Insomnia? Yuk, Atasi dengan Konsumsi 10 Makanan Berikut!

January 16, 2018 Chatarina Komala

Anda mungkin pernah mengalami kesulitan tidur dalam waktu yang lama. Biasanya, hal ini disebabkan oleh stres, rasa lelah, atau justru perubahan siklus tidur. Jika sudah begini, jangan lantas tinggal diam, ya. Segera cari tahu penyebab berikut solusi untuk mengatasi insomnia. Pasalnya, jika dibiarkan--insomnia sendiri bisa berdampak negatif bagi kesehatan dan produktivitas.

Nah, sebelum mengonsumsi obat dokter, ada baiknya Anda mencari solusi alami untuk mengatasi insomnia. Sebagai informasi, obat insomnia sendiri ternyata ada dalam delapan makanan berikut, lho. Apa saja?

 

1. Susu Hangat

Ilustrasi: www.food.ndtv.com

Minum susu sebelum tidur bisa jadi satu solusi mengatasi insomnia. Seperti yang kita tahu, susu mengandung banyak kalsium yang secara tidak langsung memberikan efek menenangkan. Di sisi lain, susu juga mengandung triptofan--asam amino yang berfungsi untuk membantu tidur dan merelaksasi otot.

 

2. Rumput Laut

Ilustrasi: www.hellosehat.com

Kandungan DHA dan Omega-3 pada rumput laut ternyata turut berkontribusi pada menurunnya risiko gangguan tidur. Setidaknya, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Oxford menemukan, anak-anak yang mengonsumsi rumput laut cenderung memiliki kualitas tidur yang baik ketimbang yang tidak.

 

3. Pisang

Ilustrasi: www.runners2life.com

Sama seperti susu, pisang mengandung triptofan yang menenangkan otot tubuh dan membantu Anda tidur lebih cepat. Untuk hasil maksimal, Anda bisa mencampurkan pisang dengan secangkir susu atau cokelat hangat.

 

4. Kiwi

Ilustrasi: www.food.ndtv.com

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan menemukan, mengaonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas berikut jam tidur, setidaknya satu jam lebih lama.

 

5. Kacang Almond  

Ilustrasi: www.organicfacts.net

Dalam kasus tertentu, kesulitan tidur merupakan respons yang diberikan tubuh saat kekurangan magnesium. Nah, untuk memenuhi asupan magnesium, Anda disarankan mengonsumsi kacang almond dan makanan lain, seperti biji labu, cokelat hitam, dan sayuran berwarna hijau.

 

6. Batang Seledri

Ilustrasi: www.khasiat.co.id

Mengonsumsi beberapa batang seledri sebelum tidur dapat membantu Anda cepat tertidur. Bagaimanapun, seledri mengandung zat yang mampu menenangkan dan mengendurkan saraf--dua hal yang dibutuhkan tubuh agar segera tertidur.

 

7. Jus Ceri

Ilustrasi: www.merdeka.com

Mengonsumsi satu gelas jus ceri sebelum tidur ternyata mampu meningkatkan kualitas tidur dan menyembuhkan insomnia. Buah ceri sendiri, mengandung melatonin, asam amino, serta hormon tidur lainnya yang mendorong perasaan kantuk pada seseorang.

 

8. Teh Chamomile

Ilustrasi: www.hellosehat.com

Segelas teh chamomile hangat sebelum tidur, bisa membantu seseorang untuk lebih cepat mengantuk dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

 

9. Madu

Ilustrasi: www.hellosehat.com

Kadar gula alami dalam madu dipercaya mampu meningkatkan hormon insulin dan triptofan--asam amino yang mampu merelaksasi tubuh dan meningkatkan perasaan kantuk. Agar lebih maksimal, Anda bisa meminum madu alami dalam segelas teh hangat atau susu sebelum tidur.

 

10. Ikan

Ilustrasi: www.permenkopi.blogspot.co.id

Minyak pada daging ikan terbukti mampu membantu tubuh dalam menghasilkan hormon melatonin. Di sisi lain, ikan juga mengandung vitamin B6 yang baik bagi kesehatan tubuh.

Previous Article
 Makan Malam Nikmat dan Murah di Angkringan Jakarta
Makan Malam Nikmat dan Murah di Angkringan Jakarta

Malam-malam merasa lapar? Enggak perlu merogoh kocek dalam-dalam, yuk, segera kunjungi delapan angkringan b...

Next Article
Delapan Makanan Ini, Bisa, Lho, Dimasak dengan Rice Cooker!
Delapan Makanan Ini, Bisa, Lho, Dimasak dengan Rice Cooker!

Enggak perlu menunggu punya kompor sendiri untuk bisa masak beragam makanan. Cukup pencet satu tombol rice ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More