15 Makanan yang Harus Anda Cicipi Saat Berada di Malang!

January 9, 2018 Chatarina Komala

Keindahan wisata dataran tinggi plus pantainya memang membuat Kota Malang cukup populer di kalangan wisatawan. Apalagi, seiring berjalannya waktu--Anda bisa menjumpai ragam destinasi wisata baru yang tidak kalah unik dan asyik. Nah, sembari mengunjungi beberapa tempat wisata di Malang; tidak ada salahnya jika sekaligus menjajal kekayaan kulinernya. Berikut 15 makanan yang harus banget Anda cicipi saat berada di Malang.

 

1. Bakso President

Foto: www.satyawinnie.com

Kota Malang memang surganya bakso. Namun, jika ingin mencoba yang benar-benar legendaris dan populer, Anda bisa langsung berkunjung ke Bakso Presiden. Di sana, Anda bisa menjajal beragam olahan bakso seperti bakso bakar, bakso orisinal, bakso jeroan, hingga jenis bakso lainnya. Nah, mengingat kedai ini cukup ramai pembeli, disarankan untuk datang di pagi hari, ya.

Bakso President: Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang.

 

2. Toko Oen

Foto: www.perutgendut.com

Menjadi kedai paling tua di Kota Malang, wajar jika Toko Oen hadir dengan beragam menu kuliner khas Eropa. Bukan hanya model bangunan yang klasik, resep dan cita autentik pun masih bertahan hingga kini. Oh ya, satu menu yang wajib dicoba, yakni es krim homemade dan steak berbahan dasar daging pilihan.

Toko Oen: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang.   

 

3. Hok Lay

Foto: www.inijie.com

Didirikan pertama kali pada 1946, Hok Lay populer dengan sajian peranakannya yang autentik. Tiga makanan khas yang wajib Anda coba di sana, yakni cwiemie, lumpia, dan minuman tradisional fosco.  

Hok Lay: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

 

4. Hot Cui Mie

Foto: www.tatitujiani.com

Cwiemie atau cui mi memang populer sebagai santapan khas peranakan Kota Malang. Secara umum, ini merupakan mi yang diolah dengan cara tradisional; dengan sajian beragam topping. Nah, salah satu kedai cui mi yang paling khas adalah Hot Cui Mie--yang buka setiap hari mulai pukul sepuluh pagi hingga sepuluh malam. Hanya saja, saking populernya, kedai ini biasa ramai di hari libur.

Hot Cui Mie: Ruko S. Parman, Jalan Letnan Jenderal S. Parman No.56, Purwantoro, Blimbing, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang.

 

5. Sego Goreng Resek

Foto: www.tripadvisor.co.id 

Dalam bahasa Jawa, resek memang berarti sampah. Namun, jangan salah--hidangan yang menyerupai nasi goreng ini jelas tidak berisi sampah. Isinya bahkan beragam, seperti kecambah, daun bawang, kubis, ayam goreng suwir, jeroan, hingga telur goreng. Seluruhnya, akan dimasak dan dicampur dengan arang panas.

Sego Goreng Resek: Jalan Brigjend Katamso, Kauman, Klojen, Kauman, Malang, Kota Malang.

 

6. Pos Ketan Legenda

Foto: www.jogja.tribunnews.com

Bisa dikatakan, inilah jajanan “wajib” saat mengunjungi kawasan Batu. Letaknya, tidak jauh dari Alun-alun Batu. Ada sejak tahun 1967, kedai ini buka pada pukul sepuluh pagi hingga dua dini hari. Tentu saja, hidangan khasnya--yakni satu porsi ketan dengan aneka topping dan olahan. Ada ketan bubuk orisinal, ketan saus durian, hingga ketan cokelat. Satu porsinya dimulai dari Rp10 ribu dengan menu minuman pendamping susu jahe segar.

Pos Ketan Legenda: Jl. Kartini No.6, Ngaglik, Kec. Batu, Malang.

