Mengasah Kreativitas dengan Secangkir Teh

January 22, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.livestrong.com

Memang, inspirasi dan ide-ide cemerlang bisa datang dari mana saja. Namun, ketika seluruhnya terasa hilang dan Anda tidak kunjung mendapatkan ide-ide yang dicari, jawaban bisa muncul dengan mengonsumsi secangkir teh. Buktinya, beberapa tokoh terkenal seperti ilmuwan Albert Einstein atau penyanyi Mick Jagger dikenal sebagai seorang peminum teh.

Setidaknya, para peneliti dari Peking University, Tiongkok menyebutkan--teh memiliki efek positif dalam peningkatan suasana hati seseorang. Bahkan, efeknya dianggap serupa meditasi. Adapun kandungan kafein dan theanine di dalamnya juga mampu meningkatkan kecepatan mental, akurasi, dan fokus.

Untuk membuktikannya, peneliti mengambil sampel dari 90 peserta studi yang berstatus mahasiswa. Tiga menit sebelum mengerjakan tes, setengah dari jumlah tersebut diminta minum secangkir air teh, sementara sisanya air putih. Adapun tes pertama, adalah membuat konstruksi balok yagn menarik dan tes kedua: menemukan nama baik untuk restoran mi.

Dari sana, mereka yang mengonsumsi teh diketahui lebih imajinatif ketimbang yang hanya minum air putih sebelum tes. Setidaknya, orang yang minum teh mendapatkan rata-rata 6,54 poin dalam tes pertama dan 4,1 poin dalam tes kedua. Sementara partisipan yang minum air putih hanya mendapatkan 6,03 poin dan 3,78 poin.

 

Teh Sebagai Pendongkrak Kreativitas

Ilustrasi: www.food.ndtv.com

Kendati perbedaan hasilnya tergolong kecil, minum teh terbukti mampu meningkatkan kreativitas kerja seseorang. Hanya saja, efek tersebut hanya bisa kentara dan dirasakan, setelah 30 hingga 60 menit minum teh.

Adapun studi ini turut mengambil peran dalam memahami fungsi teh dalam meningkatkan kreativitas. Di sisi lain, studi ini juga menambah bukti lain terkait hubungan antara konsumsi makanan atau minuman dengan peningkatan kognitif dan mental manusia.

Previous Article
7 Aplikasi Smartphone Ini Bikin Anda Jago Masak!
7 Aplikasi Smartphone Ini Bikin Anda Jago Masak!

Memasak sendiri makanan enak, kini tidak lagi bisa dilakukan oleh para koki terkenal. Anda pun bisa!

Next Article
Berbahan Dasar Sama, Ini Perbedaan Teh Tarik, Thai Tea, dan Milk Tea
Berbahan Dasar Sama, Ini Perbedaan Teh Tarik, Thai Tea, dan Milk Tea

Mau tahu apa bedanya teh tarik, Thai Tea, dan milk tea?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More