10 Panduan Kuliner Legendaris Jakarta, Mana Favorit Anda?

January 8, 2018 Chatarina Komala

Di tengah maraknya restoran baru, ada, lho, beberapa restoran jadul yang masih bertahan hingga kini. Seluruhnya, hadir dengan resep dan hidangan andalan tidak juga tergerus zaman. Penikmatnya beragam; mulai dari perempuan atau laki-laki, anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua.

Nah, jika Anda orang Jakarta atau setidaknya sedang berkunjung ke sana, tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi beberapa kuliner legendaris berikut. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Warung Tinggi Coffee

Foto: www.urbanouteaters.com

Bisa jadi, inilah warung kopi tertua di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1878, mulanya Warung Tinggi Coffee adalah sebuah toko kecil yang menjajakan makanan dan barang kebutuhan rumah tangga. Di tahun 1927, pemiliknya Liauw Tek Soen lantas memfokuskan warung ini menjadi sebuah toko kopi.

Dari bubuk kopi luwak, warung ini berkembang semakiin besar dengan menjual beberapa jenis kopi, seperti torabika, arabika spesial dan super, robusta, hingga jenis kopi jantan dan betina.

Warung Tinggi Coffee: Jl. Sekolah Tangki No. 26, Hayam Wuruk, Jakarta Barat

 

2. Restoran Trio

Foto: www.efenerr.com

Dengan lebih dari 200 jenis makanan a la Tiongkok, restoran ini bisa jadi satu rekomendasi makan sian bersama keluarga yang pas. Adapun restoran ini sudah ada sejak tahun 1947.

Restoran Trio: Jalan RP Soeroso, Nomor 29 A, Gondangdia, Menteng.

 

3. Es Krim Ragusa

Foto: www.wisatania.com

Rasanya, hampir setiap orang pernah mendengar nama restoran yang satu ini. Bagaimana tidak? Es krim asal Italia ini sudah ada sejak tahun 1932--atau tepatnya, sejak Jakarta biasa dipanggil Batavia. Es krimnya sendiri merupakan produk buatan rumah (homemade) yang sudah pasti bebas bahan pengawet. Nah, jika berkunjung, jangan lupa cicipi menu populer Banana Split. Segar banget!

Es Krim Ragusa: Jalan Vetaran I No. 10, Gambir Jakarta Pusat.  

 

4. Ketoprak Ciragil

Foto: www.myeatandtravelstory.wordpress.com

Kendati jauh lebih baru ketimbang beberapa kedai atau restoran lainnya, rumah makan yang sudah berdiri sejak 20 tahun lalu ini paling populer kalau soal menu ketoprak. Wajar, peminatnya banyak, mulai dari warga sekitar hingga turis mancanegara!

Ketoprak Ciragil: Jalan Ciragil II No. 24 Blok Q, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

5. Bakmi Gang Kelinci

Foto: www.bakmigangkelinci.com

Sudah ada sejak tahun 1957, mulanya bakmi legendaris ini dijual dengan gerobak, lho. Nah, seiring berjalannya waktu--kuliner ini tentu semakin besar dengan pembukaan banyak cabang di mana-mana. Namun, kalau ingin mencicipi sensasi makan bakmi legendaris yang asli, bisa datang langsung ke kawasan Pasar Baru, Jakarta.

Bakmi Gang Kelinci: Jalan Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

 

6. Gandy Steak House

Foto: www.thefoodescape.com

Tahukah Anda, di era 1980-an, inilah lokasi favorit orang bersantap malam? Nah, hal yang sama juga berlaku sekarang. Menjadi restoran steak yang legendaris, lokasi ini kerap jadi kumpul keluarga sekaligus bernostalgia. Apalagi dengan suasana restoran yang jadul banget...

Gandy Steak HouseJl. Hayam Wuruk No. 73, Hayam Wuruk, Jakarta.

 

7. Roti Tan Ek Tjoan

Foto: www.travel.kompas.com

Pertama kali didirikan di Bogor, toko roti yang satu ini memang sudah tenar sejak 1921. Nah, selain dijual di gerainya, Anda juga bisa menjumpai aneka roti lezatnya di pedagang gerobak keliling. Beberapa roti yang populer seperti roti gambang, cokelat oles, nougat, bimbam, dan solo.

Roti Tan Ek Tjoan: Jalan Cikini Raya No. 61, Menteng, Jakarta Pusat.

 

8. Soto Betawi H. Ma’ruf

Foto: www.infojakarta.net

Menjadi makanan khas Jakarta, Soto Betawi H. Ma’ruf bisa jadi satu rekomendasi makanan legendaris yang masih bertahan hingga kini. Menu sotonya jadi favorit banyak orang, mulai dari pejabat, tokoh politik, hingga mantan presiden. Oh ya, soto ini sudah berdiri sejak tahun 1940, lho.

Soto Betawi H. Ma’ruf: Jalan Cikini Raya 73, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Baca juga:

 

9. Gado-gado Bon Bin

Foto: www.senengbangetmakan.wordpress.com

Sudah berdiri sejak tahun 1960, Gado-gado Bon Bin ini bisa jadi rekomendasi makan sehat Anda. Satu porsi gado-gado yang nikmat, dihargai Rp25 ribu.

Gado-gado Bon Bin: Jalan Cikini IV No. 5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

 

10. Mi Ayam Gondangdia

Foto: www.foody.id

Tekstur mi buatan rumah yang gurih dan kenyal; berpadu dengan topping daging ayam, daun sawi, bakso, pangsit rebus, dan disiram kuah kaldu. Adapun Anda bisa langsung mengunjunginya di Jalan R.P. Soeroso No. 36, Cikini, Jakarta Pusat.

Mi Ayam Gondangdia: Jalan R.P. Soeroso No. 36, Cikini, Jakarta Pusat.

 

Previous Article
15 Makanan yang Harus Anda Cicipi Saat Berada di Malang!
15 Makanan yang Harus Anda Cicipi Saat Berada di Malang!

Selain keindahan alam dan banyak destinasi wisata, makanan juga jadi daya tarik yang membuat banyak orang i...

Next Article
Ternyata, Pizza Menu yang Baik untuk Sarapan!
Ternyata, Pizza Menu yang Baik untuk Sarapan!

Pizza banyak dihindari lantaran dianggap jenis fast food, mengandung banyak kalori, dan bisa mengakibatkan ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More