Waspada, Ini Dia Benda Penuh Bakteri yang Tidak Disangka Ada di Restoran

December 19, 2017 Chatarina Komala

Faktanya, tidak semua restoran dilengkapi standar kebersihan yang baik. Apalagi, kalau restoran itu termasuk ramai dan bertipe terbuka. Nah, untuk membuktikan seberapa kotornya restoran, The Doctor TV Show, sebuah tayangan televisi mencoba menyelidiki beberapa benda paling kotor di restoran.

Adapun untuk membuktikannya, mereka mengambil beberapa sampel barang seperti alat makan, buku menu, hingga meja makan. Beberapa barang tersebut lantas akan dikirimkan ke ABC Labs dan diuji tingkat kebersihannya. Penasaran apa saja benda dan lokasi paling kotor di restoran?

 

Baca juga:

 

1. Keran Wastafel

Ilustrasi: www.sunlight.co.id

Harus diketahui, sebelum Anda--ada banyak sekali tangan penuh bakteri yang menyentuh keran wastafel. Apalagi, kalau keran wastafel tersebut justru dilengkapi dengan sabun batangan. Nah, solusinya, sebelum selesai mencuci tangan, ada baiknya Anda membasuh keran wastafel. Setelahnya, barulah keringkan tangan dengan pengering sehingga bakteri bisa mati seketika.

 

2. Buku Menu

Ilustrasi: www.printingthestuff.ca

Seperti keran wastafel, buku menu adalah benda yang paling banyak berpindah tangan. Bahkan, tim dokter menemukan--sebagian besar buku menu tertutup oleh bakteri!

Salah satu penyebabnya, lantaran buku menu bukanlah benda yang rutin dibersihkan. Ditambah, buku menu tersentuh oleh banyak sekali tangan kotor; atau setidaknya tangan oran gyang belum mencuci tangan mereka. Itu sebabnya, dokter menyarankan untuk selalu mencuci tangan setelah memegang buku menu. Apalagi, kalau Anda akan menyantap makanan dengan tangan.

 

3. Botol Bumbu

Ilustrasi: www.foodinjars.com

Ada banyak sekali bakteri di tutup atau ujung botol bumbu. Ini meliputi botol saus, kecap, garam, hingga lada. Selain karena banyak berpindah tangan, botol ini kerap kali sering diisi ulang tanpa dibersihkan terlebih dulu. Wajar, kalau botol bumbu ini jadi tempat paling ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

 

4. Meja dan Tempat Duduk

Ilustrasi: www.barazzi.com

Biasanya, meja dan tempat duduk menjadi dua lokasi yang jarang sekali dibersihkan. Kalaupun “terlihat bersih”, itu pun hanya dilap sekadarnya atau tidak sempurna. Adapun suhu hangat yang dihasilkan ketika Anda duduk bisa jadi tempat yang baik untuk bakteri atau kuman berkembang biak.

 

5. Alat Makan

Ilustrasi: www.leopardantiques.com

Meski dicuci, bukan berarti Anda mendapatkan jaminan alat makan selalu bersih, ya. Ini berlaku pada sendok, pisau, garpu, piring, hingga gelas minuman. Itu sebabnya, Anda tidak disarankan untuk langsung menggunakan sendok dan piring tanpa membersihkannya; atau mengelapnya dengan tisu bersih lebih dulu.

 

Baca juga:

 

6. Gagang Pintu

Ilustrasi: www.rumahcor.com

Bukan hanya di restoran, ada banyak bakteri yang menempel dan tumbuh dengan subur di seluruh gagang pintu. Baik itu gagang pintu ruang tamu, kamar mandi, hingga kamar tidur. Itu sebabnya, setelah masuk--ada baiknya Anda langsung mencuci tangan. Terlebih, jika setelahnya Anda ingin langsung menyantap makanan.

 

 

Previous Article
Ini Dia Alasan Mengapa Anak Doyan Makanan Cepat Saji
Ini Dia Alasan Mengapa Anak Doyan Makanan Cepat Saji

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa anak-anak lebih gemar menyantap makanan cepat saji ketimbang makanan s...

Next Article
Rupanya, Cara Anda Menyantap Lima Makanan Ini Salah!
Rupanya, Cara Anda Menyantap Lima Makanan Ini Salah!

Tahukah Anda, jika selama ini Anda menggunakan cara yang salah dalam menyantap beberapa makanan? Apa sajakah?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More