Eksplorasi Kuliner Kota Sorong

December 29, 2017 Chatarina Komala

Kota yang menjadi pintu gerbang wisatawan menuju Raja Ampat ini memang tidak pernah sepi. Di sanalah, para wisatawan biasa transit, sebelum melanjutkan perjalanan menuju surga bahari Indonesia. Wajar, jika akhirnya beragam pusat kuliner tumbuh di sana. Nah, selagi ada di Kota Sorong, tidak ada salahnya Anda menjajal beberapa kuliner khas berikut. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Martabak Sagu

Ilustrasi: www.singgahi.com

Alih-alih dipanggang seperti martabak pada umumnya, martabak sagu digoreng lalu dicampur dengan gula merah. Nah, sepotong martabak sagu ini cocok banget dinikmati sembari ngobrol dengan teh atau kopi.

 

2. Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Ilustrasi: www.katalogkuliner.com

Belum lengkap ke Papua, tanpa mencicipi makanan khas yang satu ini. Apalagi, dikenal sebagai daerah penghasil sagu, Sorong juga kaya akan hasil olahan ikan. Papeda sendiri merupakan “bubur sagu” yang dimasak hingga mengental dan serupa lem yang lengket. Nah, biasanya papeda disajikan dengan ikan bumbu kuah kuning yang bercita rasa asam pedas. Sebagai pelengkap, papeda juga bisa disantap dengan tumis bunga pepaya dan kangkung, serta sambal terasi.

 

3. Kue Lontar

Ilustrasi: www.resepkueku.com

Meski bernama lontar, kue ini tidaklah dibuat dari daun lontar. Sebaliknya, kue khas Kota Sorong ini terbuat dari campuran susu kental manis, margarin, dan telur. Dari segi rasa dan bentuk, mirip seperti pie susu khas Bali. Agar semakin lezat, Anda juga bsia menambahkan beragam topping dan rasa.  

 

4. Seafood Tembok Berlin

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Kota Sorong populer dengan rasa seafood-nya yang lezat. Nah, salah satu tempat mencicipi hidangan laut, ya Pantai Tembok Berlin. Lokasinya sendiri tidak jauh, kok, dari pusat Kota Sorong.

Di sana, Anda bisa menjumpai aneka olahan hasil laut yang menggugah selera. Aneka ikan segar akan disusun rapi sehingga Anda bsia melihat dan memilih langsung bahan yang akan disantap. Oh ya, beragam warung tenda ini juga menawarkan menu seafood dengan harga relatif terjangkau, lho.

 

5. Abon Gulung

Ilustrasi: www.indonesiakaya.com

Kendati dikenal sebagai oleh-oleh khas Manokwari, abon gulung bisa Anda temukan di Kota Sorong, kok. Nah, untuk mempermudah, Anda bisa membeli satu merek populer, yakni Billy Bakery. Abon gulung sendiri merupakan roti berbentuk kecil dan lonjong. Varian rasanya banyak, seperti asin, cokelat, isi sosis, dan masih banyak lagi.

 

6. Udang Selingkuh

Ilustrasi: www.sarihusada.co.id

Nama “selingkuh” sendiri diambil, sebab jenis udang yang disajikan merupakan hasil “perselingkuhan” antara udang, kepiting, dan lobster. Nah, biasanya ada banyak warung makan yang menyajikan udang ini sebagai menu santapan. Adapun cara mengolahnya beragam, bisa direbus, dibakar, atau digoreng sembari dinikmati dengan sambal.

 

Baca juga:

 

7. Keripik Keladi

Ilustrasi: www.makanajib.com

Ingin membawa oleh-oleh sehabis pulang dari Papua? Anda bisa memilih keripik keladi. Seperti namanya, keripik ini terbuat dari keladi yang sudah dipotong tipis. Ada beragam rasa yang bisa Anda nikmati, mulai dari pedas, jagung, keju, dan masih banyak lagi. Nah, sebagai rekomendasi, ada satu merek keripik yang populer di Kota Sorong, yakni Sayo. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mampir sejenak ke Jalan Bangau 2, Malaingkedi, Sorong Timur.

 

Previous Article
Mimpi Buruk Karena Mengonsumsi Keju, Benarkah Mitos Itu?
Mimpi Buruk Karena Mengonsumsi Keju, Benarkah Mitos Itu?

Banyak orang percaya, terlalu banyak mengonsumsi keju bisa membuat Anda mimpi buruk. Benarkah mitos tersebut?

Next Article
Jangan Sampai Terobsesi dengan Tubuh Langsing, Ini Beberapa Cara Mengatasinya!
Jangan Sampai Terobsesi dengan Tubuh Langsing, Ini Beberapa Cara Mengatasinya!

Ada saatnya, Anda begitu terobsesi dengan bentuk fisik langsing. Nah, sebelum jadi bahaya, berikut beberapa...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More