Kabar Buruk, Cokelat Mungkin Akan Punah 40 Tahun Lagi!

January 4, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.chocolatealchemy.com 

Dianggap sebagai simbol cinta dan kasih sayang, apa jadinya jika cokelat punah 40 tahun lagi?

Cokelat, mungkin jadi salah satu item yang wajib ada ketika perayaan Hari Valentine, 14 Februari. Namun, bagaimana jika beberapa puluh tahun mendatang, kehadirannya justru semakin langka?

Seperti halnya tanaman kopi dan anggur, kakao sendiri merupakan pohon yang sulit tumbuh. Setidaknya, hanya mampu berkembang di wilayah dengan letak geografis 20 derajat utara dan selatan khatulistiwa; bahkan harus hidup di kondisi hutan, hujan lebat, dengan suhu seragam, lembap, terlindung dari angin, hingga tanah yang kaya nitrogen.

Pun itu sebabnya, kakao sangat rentan terhadap efek pemanasan global. Selain ruang hidup yang terbatas, lebih dari setengah cokelat dunia juga hanya berasal dari dua negara di Afrika Barat, yakni Pantai Gading dan Ghana. Sayangnya, di tahun 2050, peningkatan suhu Bumi akan mengecilkan area pertumbuhan cokelat.

 

Ada Solusi

Ilustrasi: www.moneyinc.com

Kendati demikian, sudah ada beberapa misi penyelamatan untuk ruang hidup tanaman kakao. Salah satu yang terbesar, misalnya--sudah dilakukan oleh Mars--sebuah perusahaan senilai 35 miliar dolar AS. Mengusung misi "Sustainability in a Generation", perusahaan yang berada di belakang merek cokelat seperti Snickers dan M&M's ini bertujuan untuk mengurangi jejak karbon dari bisnis dan rantai pasokannya hingga lebih dari 60% di tahun 2050 mendatang.  

Untuk mewujudkannya, perusahaan ini juga bergabung dengan para periset di University of California-Berkeley; dan bereksperimen dengan teknologi pengeditan gen CRISPR. Beberapa hal yang akan dilakukan mencakup: memanipulasi DNA tanaman kakao hingga mengembangkan bibit yang lebih kuat dan tahan pada kondisi lingkungan ekstrem. 

 

Previous Article
Ternyata, Pizza Menu yang Baik untuk Sarapan!
Ternyata, Pizza Menu yang Baik untuk Sarapan!

Pizza banyak dihindari lantaran dianggap jenis fast food, mengandung banyak kalori, dan bisa mengakibatkan ...

Next Article
Pengin Langsing? Jangan Lewatkan Sarapan dan Makan Malam, Ya!
Pengin Langsing? Jangan Lewatkan Sarapan dan Makan Malam, Ya!

Keinginan agar tubuh tetap langsing kerap kali membuat seseorang rela mengabaikan kebutuhan sarapan dan mak...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More