Lima Menu Bekal Makan Siang yang Cepat dan Praktis

December 15, 2017 Chatarina Komala

Bukan hanya lebih hemat, mengonsumsi bekal makan siang buatan sendiri juga lebih bersih dan sehat. Nah, supaya Anda jadi lebih semangat, berikut ada beberapa menu bekal yang cepat, praktis, dan tentu saja: enak.  Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Udang Tempura

Ilustrasi: www.resepharian.com

Siapkan ¼  kilogram udang berukuran sedang, kupas, dan sisakan bagian ekor. Untuk bagian tepung, Anda dapat mencampurkan tepung terigu dengan air, garam, dan lada secukupnya--lalu diamkan selama sepuluh menit. Balurkan udang ke dalam campuran tadi; lalu lapisi dengan tepung panir. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Agar lebih sehat, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng udang.

 

2. Roti Lapis Daging Asap

Ilustrasi: www.marimase.files.wordpress.com

Siapkan dua lembar roti gandum (jika kurang--bisa menambahkan porsi), dan beberapa bahan lain seperti daging asap, satu buah alpukat matang, daun selada, kecambah, irisan tomat, garam, merica, cincangan halus bawang putih, mayones, serta daun kemangi yang telah dicincang kasar.

Goreng daging asap dengan api sedang hingga berwarna cokelat keemasan. Sisihkan dan tiriskan minyak. Selanjutnya, tumbuk alpukat hingga halus, lalu campurkan dengan potongan kemangi, mayones, bawang putih cincang, garam, dan merica.

Panggang roti dengan mentega hingga berwarna cokelat keemasan, lalu oleskan adonan tadi dan tambahkan daging asap, irisan tomat, daun selada, serta kecambah.

 

3. Pasta dengan Brokoli dan Tumis Kacang

Ilustrasi: www.skinnytaste.com

Siapkan makaroni atau fusilli instan, dan rebus dengan sedikit garam hingga matang. Tiriskan, siram dengan air dingin, lalu sisihkan. Selanjutnya, siapkan beberapa bahan seperti potongan kecil brokoli, minyak sayur (atau olive oil), bubuk cabai, cuka beras, selai kacang halus, kecap asin, satu ikat daun bawang yang diiris tipis, cincangan kacang tanah sangrai, serta garam, gula, dan lada secukupnya.

Panaskan kompor, lalu tuang satu sendok makan minyak. Tumis bubuk cabai, brokoli, dan sekitar ¾ air cangkir. Pastikan brokoli cukup lunak--setidaknya selama dua hingga empat menit.

Di wadah terpisah, Anda bisa mencampurkan dua sendok makan minyak sayur, cuka, selai kacang, dan kecap asin. Lalu tambahkan pasta yang sudah matang, brokoli, daun bawang, dan kacang tanah. Aduk hingga rata.

 

4. Tumis Brokoli Udang

Ilustrasi: www.lifestyle.okezone.com

Didihkan air dalam wadah panci besar, lalu masukkan 1 buah brokoli dan 500 gram buncis. Rebus sekitar lima menit, lalu tiriskan.

Dalam wajan lain, Anda bisa panaskan minyak wijen, lalu campurkan dua sendok makan saus miso, tujuh sentimeter jahe yang sudah dikupas dan dicincang halus, empat sendok makan cuka apel, dan seikat daun kucai selama sepuluh menit. Masukkan udang, lalu masak selama sepuluh menit hingga matang. Campur dengan brokoli dan buncis.

 

Baca juga:

 

5. Nasi Goreng Sayur

Ilustrasi: www.tablespoon.com

Selain cepat, nasi goreng terdiri atas paduan bahan yang praktis dan mudah ditemukan. Anda bisa memanaskan satu sendok makan minyak di atas api sedang, lalu tumis cincangan halus dua siung bawang putih dan parutan tiga sentimeter jahe. Masukkan tiga butir telur dan orak-arik selama satu hingga dua menit.

Masukkan dua piring nasi, lalu tumis selama beberapa meit. Tambahkan sedikit minyak, lalu aduk hingga rata. Setelahnya, Anda bisa menambahkan sayuran beku, cuka, dan kecap asin. Aduk dan tumis selama satu hingga dua menit, lalu matikan api.

 

 

 

 

 

Previous Article
12 Negara dengan Street Food Terenak!
12 Negara dengan Street Food Terenak!

Jalan-jalan ke luar negeri, jangan lupa coba street foodnya. Berikut 12 rekomendasi negara dengan street fo...

Next Article
Ngopi Bareng di Kafe Bernuansa Alam Bandung
Ngopi Bareng di Kafe Bernuansa Alam Bandung

Kalau bosan dengan keramaian kota, Anda bisa juga, lho, menyepi dan menikmati udara segar di alam terbuka.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More