8 Kuliner Legendaris Ini Bisa Anda Temukan di Jalan Surya Kencana, Bogor

January 24, 2018 Chatarina Komala

Banyak orang mengenal Jalan Surya Kencana sebagai satu kawasan pecinan--yang berada tepat di depan Kebun Raya Bogor. Nah, selain wisata sejarah; Anda bisa menemukan ragam kuliner yang lezat ada di tiap sisi jalannya. Mulai dari beragam rumah makan yang sudah bertahan hingga puluhan tahun--hingga kuliner yang dijajakan oleh pedagang gerobak atau kaki lima. Semuanya enak! Lantas apa saja rekomendasi makanan yang harus Anda coba?

 

1. Lumpia Basah

Ilustrasi: www.santapsedap.com

Inilah salah satu camilan khas Bogor. Tidak seperti kota-kota lain--misalnya Semarang atau Bandung--lumpia ini punya ukuran yang lebih besar. Isinya, adalah campuran potongan kecil bengkuang, taoge, dan telur.

Cara memasaknya pun lain. Seluruh isian tadi akan ditumis lebih dulu hingga matang, lalu dituang di lembar kulit lumpia. Anda bisa menyantap seporsi lumpia basah ini hangat-hangat di atas lembaran daun pisang.

 

2. Soto Mie Agih

Ilustrasi: www.tripadvisor.co.id 

Sesuai namanya, satu menu andalan yang disajikan di restoran ini adalah Soto Mie. Hanya saja, mayoritas menu di sana tidaklah halal. Beberapa menu lain yang bisa Anda pesan, mulai dari Mie Babi Panggang hingga bakso Goreng Babi. Letaknya ada di Jalan Surya Kencana No. 311.

 

3. Soto Kuning Pak Yusup

Ilustrasi: www.bandung.panduanwisata.id 

Bisa dikatakan, inilah kedai soto paling populer di Kota Bogor. Letaknya ada di Jalan Surya Kencana No. 285. Kendati hanya dijajakan dengan gerobak dan tenda kecil, kedai ini sangat ramai, lho. Jadi, kalau ingin segera mencicipinya, hindari jam-jam ramai seperti waktu makan siang.

Adapun satu porsi soto kuning nikmat di santap dengan aneka tambahan seperti empal, otak, kikil, rebus, perkedel, hingga gorengan. Agar lebih mantap, makan bersama nasi hangat, ya.

 

4. Asinan Jagung Bakar

Ilustrasi: www.lifestyle.okezone.com

Bogor memang populer dengan asinannya. Namun, tidak seperti mayoritas asinan buah atau sayur; ada satu asinan unik yang bisa Anda temukan di Jalan Surya Kencana. Sesuai namanya, asinan jagung bakar menggunakan isian serutan jagung bakar yang dibanjur kuah asinan dan cuka. Agar lebih mantap, ditambahkan pula potongan mentimun dan disantap dengan kerupuk kuning.

 

5. Ngo Hiang Gedung Dalam

Ilustrasi:  www.pegipegi.com 

Terletak di Jalan Surya Kencana No. 154, Rumah Makan Ngo Hiang Gedung Dalam bisa jadi satu alternatif makan siang Anda saat sedang jalan-jalan ke Bogor. Rolade goreng yang berbahan daging ayam dan babi ini sudah pasti tidak halal, ya. Biasanya, seporsi ngohiang akan disantapa dengan saus kacang, potongan kentang, dan tahu rebus.

 

6. Toge Goreng Ibu Evon

Ilustrasi: www.makanlagilagimakan.wordpress.com

Nah, bergeser sedikit dari Rumah Makan Ngo Hiang Gedung Dalam, Anda bisa menjajal satu kuliner legendaris di Jalan Surya Kencana, yakni Toge Goreng Ibu Evon (Toge Goreng Mak Evon). Adapun seporsi toge goreng terdiri atas taoge, mi kuning, potongan tahu, dan kupat. Nah, seluruh bahan tadi akan dibanjur dengan bumbu olahan tauco dan oncom.

 

7. Pepes Sagu

Ilustrasi: www.konfrontasi.com

Berlokasi dekat dengan Gang Aut, Anda bisa menjumpai penjual pepes sagu yang tidak kalah lezat. Berbahan dasar sagu, dari segi bentuk--camilan ini mirip dengan ketimus. Hanya saja, pepes sagu ini terdiri atas beragam rasa seperti pisang, nangka, pisang keju, hingga cokelat. Paling pas disantap saat panas!

 

8. Bir Kocok Bogor

Ilustrasi: www.ksmtour.com

Bir kocok jadi satu alternatif menghangatkan diri di Kota Hujan ini. Namun, jangan salah--minuman ini sama sekali tidak memabukkan, ya. Satu gelas bir kocok terdiri atas campuran jahe, kayu manis, dan gula aren. Nah, sesuai namanya--campuran tadi akan dikocok-kocok di dalam botol hingga berbuih. Rasanya manis!

Previous Article
Inilah 5 Bukti MSG Lebih Aman Dikonsumsi Ketimbang Garam
Inilah 5 Bukti MSG Lebih Aman Dikonsumsi Ketimbang Garam

Alih-alih bikin bodoh, faktanya konsumsi MSG mampu membantu Anda mengurangi asupan sodium dengan menekan ko...

Next Article
7 Aplikasi Smartphone Ini Bikin Anda Jago Masak!
7 Aplikasi Smartphone Ini Bikin Anda Jago Masak!

Memasak sendiri makanan enak, kini tidak lagi bisa dilakukan oleh para koki terkenal. Anda pun bisa!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More