 

7. Rawon Nguling

Foto: www.vemale.com

Pelesir ke Jawa Timur belum afdal kalau tidak mencicipi rawon. Nah, satu restoran yang populer dengan menu rawonnya, yakni Rawon Nguling. Adapun yang khas dari rawon ini adalah tekstur daging yang empuk dan besar. Agar lebih nikmat, lengkapi pula dengan menu pendamping seperti tempe, mendol, perkedel, empal daging, hingga babat goreng.

Rawon Nguling: Jl. Zainul Arifin No.62, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

 

8. Pia Cap Mangkok

Foto: www.agenkuliner.com

Kalau ingin membeli oleh-oleh khas Malang, langsung saja meluncur ke Pia Mangkok. Kue panggang ini tersedia dalam aneka rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, hingga durian.

Pia Cap Mangkok: Jalan Semeru Nomor 25, Ruko Semeru, Klojen, Kauman, Klojen, Kota Malang.

 

9. Sate Bunul H. Paino

Foto: www.ngalam.co

Menyandang nama “Bunul”, sebab kedai sate ini memang berada di kawasan Bunul, Malang. Dibuka sejak tahun 1973, kedai ini punya dua menu andalan yakni sate dan gulai kambing.

Sate Bunul H. Paino: Jalan Hamid Rusdi Timur Gang.4 No.315, Bunulrejo, Blimbing, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang.

 

10. Bakpao Boldy

Foto: www.seputarmalang.com

Tersedia dalam berbagai rasa, seperti kacang hijau, ayam, hingga kacang tanah--Bakpao Boldy menjadi satu destinasi kuliner yang wajib Anda kunjungi.

Bakpao Boldy: Jalan Mangun Sarkoro No. 25, Malang.

 

11. Warung Rujak Cingur Bude Ruk

Foto: www.malang.merdeka.com

Sudah ada sejak tahun 1960, Warung Rujak Cingur Bude Ruk bisa jadi satu lokasi wisata kuliner legendaris, enak, dan sehat.

Warung Rujak Cingur Bude Ruk: Jalan Suruji No.17, Malang.

 

12. Mie Gajah Mada

Foto: www.ksmtour.com

Kalau sedang berkunjung ke sana, jangan lupa cicipi Pangsit Mie Ayam Jamur. Satu porsinya, terdiri atas campuran daun selada, suwiran ayam, jamur kancing, serta wonton (siomay basah). Sebagia pelengkap, seluruhnya akan dibanjur tabungan bawang goreng dan daun bawang.

Mie Gajah Mada: Jalan Pasar Besar No. 17, Malang.

 

13. Pecel Kawi

Foto: www.ngalam.co

Seporsi nasi putih, sayuran, dan lauk akan dibanjur bumbu kacang dan disantap bersama peyek yang renyah. Anda bisa mencoba satu menu pecel yang populer, yakni Pecel Kawi yang sudah berdiri sejak tahun 1979.  

Pecel Kawi: Jalan Kawi Atas No. 43B, Malang.

 

14. Warung Makan Pak Iwan    

Foto: www.aremafood.com

Satu menu populer dari kedai ini adalah sego goreng mawut. Mirip seperti nasi goreng biasa, tetapi diberi tambahan mi goreng. Dilengkapi dengan sejumlah isian, campuran ini akan dimasak bersama saus dan kecap; lalu disantap dengan acar dan daun selada.

Warung Makan Pak Iwan: Jalan Aris Munandar, Malang.

 

15. Putu Lanang Celaket

Foto: www.makanmakan.com

Paduan parutan kelapa diisi dengna gula merah; lalu dimasak dengan cetakan bambu. Anda bisa langsung merasakan kue putu yang legit ini di kedai Putu Lanang Celaket.

Putu Lanang Celaket: Jalan Jaksa Agung Suprapto, Malang.

Previous Article
Mengapa Anda Ingin Makan Banyak?
Mengapa Anda Ingin Makan Banyak?

Ada kalanya, keinginan untuk ngemil dan makan banyak jadi tidak tertahankan. Apa alasannya?

Next Article
10 Panduan Kuliner Legendaris Jakarta, Mana Favorit Anda?
10 Panduan Kuliner Legendaris Jakarta, Mana Favorit Anda?

Masih bertahan hingga kini, sepuluh destinasi kuliner legendaris Jakarta ini tidak boleh Anda lewatkan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More