Agar Berat Badan Tidak Naik Selepas Liburan Panjang

December 20, 2017 Chatarina Komala

Selain traveling ke beragam destinasi, liburan juga sarat dengan banyak makan. Apalagi, kalau sudah soal makanan manis, berlemak, dan berkalori. Berhubung masih berada di satu tempat, menjajal aneka street food pun jadi satu pemakluman.

Memang, Anda berpikir--toh tidak salah jika berat hanya naik satu atau dua kilo. Padahal, mayoritas orang tidak pernah menurunkan berat badan ekstra yang diperoleh ketika liburan. Selama beberapa bulan, berat badan akan terus bertambah dan inilah yang kelak jadi masalah.

Menikmati liburan panjang memang sah-sah saja, kok. Namun, jangan sampai berat badan terus naik hingga sulit diturunkan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

 

Baca juga:

 

1. Bergeraklah

Ilustrasi: www.runtastic.com 

Beruntung jika Anda masih menyempatkan waktu untuk berolahraga. Namun, jika tidak---Anda bisa mencoba terus bergerak. Perbanyaklah liburan ke tempat yang membutuhkan jalan kaki, atau aktivitas fisik seperti hiking, outbond, atau sekadar pergi ke mal. Cara lain, bisa dengan menyediakan 15 menit per hari untuk melakukan olahraga ringan seperti lompat tali.

Dalam kasus ini, makanan bukanlah satu-satunya alasan penambahan berat badan. Bisa jadi, Anda kurang aktivitas dan terlalu banyak santai atau justru tidur.

 

2. Eksplorasi Tempat Baru

Ilustrasi: www.newlifehikingspa.com

Eksplorasi beragam tempat baru akan “memaksa” tubuh Anda untuk terus bergerak. Anda bisa mengajak orang terdekat untuk hiking di alam terbuka; atau justru mencoba rute lari baru untuk suasana yang lebih segar.

 

3. Datang Saat Kenyang

Ilustrasi: www.promolover.com

Liburan akhir tahun sarat akan beragam pesta dan acara “makan-makan”. Ini sebabnya, hindari datang ke pesta ketika Anda kelaparan. Adapun berlapar-lapar terlebih dulu bukanlah strategi menjaga berat badan yang baik.

Sebaliknya, tetaplah sarapan atau makan siang dengan porsi cukup. Bekali juga dengan asupan makanan yang kaya protein dan nutrisi--untuk menjaga Anda kenyang lebih lama.

Nah, jika Anda memang sudah telanjur lapar, ada baiknya minum satu gelas air dingin untuk mengisi perut, sebelum mulai menjajal hidangan yang menarik mata. Namun, jangan asal ambil, ya. Untuk menjaga porsi makan Anda; ada baiknya menggunakan piring kecil dan hindari makanan manis (aneka dessert), berlemak, atau berkalori.

 

4. Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi: www.santosaphuket.com

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih juga membantu Anda kenyang lebih lama. Hasilnya, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Itu sebabnya, ketimbang minum beberapa gelas sirup, soda, alkohol, atau justru jus buah berkalori tinggi--Anda disarankan untuk minum banyak air putih.

 

Baca juga:

 

5. Menimbang Berat Badan Tiga Hari Sekali

Ilustrasi: www.hellosehat.com

Ada baiknya Anda menimbang berat badan; sektiar tiga hari sekali untuk menjaga keinginan makan berlebih.

   

 

Previous Article
Ini Dia Sepuluh Makanan Paling Populer Versi Google di Tahun 2017
Ini Dia Sepuluh Makanan Paling Populer Versi Google di Tahun 2017

Menjelang pergantian tahun, Google merangkum sepuluh makanan yang jadi tren di 2017. Sebagian besar di anta...

Next Article
Aturan Makan di Restoran Shabu-shabu
Aturan Makan di Restoran Shabu-shabu

Dibawa dari Jepang, faktanya makan di restoran shabu-shabu tidak sekadar mencelupkan bahan ke dalam kuah me...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More