Delapan Rekomendasi Kuliner Khas Banten

December 28, 2017 Chatarina Komala

Selain wisata sejarah dan budaya, Banten populer akan pemandangan pantainya yang memesona. Namun, di balik itu--Banten juga memiliki kekayaan kuliner yang memanja lapis lidah. Beberapa di antaranya bahkan merupakan perpaduan dengan beberapa budaya lain. Nah, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya mencicipi beberapa makanan khas berikut.

 

1. Kue Cucur

Ilustrasi: www.vemale.com

Kue cucur (cuhcur) mungkin satu kuliner khas yang bisa Anda temukan dengan mudah di Banten. Asalnya, dari Saraweh, Kabupaten Lebak, Banten. Adonan kuenya, terbuat dari campuran gula merah dan tepung beras. Dari segi bentuk, dapat dikatakan mirip dengan serabi dan biasa disajikan di beragam acara, mulai dari kumpul keluarga hingga pernikahan.

 

2. Balok Menes

Ilustrasi: www.teluklove.com

Sesuai namanya, kue balok memang berbentuk segi empat. Berwarna putih, kue ini berbahan dasar singkong, yang dicampur dengan bawang goreng dan minyak. Sebagai pelengkap, kue balok akan dibanjur serundeng.

 

3. Ketan Bintul

Ilustrasi: www.cumibunting.com

Konon, kue ini sangat digemari para sultan Banten, salah satunya Sultan Hasanuddin. Ketan bintul sendiri berbahan dasar beras ketan yang dikukus, lalu ditumbuk hingga halus dan kenyal. Adapun kudapan ini biasa disantap dengan serundeng dan kerap digunakan sebagai makanan penambah energi.

 

4. Sate Bandeng

Ilustrasi: www.indonesiakaya.com

Banten memang terkenal akan kuliner ikan bandengnya. Nah, salah satu hasil olahan ini yakni sate bandeng. Sesuai namanya, daging ikan bandeng akan dibersihkan terlebih dulu dari duri, lalu dibanjur bumbu nikmat dan dibakar. Anda bisa mencicipi kuliner khas ini langsung di banyak rumah makan, atau justru membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

 

5. Nasi Sum-sum

Ilustrasi: www.indonesiakaya.com

Secara umum, nasi sum-sum merupakan paduan antara seporsi nasi dan sumsum tulang kerbau bakar. Cara pengolahannya terbilang alami--dengan banjuran bumbu-bumbu yang sebelumnya sudah ditumbuk. Adapun mulanya, nasi dan bumbu sum-sum akan dimasak secara terpisah; lalu dicampurkan dengan cara menggorengnya. Barulah, campuran keduanya akan dibungkus daun pisang dan dibakar.

 

6. Pecak Bandeng

Ilustrasi: www.rkb.id

Pecak merupakan satu istilah yang ditujukan untuk sambal pedas, yang dikombinasikan dengan makanan tertentu (biasanya ikan). Adapun pecak bandeng menjadi satu kuliner khas; mengingat Banten memang populer sebagai penghasil ikan bandeng berkualitas. Nah, bagi yang ingin mencicipi makanan lezat ini, bisa berkunjung ke salah satu restorannya, Pondok Kuliner Pecak Bandeng Sawah Luhur, yang terletak di Desa Sawah Luhur, Kasemen.

 

7. Angeun Lada

Ilustrasi: www.merahputih.com

Di Serang, Pandeglang, dan Lebak--ada satu makanan khas bernama angeun lada. Dari segi tampilan, masakan ini terdiri atas sayur dan campuran daging kerbau atau sapi. Adapun kekhasan kuliner ini terletak pada daun khas yang digunakan; yakni daun walang. Biasanya, menu ini kerap disajikan di hari-hari besar, seperti Lebaran atau justru momen kumpul keluarga.

 

8. Rabeg

Ilustrasi: www.inspiratorfreak.com

Menu istimewa ini sudah ada sejak zaman kepemimpinan Sultan Hasanuddin. Bahan baku utamanya, yakni daging dan jeroan kambing yang telah lebih dulu diolah dengan bumbu khas, meliputi lengkuas, kayu manis, lada, jahe, dan ragam penyedap alami. 

Previous Article
Ini Dia Hidangan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara!
Ini Dia Hidangan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara!

Punya rencana tahun baruan dengan orang terdekat? Bisa meniru beberapa konsep perayaan tahun baru dari berb...

Next Article
Mimpi Buruk Karena Mengonsumsi Keju, Benarkah Mitos Itu?
Mimpi Buruk Karena Mengonsumsi Keju, Benarkah Mitos Itu?

Banyak orang percaya, terlalu banyak mengonsumsi keju bisa membuat Anda mimpi buruk. Benarkah mitos tersebut?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More