Berbahan Dasar Sama, Ini Perbedaan Teh Tarik, Thai Tea, dan Milk Tea

January 22, 2018 Chatarina Komala

Saat sedang mengunjungi pusat perbelanjaan, Anda mungkin akan mendapati banyak orang menenteng gelas plastik berisi minuman ringan. Salah satu yang populer kini, yakni minuman berbahan dasar teh. Memiliki warna berbeda, tanpa harus bertanya--Anda bahkan sudah bisa menebak jenis minuman mereka: teh tarik, milk tea, atau Thai tea. Biasanya, Thai tea selalu identik dengan warna oranye; sementara teh tarik warna cokelat. Namun, apakah hanya itu saja?

 

1. Teh Tarik

Ilustrasi: www.aromasian.com

Sebenarnya, teh tarik memiliki cita rasa yang khas, manis dan sedikit pahit. Warnanya cenderung cokelat muda; dengan sekumpulan busa di atasnya.

Nah, dari segi bahan, teh tarik merupakan campuran antara teh dan susu. Ketika dicampur, minuman ini akan “ditarik” dengan cara dioper dari satu cangkir ke cangkir lain. Adapun minuman yang mulanya banyak ditemukan di Malaysia, kini juga bisa Anda beli di beberapa toko/kedai Indonesia. Bahkan, yang menjual dalam bentuk kemasan pun ada.

 

2. Thai Tea

Ilustrasi: www.mamaloli.com

Rasa manis memang mendominasi minuman asal Negeri Gajah ini. Namun, sebenarnya ada banyak campuran rempah yang digunakan untuk membuat Thai tea. Sebagai bahan dasar, minuman ini menggunakan teh hitam khusus yang hanya tumbuh di Thailand. Barulah, sebagai pelengkap--ditambahkan aneka rempah seperti kapulaga, vanili, daun lawang, susu evaporasi, susu kental manis, krimer, hingga gula.

Kendati identik dengan warna oranye, sebetulnya kini pemerintah Thailand sudah melarang penggunaan pewarna dalam makanan. Sebagai dampaknya, bisa jadi--beberapa waktu ke depan Anda memang tidak akan menemukan Thai tea berwarna oranye; melainkan sama dengan teh tarik biasa.

 

3. Milk Tea

Ilustrasi: www.yummy.ph

Anda mungkin berpikir, kalau teh tarik adalah kombinasi dari teh dan susu, apa bedanya dengan milk tea?

Dari segi bahan, memang sama. Perbedaan ada pada cara pembuatannya. Jika pada teh tarik; campuran tersebut akan dituang dari satu gelas ke gelas lain--pada milk tea, Anda hanya perlu menyeduh teh lalu ditambahkan susu. Oh ya, beberapa kedai juga menyediakan topping tambahan seperti bubble atau jelly.

 

Previous Article
Mengasah Kreativitas dengan Secangkir Teh
Mengasah Kreativitas dengan Secangkir Teh

Apa yang Anda lakukan ketika inspirasi terasa mandek? Secangkir teh adalah jawabannya.

Next Article
Bikin Sendiri Camilan Lawas Telur Gulung!
Bikin Sendiri Camilan Lawas Telur Gulung!

Anda generasi 90-an, pasti familier dengan jajanan lawas telur gulung. Masih bertahan hingga kini, yuk, bik...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More