Yuk, Coba Tujuh Kuliner Khas Asal Kota Pontianak!

December 7, 2017 Chatarina Komala

Salah besar jika berkunjung ke Pontianak tanpa menjajal aneka kulinernya yang khas. Pasalnya, kota yang ada di provinsi Kalimantan Barat ini punya banyak banget kuliner autentik yang wajib coba. Beberapa di antaranya, bahkan merupakan paduan dari masakan peranakan dan kuliner lokal. 

Menariknya, seluruh sajian sedap ini bisa Anda temukan di sudut kota, baik di restoran bintang lima hingga pedagang kaki lima. Paling pas, menikmatinya di sore hari sembari menyaksikan geliat kota yang dinamis. Lantas, apa saja, sih, kuliner khas Kota Pontianak?

 

Baca juga:

 

1. Bubur Pedas

Ilustrasi: www.wisatapontianak.com

Tidak sesuai namanya, bubur ini sama sekali enggak pedas, kok. Bentuknya, mirip dengan bubur Manado yang berisi beragam sayuran dan dibanjur aneka rempah. Nah, salah satu keunikan bubur pedas khas Pontianak, yakni tambahan pucuk daun pakis dan daun lengkuas sebagai sayurannya. Enak banget disantap hangat plus taburan kacang goreng dan teri!

 

2. Pisang Goreng Pontianak

Ilustrasi: www.cemilanmantap.com

Meski penjualnya sudah tersebar di banyak daerah, tentu enggak lengkap kalau tidak menjajal pisang goreng Pontianak di kotanya langsung. Bentuk pisang yang dipotong menyerupai kipas dan dibalur tepung manis ini paling pas disantap dengan susu kental manis dan aneka selai yang legit.

 

3. Mie Tiauw (Kwetiau)

Ilustrasi: www.lesarosahat.wordpress.com

Sebagian dari Anda tentu menyebut santapan yang satu ini kwetiau. Sama seperti pisang goreng Pontianak, penjualnya pun sudah tersebar di banyak daerah. Nah, di Pontianak--ada satu lokasi kuliner mie tiauw yang wajib coba, yaitu Jalan Pattimura. Namun, sebelum membeli, akan lebih baik jika Anda bertanya kepada penjual tentang daging yang digunakan, ya. Antisipasi kalau makanan yang dikonsumsi ternyata enggak halal.

 

4. Burung Punai Goreng

Ilustrasi: www.hipwee.com

Dari segi bentuk, burung punai mirip seperti burung merpati. Setidaknya, ada dua pilihan hidangan burung punai yang bisa Anda coba, yakni digoreng atau dibakar. Nah, agar lebih nikmat, jangan lupa, tambahkan nasi panas dan sambal, ya!

 

5. Chai Kue

Ilustrasi: www.beyoung.co.id

Penjual kue tradisional ini bisa Anda temui di sekitar Jalan Gajah Mada. Bentuknya, mirip dengan hakau yang berwarna bening. Hanya saja, chai kue berisi irisan kucai, kedelai, rebung, keladi, dan bengkuang--yang dibungkus kulit berbentuk pastel. Oh ya, chai kue ini biasa disajikan dengan cara digoreng atau dikukus.

 

6. Lek Tau Suan

Ilustrasi: www.kikianggiaprastika.wordpress.com

Anda mungkin biasa menyantap semangkuk bubur kacang hijau dengan setangkup roti tawar. Namun, bagaimana dengan cakwe goreng? Di Kota Pontianak, Anda bisa menjajal lek tau suan--yakni semangkuk bubur kacang hijau kupas yang enak disantap bersama cakwe goreng.

 

Baca juga:

 

7. Pengkang

Ilustrasi: www.pontianak.tribunnews.com

Sekilas, memang mirip dengan lemper. Hanya saja, pengkang berisi udang ebi dan biasa disantap dengan sambal kepah atau sambal kerang. Adapun tidak seperti lemper, pengkang dibungkus dengan daun pisang yang membentuk kerucut, diikat dengan bambu, dan dimasak dengan cara dibakar.

 

 
Previous Article
Bunyi Perut Lapar Terasa Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya!
Bunyi Perut Lapar Terasa Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya!

Rasa lapar memang bikin pikiran jadi enggak fokus. Sayangnya, “gangguan” ini bisa bertambah jika diikuti bu...

Next Article
Doyan Wisata Kuliner? Yuk, Perhatikan Beberapa Hal Berikut!
Doyan Wisata Kuliner? Yuk, Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Tujuh trik agar wisata kuliner Anda jadi makin menyenangkan!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More