12 Negara dengan Street Food Terenak!

December 19, 2017 Chatarina Komala

Tidak lengkap bepergian ke suatu negara tanpa menikmati suasana pinggir jalan. Sembari berjalan santai, biasanya Anda akan menemukan ragam makanan street food (kaki lima) dengan cita rasa yang khas dan enak. Menariknya, seluruhnya bisa dibeli dengan harga terjangkau. Nah, bagi Anda penikmat kuliner kaki lima, berikut 12 rekomendasi negara dengan street food paling enak.

 

Baca juga:

 

1. Turki

Ilustrasi: www.sportourism.id

Populer dengan keindahan alam dan megah arsitektur kota, Turki juga punya street food enak yang layak coba. Setidaknya, Anda bisa menjumpai banyak jajanan di Istanbul seperti kebab, aneka seafood, kopi, hingga buah dan jajanan manis. Salah satu yang jadi rekomendasi yakni lahmacun--sejenis piza; kokorec (kebab dengan isian daging domba), dan borek (roti isi).

 

2. Italia

Ilustrasi: www.cntraveler.com

Jika berada di Italia, jangan lupa sempatkan mampir ke Palermo. Di sana, Anda bisa menjumpai aneka piza terenak, sekaligus arancini (sejenis nasi gulugn isi), pane con panelle (perkedel), hingga pane ca meusa (roti isi).

 

3. Korea Selatan

Ilustrasi: www.gadventures.com

Jangan puas menjajal aneka street food khas Korea Selatan, kalau belum datang ke negara aslinya. Menyandang predikat sebagai negara dengan street food terenak, Anda bisa langsung ke Seoul dan icip-icip jajanan khas di sana.

 

4. Belanda

Ilustrasi: www.awesomeamsterdam.com

Untuk menjajal aneka street food di Belanda, Anda memang harus datang ke Kota Amsterdam langsung dan menjelajahi pasar-pasarnya. Nah, beberapa camilan yang paling populer yakni stroopwafel (waffle dengan sirup karamel), patat met mayo (kentang goreng dengan mayones), bahkan ikan herring mentah!

 

5. Singapura

Ilustrasi: www.lonelyplanet.com

Dekat dengan Indonesia, Singapura bisa jadi satu destinasi negara untuk menikmati street food. Apalagi, meski namanya “kaki lima”, seluruh makanan di sana terjamin kebersihan dan keamanannya. Anda bisa mencicipi aneka makanan khas peranakan, seperti nasi hainam, sup tulang, es potong Singapura, dan min chiang kueh (sejenis pancake kacang).

 

6. India

Ilustrasi: www.indianstreetfoodco.com

Masakan India populer akan kekayaan bumbu rempahnya. Nah, kalau ingin mencicipi aneka street food-nya, wajib berkunjung ke Mumbai--surga street food terbaik di India. Di sana, ada lebih dari 17 ribu pedagang street food yang sudah berlisensi, lho. Beberapa makanan khas street food yang wajib coba yakni chai tea (teh dengan susu dan rempah-rempah), shawarma, vada pav, pav bhaji, pani purni, hingga kari.

 

7. Jepang

Ilustrasi: www.travelphotodiscovery.com

Jalan-jalan ke Jepang, belum komplet kalau tidak ke Tokyo. Di sana pula, Anda bisa menjumpai aneka street food yang bikin perut goyah. Menjelajah ke beberapa daerah di dalamnya pun jadi hal yang menyenangkan--mengingat Anda bisa menjajal beberapa makanan khas dari dari daerahnya langsung.

 

8. Amerika Serikat

Ilustrasi: www.luxury-travels.net

Di Kota New York, Anda bisa menemukan aneka hidangan street food dari beragam negara, lho. Mulai dari Chinese food, Indian food, makanan khas Meksiko, sampai jajanan khas Indonesia. Ada!

 

9. Australia

Ilustrasi: www.au.surveycompare.net

Serupa seperti Singapura, kebersihan makanan di Sydney juga diatur dengan ketat. Nah, berbeda dengan mayoritas street food, di sana, pedagangnya banyak menggunakan truk. Adapun mirip seperti Amerika Serikat, Kota Sydney banyak menjual hidangan street food dari beberapa negara.

 

10. Thailand

Ilustrasi: www.kohsamuisunset.com

Seperti India, setidaknya ada 12 ribu pedagang street food di Bangkok. Jenisnya beragam, mulai dari makanan berat hingga dessert. Nah, kalau berkunjung ke Bangkok, jangan lupa cicipi beragam menu andalan seperti pad see, som tum gai, hingga mango sticky rice, ya!

 

11. Meksiko

Ilustrasi: www.foodsecurityfoodjustice.com

Di Mexico City atau lebih tepatnya di sebagian besar pasar tradisional, Anda bisa menikmati hidangan khas street food, seperti taco, nachos, tortillas, burrito, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga:

 

12. Indonesia

Ilustrasi: www.lifestyle.okezone.com

Kaya akan ragam suku dan budaya, tentu menjadikan Indonesia kaya akan sajian kuliner. Tidak heran jika Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan street food terenak di Asia. Nah, beberapa jenis makanan seperti nasi goreng, gorengan, martabak, nasi uduk, soto, sate, bakso, dan masih banyak lagi--tentu familier di telinga, bukan? Mana favorit Anda?

 

Previous Article
Aturan Makan di Restoran Shabu-shabu
Aturan Makan di Restoran Shabu-shabu

Dibawa dari Jepang, faktanya makan di restoran shabu-shabu tidak sekadar mencelupkan bahan ke dalam kuah me...

Next Article
Lima Menu Bekal Makan Siang yang Cepat dan Praktis
Lima Menu Bekal Makan Siang yang Cepat dan Praktis

Kata siapa menyiapkan bekal makan siang merepotkan? Yuk, intip tujuh menu bekal makan siang yang cepat dan ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More