Ini Dia Hidangan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara!

December 29, 2017 Chatarina Komala

Tahun baru sebentar lagi tiba. Apa yang sudah Anda persiapkan? Ingin merayakannya dengan makan-makan di luar, boleh. Namun, tidak ada salahnya juga merancang acara makan-makan di rumah dan mengundang orang terdekat untuk ikut serta.

Tahukah Anda, beberapa negara punya makanan khas yang wajib terhidang di setiap perayaan tahun baru? Sebagian besar dari makanan ini tentu menjadi simbol keberuntungan dan kebahagiaan di tahun yang baru. Apa sajakah?

 

1. Skotlandia

Warga Skotlandia, memiliki tradisi yang disebut Hongmanay di tahun baru. Hongmanay sendiri berarti “kaki pertama”--yang artinya kebiasaan mengunjungi para tetangga untuk pertama kalinya di malam pergantian tahun. Biasanya, kunjungan ini juga disertai dengan buah tangan berupa arang (perapian), wiski, roti hitam, dan shortbread.

 

2. Polandia

Satu tradisi yang berlaku di masyarakat Polandia--menyantap seluruh olahan masakan berbahan dasar ikan herring. Sebagai informasi, di sana, warna sisik ikan yang keperakan dianggap melambangkan kekayaan dan kemakmuran, lho. Apalagi jika jumlah ikan herring banyak dan melimpah di pergantian tahun--itu dimaknai sebagai rezeki di tahun yang baru.

 

3. Jerman

Sebagai manusia, tentu kita menginginkan hal manis akan terjadi di tahun yang baru. Nah, sama halnya dengan warga Jerman. Menyambut tahun yang baru, mereka akan bersama-sama menikmati donat--biasanya disebut dengan pfannkunchens. Donat tanpa lubang ini lantas akan diisi selai atau liquor--hasil fermentasi biji-bijian, buah, atau sayuran.

 

4. Filipina

Menyambut tahun baru, orang Filipina akan menyantap segala buah-buahan yang berbentuk bulat. Pasalnya, mereka percaya--seluruh benda yang berbentuk bulat akan mendatangkan keberuntungan. Biasanya, mereka akan memakan 12 buah bulat; sebagai perlambang harapan akan 12 bulan yang penuh keberuntungan.

 

5. Jepang

Masyarakat Jepang biasa menyantap mi soba menjelang pergantian tahun. Tidak sekadar makanan, bentuk mi yang panjang dan tidak terputus diharapkan menjadi pelambang akan umur yang panjang. Adapun penyajiannya cukup sederhana; seperti disiram kaldu yang gurih dan manis, telur, dan nori.

 

6. Spanyol

Di malam tahun baru, masyarakat Spanyol akan memakan 12 buah anggur sembari berkumpul di lapangan dan menanti detik pergantian tahun. Sebagai informasi, tradisi ini dimulai sejak tahun 1909, makakala para petani anggur panen besar di pergantian tahun.

 

7. Indonesia

Terdiri atas banyak suku dan budaya, Indonesia jelas memiliki beragam tradisi menyambut pergantian tahun. Namun, satu yang paling umum ditemukan adalah tradisi bebakaran yang dilakukan bersama orang terdekat, entah itu teman, tetangga, atau keluarga.

 

Previous Article
Pengin Langsing? Jangan Lewatkan Sarapan dan Makan Malam, Ya!
Pengin Langsing? Jangan Lewatkan Sarapan dan Makan Malam, Ya!

Keinginan agar tubuh tetap langsing kerap kali membuat seseorang rela mengabaikan kebutuhan sarapan dan mak...

Next Article
Delapan Rekomendasi Kuliner Khas Banten
Delapan Rekomendasi Kuliner Khas Banten

Selama ini, berkunjung ke Banten kerap kali diasosiakan dengan wisata pantai atau sejarahnya. Namun, tahuka...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More