapar, tanpa harus khawatir tubuh gemuk. Adapun sereal gandum bisa membantu memenuhi kebutuhan serta dan karbohidrat, sementara susu menyediakan kalsium dan protein. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa memilih sereal yang tidak mengandung gula tambahan dan susu rendah lemak.

 

7. Oatmeal

Ilustrasi: www.sugardishme.com

Selain mengandung cukup serat, karbohidrat yang terkandung dalam oatmeal mampu membantu meningkatkan kadar triptofan dalam darah. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan air atau susu, lalu menambahkan beberapa kismis atau buah kering.

 

8. Kacang Almond

Ilustrasi: www.healthline.com 

Kacang almond bisa jadi alternatif camilan yang baik di malam hari. Adapun kandungan protein dalam kacang almond diyakini mampu memperbaiki otot, membakar lemak, sekaligus bikin kenyang. Di sisi lain, kacang almond juga mampu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Jadi, setelah kenyang--tubuh pun bisa tidur lebih nyenyak.

 

Baca juga:

 

9. Dark Chocolate

Ilustrasi: www.fitday.com

Pilih dark chocolate (cokelat yang tidak banyak mengandung gula) sebagai camilan Anda saat lapar melanda. Selain berperan sebagai antioksidan, cokelat ini juga bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi, memperbaiki sensitivitas insulin, dan meningkatkan suasana hati.

 

10. Susu

Ilustrasi: www.bbcgoodfood.com

Minum susu sebelum tidur tidak akan membuat Anda gemuk. Adapun kandungan kalsium dalam susu akan membantu Anda membakar lemak sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Previous Article
Tujuh Rekomendasi Kedai Masakan Jepang di Blok M
Tujuh Rekomendasi Kedai Masakan Jepang di Blok M

Beragam pilihan masakan Jepang seperti sushi, ramen, hingga shabu-shabu bisa Anda temukan di kawasan Blok M...

Next Article
Inilah 5 Bukti MSG Lebih Aman Dikonsumsi Ketimbang Garam
Inilah 5 Bukti MSG Lebih Aman Dikonsumsi Ketimbang Garam

Alih-alih bikin bodoh, faktanya konsumsi MSG mampu membantu Anda mengurangi asupan sodium dengan menekan ko...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More